Selasa, 14 Desember 2010

VINA DEWI AVIANA_40


INDIKATOR :
1.      11.9.2.1 mengajukan pertanyaan.
2.    11.9.2.2 menaggapi pembicaraan dalam bentuk kritikan/dukungan.
3.    11.9.2.3 menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan.


JANJI WAKIL RAKYAT

1.      11.9.2.1 mengajukan pertanyaan
1.  Bagaimanakah cara pak SBY unutuk meyakinkan rakyat bahwa tindakannya itu sudah tepat?
2.  Mengapa presiden tidak memilih calon KAPOLRI yg sudah dipilih oleh MPR?
3.  Bagaimana cara mengatasi sengketa pemilihan KAPOLRI?
4.  Apa perbedaan kriteria KAPOLRI antara presiden dan masyarakat?
5.  Berapakah calon kandidat kepala Kepolisian?
6.  Mengapa Presiden SBY lebih memilih Pak Timur Pradopo sebagai KAPOLRI daripada yang lainnya?
7.  Bagaiman keputusan DPR dengan terpilihnya Pak Timur Pradopo sebagai KAPOLRI?
8.  Mengapa presiden lebih memilih Komjen Timur P. dan bukan pilihan dari Kapolri Bambang H. D.?
9.  Apakah Komjen Timur P. telah memenuhi persyaratan untuk menjadi kapolri?
10.                    Mengapa presiden langsung saja memilih Komjen Timur P. tanpa berunding terlebih dulu dengan Kapolri Bambang H. D.?

2.    11.9.2.2 menaggapi pembicaraan dalam bentuk kritikan/dukungan
»      Pengangkatan tersebut mengherankan semua publik. Benar-benar kabar yang mengejutkan. Karena seharusnyakan yang diangkat menjadi kapolri itu yang termasuk dalam calon kandidat.
»      Mana mungkin itu semua bisa terjadi pemilihan kapolri lebih heboh daripada pemilihan panglima TNI. Bahkan anggota DPR juga ikut tercenggang.
»      Mempunyai sifat independen dan tetap menerima siapa saja angotanya yang ditunjuk menjadi kapolri dan tidak ada rasa iri hati antara sesamanya.
»      Seharusnya presiden tidak asal dalam menentukan pengganti kapolri tanpa berunding dengan kapolri saat itu.
»      Saya kurang setuju jika dalam pemilihan Kapolri hanya melibatkan kepentingan presiden yang merupakan kepentingan politik.
»      Menurut saya, seharusnya kapolri dipilih dengan menggunakan kriteria yang telah ditentukan daripada bingung kriteria dari presiden atau masyarakat yang digunakan.
»      Sebaiknya dilihat dulu dari pengalaman yang dimiliki oleh Komjen Timur P. selama menjadi polisi, apakah dia sudah pantas untuk menajdi kapolri mengantikan Kapolri Bambang H. D. untuk menghindari pro-kontra lebih lanjut.
3.    11.9.2.3 menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan.

v  Seharusnya pangangkatan tersebut harus mengikut sertakan public agar dapat menilai secara langsung karena itu semua akan menjadikan sebuath pertanyaan dalam masyarakat. Paling tidak mempertimbangkan opini publik dulu.
v  Karena yang ditunjuk menjai kapolri bukanlah termasuk dari salah satu kandidat yang mana terdapat 3 kandidat untuk pengangkatan kombes menjadi kapolri.
v  Karena pangkat panglima TNI lebih tinggi daripada pangkat kapolri. Sehingga tidak memungkinkan jika pemilihan kapolri sangat heboh daripada pemilihan panglima TNI sampai-sampai kehebohan ini tidak hanya terjadi dimasyarakat saja melainkan dianggota DPR.
v  Karena kepolisian merupakan salah satu lembaga yang menjadi panutan bagi masyarakat. Salah satu lembaga penegak hukum .
v  Presiden harus berunding dengan Kapolri Bambang H. D. mengenai pengganti kapolri karena kapolri tidak hanya akan melayani presiden tetapi juga pihak-pihak lain.
v  Saya tidak setuju jika presiden melibatkan kepentingannya sendiri yang merupakan kepentingan politik dalam memilih pengganti kapolri saat itu karena masyarakat pun banyak juga yang tidak mengerti mengenai politik.
v  Kriteria yang telah ditentukan jauh sebelumnya jauh lebih baik dan dapat menjadi jalan tengah dari kriteria dari presiden atau masyarakat.

























Kompetensi Dasar : 11.1.2.
INDIKATOR :
1.      Pokok-pokok isi sambutan.
2.    Isi sambutan.
3.    Pendapat.

PIDATO BU CICIK

1.    Pokok-pokok isi sambutan
v  Bagi siapa saja yang merasa pernah mendzolimi seseorang yang kita kenal sebaiknya kita meminta maaf kepada seseorang yang kita dzolimi tersebut sebelum hari kiamat tiba.
v  Saya maupun kita semua sebagai orang atau kaum muslimin wajib menyapa kepada sesame mat mansia. Dan tidak hanya kepada kam mslim saja tapi sema orang.
v  Ada tiga perkara atau hal yang harus di kerjakan oleh semua atau setiap umat manusia.
v  Kaum muslimin harus saling silaturahmi kepada sesama umat  manusia dan jika bertemu kita harus saling menyapa.
v  Kita sebagai umat islam harus menjalankan 3 perkara yang sudah ditentukan oleh agama kita.
v  Jika ada orang yang meminta maaf  kepada kita,  maka kita harus memaafkannya. Meski  orang itu yang pernah berbuat salah kepada  kita, yang pernah membuat hati kita jengkel, kita harus memaafkannya.
v  Kita harus berbuat baik dan saling menyapa terhadap sesama muslim maupun orang yang beragama selain islam.
v  Kita sebagai umat manusia dan sebagai orang muslimin kita wajib bersyukur kepada Allah YME karena nanti pada akhirnya akan kembali kepada-Nya.

2.  Rangkuman
Bagi siapa saja yang merasa pernah mendzolimi seseorang yang kita kenal sebaiknya kita meminta maaf kepada seseorang yang kita dzolimi tersebut sebelum hari kiamat tiba. Karena setiap orang itu wajib memaafkan setiap orang yang berbuat salah kepada kita maupun kita yang salah, sekalipun itu adalah orang yang paling kita benci. Walapun orang yang kita mintai maaf tidak memberikan maafnya kita harus tetap meminta maaf.
Saya maupun kita semua sebagai orang atau kaum muslimin wajib menyapa kepada sesama umat manusia. Dan tidak hanya kepada kaum muslim saja tapi semua orang. Khususnya ketika kita sedang berpapasan dengan sesama umat manusia dijalan harus menyapanya. Walapun kita tidak mengenal orang tersebut kita tetap harus menyapanya. Tapi jika kita sedang terburu-buru mapun sedang naik kendaraan minimal kita harus senyum.
Ada tiga perkara atau hal yang harus di kerjakan oleh semua atau setiap umat manusia :
1.        Barang siapa yang  mengerjakannya niscaya mereka akan masuk surga. Itu adalah janji Allah kepada kita. Semua umat muslim diwajibkan untuk selalu menyambung atau menjalin tali silaturahmi antar umat manusia baik kepada orang muslim ataupun orang yang bukan muslim.
2.     Barang siapa yang merasa pernah berbuat salah kepada orang, maka kamu cepatlah meminta maaf kepadanya. sebelum hari akhir atau kiamat datang karena meminta maaf atas perbuatan kita hukumnya wajib. Sebelum dosa kita itu nantinya di hisab di hari akhir dan kita menyesal nantinya, atau setelah hari akhir sudah datang.
3.     Kita harus selalu bersyukur kepada allah SWT atas segala  nikmat yang sudah diberikan kepada kita. Misalnya kita sudah di kasih mata dan mata itu bisa digunakan untuk melihat seharusnya kita bersyukur atas nikmat yang sudah diberikan itu. Kita harus bersyukur dengan apa yang telah diberikan kepada kita, meskipun kita terlahirkan pada keluarga yang miskin, kita harus tetap bersyukur karena dibalik semua itu pasti ada hikmahnya. Memberi  kepada orang yang tidak pernah memberi kita,Itu adalah perbuatan yang mulia dan insyaallah Allah akan memberi balasan yang berlipat ganda atas perbuatan kita yang sudah membantu orang lain. Tapi kalau membari haruslah dengan hati yanng iklas. Kalau kita membari sesuatu itu jangan mengharapkan imbalan dan tanpa pamrih, dan haruslah dengan hati yang ikhlas.

3.  Pendapat
Saya sangat setuju dengan apa yang disampaikan oleh bu cicik bahwa beli sangat mewajibkan setiap muslimin dan seluruh umat mansia agar meminta maaf kepada seseorang yang kita dzolimi tersebut sebelum hari kiamat tiba. Karena setiap orang itu wajib memaafkan setiap orang yang berbuat salah kepada kita maupun kita yang salah, sekalipun itu adalah orang yang paling kita benci. Walapun orang yang kita mintai maaf tidak memberikan maafnya kita harus tetap meminta maaf. Dan beliau juga berkata bahwa kita semua sebagai orang atau kaum muslimin wajib menyapa kepada sesama umat manusia. Dan tidak hanya kepada kaum muslim saja tapi semua orang. Khususnya ketika kita sedang berpapasan dengan sesama umat manusia dijalan harus menyapanya. Walapun kita tidak mengenal orang tersebut kita tetap harus menyapanya. Tapi jika kita sedang terburu-buru mapun sedang naik kendaraan minimal kita harus senyum. Menurut saya kita semua memang harus melakukan apa yang dicapkan oleh bu cicik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar