Kamis, 09 Desember 2010

inda rahmawati_x1_21_tugas basasin

Nama : INDA RAHMAWATI
Kelas : XI
No absen : 21

1. Tulis pokok- pokoknya
2. Buat rangkuman
3. Pendapatmu

Jawaban

 salah satu rahasia agar cepat tinggi adalah dengan memperbayak udang kipas (terus orentalis)
 uadang kipas biasanya berada di tengah laut dengan kedalaman antara 5-100 meter dibawah permukaaan laut dari pantai pasir
 cara mencari atau menangkap uadang kipas adalah dengan menggunakan jaring, jaring tersebut dilempar pelan-pelan ke tengah laut
 udang kipas termasuk dalam kelompok crusteacea yang memiliki bentuk seperti kipas di negara Australia di panggil loktornal yaitu hewan yang beraktifitas di malam hari sehingga pada siang hari memendamkan diri kedalam pasir yang dikali ekornya
 cara jalan udang kipas adalah dengan cara berjalan mundursebagai kamolfase atau untuk bertahan hidup .namun hewan ini juga bisa berjalan maju
 udang kipas bisa dimakan mentah dengan cara ditambah saos untuk menghilangkan bau amis, bisa juga dibakar cukup lama karena kulinya sangat keras, setelah di bakar udang kipas kulinya berubah menjadi merah,warna merah pada udang kipas menunjukan kandungan proteinya yang tinggi
 Bpk. Khoirul muslih, Spi (dosen perikanan universitas bangka belitung) mengatakan bahwa “udang kipas”termasuk hewan karnivora
 Pada bagian tubuhnya terdapat antena sensor untuk mendeteksi adanya mangsa didasar laut. Rahang dibagian bawa udara untuk menangkap mangsa dan dimasukan kemulut udang. Fungsinya sama yaitu sebagai indera pendeteksi adanya mangsa. Keistimewaan udang ini adalah matanya disamping.

 Perbedaan antara u8dang kipas jantan dan udang kipas betina adalah .
1. Pada udang kipas betina terdapat telur bewarna cerah
2. Pada udang jantan tak ad telur dan warnanya gelap
 Pada bagian ujung ekor, udang kipas juga mepunyai abdomen yang teidri dari 6 ruas, abdomen untuk berenang, dan 5 ruas kaki untuk berjalan , ekor udang jipas ini berguna untuk melompat

RANGKUMAN :
UDANG KIPAS (BIKIN BADAN CEPAT TINGGI)
Salah satu rahasia masyarakat bangka belitung agar cepat tinggi adalah dengan banyak makan udang kipas . udang kipas adalah kelompok hewan crustacea yang memiliki bentuk seperti kipas . nama latin dari udang kipas adalah terus orientalis. Kadang-kadang disebut udang pasir, udang sikat, udang phetog. Di negara australia, hewan air dipanggil banian bats dan termasuk hewan laktor nal yakni hewan yang beraktifitas pada malam hari, sehingga pada siang hari memendamkan diri dalam pasir yang digali dengan ekornya . Udang kipas di tengah laut dengan kedalaman di atas 5 sampai 100 meter. Kita bisa menangkapnya dengan menggunakan jaring yang dilempar perlahan-lahan ketengah laut. Udang kipas cara berjalan nya adalah mundur sebagai kamuflase atau untuk bertahan hidup. Namun udang kipas juga bisa berjalan maju. Dengan berkonsumsi udang kipas dapat membuat tubuh cepat tinggi.
Udang kipas ini dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah maupun atu sudah dimasak atau dibakar, apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah maupun sudah dimasak atu dibakar. Apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah, dapat ditambah dengan saos untuk menghilangkan bau amis, ketika dibakar atau dimasak, warna kulit pada udang kipas akan berubah menjadi merah warna merah pada udang inilah yang menunjukan seberapa kandungan protein yang ada didalamnya.
Bapak khoirul muslih Spi(dosen perikanan universitas bangka belitung) menjelaskan bahwa udang kipas adlah hewan karnivora pemakan udang –udang kecil, ikan-ikan kecil, kerang-kerang kecil atau hewan-hewan kecil lainya yang hidup didasar laut. Pada bagian tubuhnya terdapat antena sensor untuk mendeteksi adanya mangsa di dasar laut. Rahang dibagian bawa udang untuk menangkap mangsa dan dimasukan kedalam mulut, fungsinya sama sebagai indera pendeteksi adanya mangsa keistimewaan udang kipas adlah matanya disamping.
Cara-cara kira-kira untuk membedakan udang kipas jantan dan betina adalah :
1. Betina : terdapat telur dan bewarna cerah
2. Jantan : tidak terdapat telur dan bewarna gelap
Ekor pada udang digunakan untuk melompat, dan dibagian atas ekor terdapat abdomen yang terdiri 6 ruas kaki berenang dan 5 ruas kaki untuk berjalan
Berkut ini adlah cara untuk menguji khasiat dari udang kipas :
1. Masukan sampel yang sudah ditimbang kedalam tanur selama 4-5 jam dalam 600 c0
2. Setelah abu didapat, tambahkan bahan kimia dan panaskan sampai mendidih dan saring dengan kertas warmen
3. Larutan filtrasi dengan larutan kimia KM n O4 (0.01N) dan hitung kadar kalsium dalam sampel
Ternyata, kandungan gizi yang menonjol adlah vitamin, mineral dan protein, dan 100 gram daging mentah, mengandung 20,3 gram protein saja. Alangkah banyaknya asam amina yang begitu banyak mengandung vitamin B,B12,A,C dan paling banyak vitamin D,. Juga mengandung mineral sperti selenium, kalsium untuk pembentukan tulang.
Pendapat saya setuju dengan apa yang telah disampaikan tadi, memperbanyak pengonsumsian udang kipas memang dapat untuk memeprcepat pertumbuhan. Udang kipas mengandung zat-zat makanan yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh.



NAMA: INDA RAHMAWATI
KELAS: X.1
NO ABSEN:21

Acara presiden bicara
1. Buatlah rangkuman
2. pendapatmu

jawaban

1. Sekilas tentang susilo bambang y. presiden susilo bambang yudhoyono lahir pada tanggal 19 september 1949 di ds kremas, kab. Pacitan beliau lahir daripasangan raden sukutjo dan ibu siti habibah.
Susilo bambang yudhoyono bersedekah di sdn 1 pacitan kemudian melnjutkan k smp 1 pacitan beliau lulus pada tahun 1973, sby pernah mendapatkan master managemen dari salah satu universitas di amerika serikat usa kemudian pada ntahun 2004 juga mendapatkan gelar dokter ekobomi pertanian.
Beliau juga sempat menjabat sebagai mentri pertambangan pada masa pemerintahan presiden Abdurrahman wahid . pada masa presiden mega wait soekarno putri, beliau di angkat sebagai menteri polposkam namun beliau mengundurkan diri pada tanggal 11 maret 2004.
Pada pemilu tahun 2004, susilo bambang yudhoyono mencalonkan diri sebagai capres dan berpasangan dengan m. jusuf kala sebagai cawapres. Bersama dengan bapak m. jusuf kala , beliau terpilih sebagai presiden. Terpilih pada tahun 2004 beliau mengalahkan 4 orang capres lainya termasuk capres megawati soekarno putrid yang saat itu masih resmi menjabat sebagai presiden Ri.
Susilo bambang yudhoyono dan m jusuf kala merupakan pasangancapres dan cawapres pertama yang pertam di pilih oleh rakyat secara langsung pada saat kampanye pada tahun 2004. Susilo bambang yudhoyono ada beberapa hal yang akan di wujudkannya, apabila nanti terpilih sebagi presiden diantaranya :
1. mengubah metodologi pendidikan
Dengan memberikan dana bantuan (bos) agar semua anak-anak di Indonesia mendapatkan kesempatan untuk bersekolah hal ini juga diharapkan bias mencerdaskan rakyat Indonesia
2. swasembada pangan tidak perlu mengimpor beras dari luar negri tapi pemerintah harus menggunakan padi hasil dari negeri sendiri agar petani bias hidup makmur dan kebutuhan pangan di Indonesia tetap tercukupi
3. melakukan pemberantasan korupsi
selam ini, korupsi di Indonesia masih meraja lela dan tindakan pemberantasan yang serius melalui lembaga kpk, sby berharap agardapat mengurangi adanya kasus korupsi
pada tahun 2009 masa jabatanya sebagai presiden telah berakhir namun beliau tetap mencalonkan diri pada pemilu tahun 2009 bersama pasanganya yakni boediyono.
Penilaian sby akan pemerintahanya mulai dari tahun 2004-2009. beliau berpendapat bahwa usahanya telah berhasil, bukti-bukti dari keberhasilan dan usahanya.
1. saat ini korupsi sudah mulai berkurang hal ini terjadi karena adanya rasa takut untuk melekukan penyimpangan dalam tubuh dewan selain itu juga ada lembaga khusus pemberantasan korupsi (kpk) tang menangani kasus korupsi yang sebenarnya masih belum rampung dan harus diteruskan.
2. ketersediaan pangan bagi rakyat Indonesia tercukupi
3. saat ini semua rakyat Indonesia bias berkesempatan untuk mendapat pendididkan yang layak baik yang miskin ataupun yang kaya bias kesempatan untuk sekolah.
Saya bersyukur dengan apa yang saya peroleh dari ALLAH SWT saya juga berterima kasih dengan para dewan yang telah membantu saya jika saat ini saya saat ini di tanya apa sudah puas? saya jawab, “belum”
Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh para penonton:
1. Bagaimana pendapat bpk susilo BAMBANG YUDHOYONO tentang ekonomi kerakyatan, dan neoliberisme.
Dulu, didunia terdapat 2 blok yang sangat kuat yakni.
- blok komunis, dan blok liberis. Sejak pemerinahan presidan soekarno dan presidan
soeharto, pemerintah memilih system perekonomian yang lebih mengarah ke sistem perekonomian yang lebih mengarah ke sistem perekonomian liberalisme.
Ciri-ciri negara yang menganut sistem neoliberalisme:
- mengutamakan pasar, pemerintah tidak terlalu ikut cmpur
- Mendorong negara untuk tidak ikut campur.
- Anggaran negara yang dikeluarkan jangan banyak-banyak, kalau perlu subsidi ditiadakan.
- Yang mengatur adalah para pelaku-pelaku pasar.
- Mendorong pemerintah untuk melakukan pertumbuhan.
Kaidah ekonomi yg baik dan efisien untuk dianut oleh indonesia adalah tidak menganut sistem kerakyatan ataupun neoliberisme, tetapi memilih jalan tengah yg paling baik dan mementingkan masyarakat.
2. Sebelumnya indonesia pernah mengalami krisis berkepanjangan dan dapat disalsaikan dengan cara yang baik.
Bagaimana dukungan pemerintah kepada para pengusaha untuk menumbuhkan perekonomian bangsa?
Krisis merupakan suatu hal yg pernah dialami indonesia sebelumnya. Pada saat krisis tentunya didalamnya terdapat kesempatan. Hal yang harus kita lakukan adalah bagaimana mengubah krisis menjadi sebuah kenyataan. Dan pemerintah juga akan melakuka efisien, dan juga diversifikasi untuk mengatasi krisis yang ada.


2.kurang setuju
Karena apa yang telah disampaikan oleh presidan tadi sebenarnya masih belum bisa terealisasi. Semuanya hanya berupa janji-janji belaka. Dan saat ini, masih ada masyarakat yang tidak mendapatkan kesempatan untuk bersekolah, korupsi masih banyak, dan juga masih ada warga masyarakat yang mengalami krisis pangan di daerahnya.















NAMA:INDA RAHMAWATI
KELAS:X.1
NO ABSEN:21

KD 12.1.2
1. Tulis pokok-pokok laporan
2. Rangkuman
3. Pendapat

Jawaban

JEAN PANTAU “KOSMETIK BERBAHAYA”

1.POKOK-POKOK:
• Akhir-akhir ini di Indonesia,marak beredar produk-produk luar negeri yang illegal,tidak terkecuali produk-produk kosmetik berbahaya.
• Usaha pemerintah untuk melindungi konsumen di Indonesia adalah dengan cara melakukan sidak (razia) ke beberapa toko di berbagai daerah.
• Sidak (razia) dilakukan dengan cara melihat nomor registrasi yang tercantum dalam produk tersebut. Nomor registrasi diberikan oleh Badan POM RI kepada produk-produk yang telah diteliti terlebih dahulu.
• Produk-produk tersebut disidak (dirazia) dengan maksud untuk mengetahui apakah produk tersebut telah mendapat jaminan dari BPOM RI. Setelah itu para pemilik toko juga disarankan untuk mencatat komposisi produk.
• Produk-produk kosmetik luar negeri yang belum mendapat izin edar (tidak ada nomor registrasi), kemungkinan besar adalah produk kosmetik berbahaya.
• Dari hasil sidak yang telah dilakukan, ditemukan beberapaproduk tanpa nomor registrasi dari BPOM RI. Kemudian produk-produk tersebut disita oleh para petugas yang melakukan sidak.
• Ternyata setelah dilakukan sidak, bisa disimpulkan bahwa produk kosmetik luar negeri belum tentu kualitasnya bagus. Kita sebagai konsumen harus teliti dalam memilih produk-produk kosmetik yang beragam. Jangan terpengaruh terhadap harga yang rendah tetapi membahayakan diri.

2. Rangkuman
JEAN PANTAU “KOSMETIK BERBAHAYA”
Masyarakat Indonesia, dihimbau untuk teliti dal;am memilih produk-produk kosmetik di Indonesia. Karena akhir-akhir ini masih marak produk-produk illegal yang beredar di Indonesia dan kemungkinan besar adalah produk berbahaya termasuk produk kosmetik berbahaya, yang saat ini banyak diperbincangkan.
Untuk mengatsi masalah ini, pemerintah sebagai pihak yang ikut bertanggung jawab melindungi konsumen di Indonesia, melakukan sidak atau razia mendadak ke beberapa toko kosmetik di berbagai daerah. Razia mendadak ini, dilakukan dengan cara melihat nomor registrasi yang tercantum dalam produk tersebut. Nomor registrasi hanya terdapat pada produk kosmetik yang telah diteliti oleh Badan POM RI.
Maksud atau tujuan dilakukannya sidak atau razia mendadak ini adalah unutuk mengetahui apakah produk tersebut telah mendapat jaminan dari BPOM RI, setelah itu para pemilik toko juga disarankan untuk mencatat komposisi produk. Karena bukan tidak mungkin seandainya di kemudian hari ada produk yang sama namun komposisinya beda.
Produk-produk kosmetik luar negeri ataupun dalam negeri yang belum mendapatkan izin edar (tidak ada nomor registrasi), kemungkinan besar adalah produk kosmetik berbahaya dan belum mendapat jaminan dari BPOM RI.
Dari hasil sidak tersebut, para petugas menemukan beberapa toko kosmetik yang belum mendapatkan izin berjualan dan juga beberapa produk kosmetik tanpa nomor registrasi dari Badan POM RI. Oleh para petugas, toko-toko kosmetik tanpa izin berjualan ini langsung disita dan ditutup, dan bisa dibuka setelah pemilik mengurus surat izin berjualan. Kemudian produk-produk kosmetik tanpa izin edar ini juga disita oleh para petugas razia.
Setelah dilakukan sidak atau razia mendadak ini, para petugas menyimpulkan bahwa ternyata, produk kosmetik luar negeri belum tentu kualitasnya bagus. Para konsumen diharuskan untuk lebih teliti dalam mamilih produk-produk kosmetik luar negeri yang beragam. “Jangan terpengaruh terhadap harga yang murah”.




3. Pendapat
Saya sangat setuju dengan pemerintah yang saat ini tengah giat-giatnya mengadakan razia mendadak ke beberapa toko kosmetik di berbagai daerah. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah sebagai pihak yang ikut serta melindungi konsumen, telah melaksanakan kewajibannya tersebut. Pemerintah saat ini telah melakukan upaya untuk melindungi para konsumen. Namun. Pemerintah tetap berharap agar para konsumen tetap berhati-hati dalam memilih berbagai jenis produk, termasuk kosmetik. Karena harga mahal, dan merupakan produk luar negeri, masih belum bisa dijamin aman atau tidaknya produk tersebut terhadap tubuh.















NAMA:INDA RAHMAWATI
KELAS:X.1
NO ABSEN:21

BOLEHKAH MUSLIM BERHENA?


1. Tulis pokok-pokok informasi
2. Membuat rangkuman
3. Memberikan pendapat

Jawaban

BOLEHKAH MUSLIM BERHENA?
1.
• Hena berasal dari Arab. Hena adalah pacar Cina yang biasa digunakan untuk berhias sejak zaman Rasulullah.
• Hena atau inai, berasal dari tumbuhan semak yang daunnya bisa digunakan untuk pemerah kuku. Semua bagian-bagiannya bermanfaat mulai dari kulit batang, bunga, akar, daun dan batang.
• Pengguna hena biasanya adalah para wanita yang hendak menikah (pengantin).
• Hena yang digunakan sebagai hiasan tangan, sebagian terbuat dari sintesis dan daya tahannya kurang lama. Hena sintesis ini harganya lebih murah daripada hena asli yang terbuat dari herbal.
• Saat ini, hena yang popular adalah hena modern.
• Rasulullah bersabda “Sebaik-baiknya manfaat yang diperoleh seorang muslim setelah agama yakni perempuan yang cantik, yaitu yang membuat senang jika dipandang, menurutinya jika diperintah, dan menjaga harta dan dirinya jika ditinggal pergi.”
• Hena bisa digunakan sebagai pewarna rambut, karena semir denga hena bisa dipakaiuntuk sholat. Dan hasilnya lebih bagus dari pewarna rambut kimia.
• Hena yang asli tebuat dari bahan alami yang mempunyai efek untuk mendinginkan kepala. Sedangkan hena bahan kimia atau sintesis dapat menimbulkan alergi pada kulit.






2. Rangkuman

Hena adalah pacar Cina yang biasa digunakan untuk berhias sejak zaman Rasulullah. Hena berasal dari Arab dan berasal dari tumbuhan semak yang daunnya biasa digunakan untuk pemerah kuku. Semua bagian-bagian tumbuhan ini bermanfaat mulai dari kulit batang, bunga, akar, daun dan batang.
Hena ada 2 jenis :
- Hena alami yang terbuata dari bahan alami, daya tahannya lebih lama dan tidak menyebabkan alergi pada kulit.
- Hena sintesis yang terbuat dari bahan kimia, daya tahannya kurang lama dan dapat menyebabkan alergi pada kulit.
Pengguna hena biasanya adalah wanita yang hendak menikah (pengantin). Untuk saat ini hena yang popular adalah hena modern.
Rasulullah bersabda “Sebaik-baiknya manfaat yang diperoleh seorang muslim setelah agama yakni perempuan yang cantik, yaitu yang membuat senang jika dipandang, menurutinya jika diperintah, dan menjaga harta dan dirinya jika ditinggal pergi.”
Hena selain digunakan sebagai hiasan tangan juga bisa digunakan sebagai rambut yang baik, karena bisa digunakan untuk sholat. Dan hasilnya lebih bagus daripada pewarna rambut kimia.
Hena asli, terbuat dari bahan alami yang mempunyai efek untuk mendinginkan kepala. Rasulullah SAW menggunakan hena sebagai pewarna rambut untuk mendinginkan kepala ketika tangah sakit kepala. Sementara, hena dari bahan kimia atau sintesis dapat menimbulkan alergi pada kulit.

3. Pendapat
Saya setuju dengan adanya hena. Denga menggunakan hena , kita bisa mempercantik diri tanpa melenceng dari akidah islam. Karena sudah terbukti halal digunakan. Bahkan Rasulullah SAW pun pernah menggunakannya sebagai pewarna rambut.
























NAMA:INDA RAHMAWATI
KELAS:X.1
NO.ABSEN:21



 KD : 10.9.1

 INDIKATOR : - mencatat pokok – pokok isi informasi melalui tuntunan langsung .
- menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah
dipahami .
- menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis secara
runtut dan jelas.

DARAH HARAM DIMAKAN
• Pokok pokok berita :
 Marus adalah salah satu obat penyakit kurang darah.
 Menurut ajaran agama islam, darah haram untuk dimakan manusia. selain itu, apabila kita menyembelih . hewan tanpa membaca do’a, maka hewan yang disembelih hukumnya haram untuk dimakan .
 Keterangan mengenai darah yang haram untuk dimakan terdapat dalam surat albaqoro.
 Alasan kenapa darah haram dimakan adalah karena terdapat miliaran bakteri yang tumbuh di dalam darah dan bakteri – bakteri tersebut tidak mati meskipun sudah direbus.
 Selain itu, darah juga menyebebkan keracunan, muntah – muntah, diare, dan juga keguguran. Penyakit – penyakit tersebut disebabkan oleh tumbuhnya bakteri.
 Meskipun darah hukumnya haram untuk dimakan, tetapi masih bisa digunakan untuk makanan ternak.
 Darah dapat dikonsumsi mentah – mentah ataupun direbus terlebih dahulu.
 Manfaat darah bagi ternak : baik untuk pertumbuhan karena, darah mengandung protein yang cukup.
 Masyarakat disarankan untuk memilih darah sapi untuk konsumsi unggas dan ikan.




2. Kesimpulan :
Marus ( darah sapi ) yang bentuknya mirip seperti hati ayam masih banyak diminati orang. Alasan mengapa masyarakat menyukainya adalah karena marus ( darah sapi ) ini, bisa di gunakan sebagai obat penambah darah, sangat bermanfaat terutama bagi penderita kurang darah atau anemia.
Dalam surat Al-Ma’idah ayat 3, disebutkan bahwa, apabila kita memotong/menyembelih hewan tanpa membaca doa dan menyebut nama Allah, maka daging tersebut hukumnya haram untuk dimakan. Dalam surat Al-Baqarah juga dijelaskan bahwa sejak dulu, darah hukumnya haram dimakan.
Di dalam darah terdapat miliaran bakteri yang tumbuh di dalamnya meskipun darah tersebut telah direbus atau di masak. Namun, bekteri-bakteri tersebut masih hidup (tidak akan mati).
Berbagai penyakit dalam tubuh menusia juga dapat disebabkan oleh tumbuhnya bakteri-bakteri ini. Misalnya : keracunan, muntah-muntah, diare dan juga keguguran, tetapi sebagian orang mengkonsumsi darah (marus) adalah untuk menambah stamina. Darah juga bisa dikonsumsi oleh hewan ternak yang menjadi sumber protein bagi ternak ayam. Marus (darah sapi) lebih baik digunakan sebagai makanan bagi ternak unggas dan ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar