Selasa, 14 Desember 2010

TUGAS BHS.INDONESIA(sovi rahmawati_X'1_37)

NAMA: SOVI RAHMAWATI
KELAS:X-1
NO.ABSEN:37




UDANG KIPAS




SOAL !!!
1. TENTUKAN POKOK-POKOK SEBUAH INFORMASI?.
2. MEMBUAT RANGKUMAN DARI INFORMASI YAN ADA?.
3. MEMRIKAN PENDAPAT?.
JAWABAN:
1. POKOK-POKOK INFORMASI:

• Udang kipas banyak diyakini masyarakat bisa membuat badan menjadi lebih tinggi.
• Udang kipas hidup di laut
• Bentuk udang kipas hampir sama dengan kipas.
• Udang kipas memliki banyak sekali nama lain.
• Udang kipas merupakan hewan yang beraktifitas pada malam hari.
• Udang kipas tinggi protein.
• Udan kipas merupakan hewan karnivora.
• Udang kipas akan lebih baik jika dimakan mentah asalkan bersih.

2. RANGKUMAN;
Udang kipas adalah udang yang hidup di laut dengan kedalaman diatas 5 meter,juga hidup di perairan pantai berpasir hingga kedalaman 100meter. Udang kipas berbentuk seperti kipas dan banyak masyarakat yang meyakini bahwa udang kipas bisa membuat badan menjadi lebih cepat tinggi. Nama latin dari udang kipas adalah Tenus orientalis. Selain itu juga udang kipas memiliki beberapa nama lain seperti,udang phetok,udang sikat,dan udang pasir. Di Australia,udang ini disebt Banning bats.
Udang kipas ini merupakan hewan lacturnal yang beraktifitas di malam hari. Ketika siang,udang ini bersembunyi didalam pasir yang digali menggunakan ekornya. Selain dibakar,udangkipas ini juga bisa dimakan mentah dengan menggunakan saos agar tidak amis. Kulit luar udang kipas ini keras sehingga diperlukan waktu yang cukup lama untuk membakarnya. Udang kipas tinggi sekali proteinnya,ini tetrlihat ketika udang menjadi merah setelah dibakar.
Udang kipas merupakan hewan karnivora,makanannya adalah kerang kecil,udang kecil,ikan-ikan kecil maupun hewan-hewan kecil pada dasar perairan. Bagian-bagian tubuh udangkipas adalah:
a. Antena berfungsi untuk mendeteksi adanya mangsa atau maka atau makanan
b. Rahang berfungsi untuk menangkap mangsa dan dimasukkan ke dalam mulut.
c. Mata fungsinya sama dengan antena yaitu untuk mendeteksi adanya mangsa atau makanan. Ada yang khas atau spesial dari udang kipas adalah matanya di samping.
Cara untuk membedakan antara udang kipas jantan dan betina yaitu: udang kipas betina memiliki telur dan warnanya lebih terang,sedangkan udang kipas jantan warnanya lebih gelap. Udang kipas memilliki 5 pasang kaki,udang ini bisa berjalan danjuga bisa berenang. Khasiat dari udang kipas, mengandung Vitamin B12, A,C, dan D. Mengandung mineral cellenium (sangat penting) sebagai antibodi dan kalsium untuk pembentukan tulang. Udang kipas lebih baik dimakan mentah asallkan bersih. Direbus juga bisa tetapi jangan terlalu lama karena proteinnya akan ceoat hancur.
3. PENDAPAT:
Menurut saya,udang kipas jangan dimakan mentah-mentah karena meskipun proteinnya tinggi,namun udang kipas itu belum bersih,nantinya malah menjadi penyakit. Lebih baik direbus tetapi jangan terlalu lama agar proteinnya tidak hilang.






DARAH HARAM DIMAKAN


SOAL !!!
1.Tulis pokok-pokoknya
2.Buat rangkumannya
3.Apa pendapat anda

JAWABAN !!!
1,Pokok-pokok :
• Marus (darah sapi) haram untuk dikonsumsi
• Darah sapi mengandung protein yang tinggi
• Darah sapi banyak mengandung bakteri yang menimbulkan berbagai macam penyakit yang memebahayakan tubuh kita
• Ada 2 pendekatan mengapa darah harah untuk dimakan :
1.sifat taslim
2.alasan cari hikmah
• Darah hanya boleh dikonsumsi oleh hewan ternak seperti ikan dan unggas (dijadikan tepung darah terlebih dahulu)

2.Rangkuman :
Marus, atau darah sapi banyak dijual dipasaran,padahal sebenarnya berbagai macam darah itu haram hukumnya untuk dimakan (kecuali hati dan limpa). Banyak yang mengatakan, darah sapi bias digunakan untuk menyembuhkan penyakit kurang darah dan mengandung banyak sekali protein. Di bandung banyak para penjagal (orang yang menyembelih hewan seperti sapi,kambing,dll) yang menjual marus atau darah sapi dipasar-pasar dengan cara memberi garam dan air pada darah agar menggumpal dan direbus kemudian dipotong-potong sehingga mirip seperti hati.
Apakah darah sapi sehat untuk dikonsumsi ? hal tersebut tergantung keyakinan kita masing-masing, Menurut QS.Albaqarah ayat 173 semua darah dan bangkai haram hukumnya untuk dimakan (kecuali bangkai ikan dan belalang, hati dan limpa). Menurut medis, darah merupakan tempat yang subur untuk pertumbuhan bakteri, meskipun sebelum dijual darah terlebih dahulu direbus, tetapi tetap saja masih ada beberapa bakteri yang tidak bisa mati.Penyakit / dampak yang akan kita rasakan setelah memakan darah sapi adalah 6 jam setelah kita memakannya kita akan merasa mual,muntah bahkan diare.Darah mengandung banyak sekali racun hasil dari pertumbuhan bakteri.
Ada 2 pendekatan mengapa darah itu dilarang :
1.sifat taslim, yaitu sifat menerima apa saja yang ada dalam al-qur’an dan hadist,apa saja yang difirmankan Allah, apa saja yang disampaikan oleh rosulullah, tidak ada kata “TIDAK”, apa yang diperintahkan ya kita kerjakan, apa yang dilarang ya kita tinggalkan.Itu sifat orang islam.
2.Alasan cari hikmah, darah itru menyimpan banyak sekali sumber penyakit dan secara medis itu dikatakan sesuatu yang kotor dan orang islam itu harus membersihkan diri dari yang kotor-kotor itu.
Darah baik dikonsumsi manusia karena dapat meningkatkan vitalitas, tetapi hal itu hanya sugesti saja.Darah hanya dapat dikonsumsi oleh ternak, itupun tidak semua ternak dapat mengonsumsi darah sapi, karena hewan tidak boleh diberi makanan yang mengandung bagian dari hewan sejenis, kanibal itu namanya., dan dampaknya bisa menimbulkan penyakit siries karena kerusakan genetic.Hanya ikan dan ayam (unggas) yang dapat mengonsumsi darah sapi, itu pun harus dibatasi.Darah sapi baik untuk pertumbuhan ternak, tetapi apabila yang dikonsumsi terlalu banyak maka ternak bukan tumbuh semakin besar melainkan bertambah kecil.
Darah yang akan dikonsumsi untuk ternak harus dijadikan tepung darah terlebih dahulu.
Komposisi tepung darah :
Protein = minimal 83 %
Lemak = maksimal 1 %
Energi = 3240 kkal/kg
Asam amino = minimal 11 macam
Tetapi ada 1 hal yang perlu kita ketahui, “sesuatu yang awalnya haram dapat menjadi halal karena suatu keadaan yang memaksa, tetapi mengonsumsinya harus sesuai takaran, tidak boleh melebihi”

3.Pendapat :
Kurang setuju, meskipun darah mengandung banyak protein dan dapat menyembuhkan penyakit krang darah tetapi darah itu haram hukumnya untuk dikonsumsi, selain itu juga secara medis darah itu sumber berbagai macam penyakit.Apabila kita mengonsumsinya, entah apa yang terjadi pada diri kita, karena dampak yang terlihat setelah mengonsumsi darah sapi hanya mual, muntah, dan diare saja, dampak yang lebih dalam belum dapat kita ketahui .”sesuatu yang melawan kodratnya bisa menimbulkan sesuatu yang sangat buruk”




“CAPRES BICARA”



SOAL !!!
1.Buatlah rangkuman …..
2.Pendapatmu ……

JAWABAN !!!
1. Susilo Bambang Yudhoyono adalah presiden ke-6 Indonesia.Beliau lahir di desa Kremas,Pacitan pada tanggal 19 September 1949.Susilo Bambang Yudhono adalah putra dari pasangan Raden Sukoco dan ibu Siti Habibah.Susilo Bambang Yudhoyono bersekolah di di SDN PACITAN,kemudian melanjutkan ke SMPN dan SMAN 1 PACITAN.Beliau lulus pada tahun 1973 dan kemudian mewujudkan cita-citanya menjadi tentara dengan masuk AKABRI dan mendapat gelar lulusan terbaik.Pada tahun 1991,beliau mendapat gelar master management kemudian,pada tahun 2004 beliau juga mendapat gelar dokter ekonomi pertanian.

Presiden Susilo Bambang Yudhono merupakan presiden ke-6 dan presiden yang pertama kali dipilih langsung oleh rakyat.Mimpi Presiden SBY untuk Indonesia kedepan adalah : ingin masa depan negeri kita lebih baik.
Ada 3 periode perjalanan bangsa :
1.Periode presiden Soekarno
2,Periode Presiden Soeharto
3.Revormasi
Presiden SBY ingin Indonesia 5-10 tahun kedepan menjadi lebih aman,damai,adil,demokratis dan sejahtera.Pada beberapa saat yang lalu kita telah memperingati hari KEBANGKITAN NASIONAL,kita masuk abad yang ke-21,kita harus yakin bahwa Indonesia insya allah dengan rodho Tuhan YME,dengan persatuan,kerja keras dan kebersamaan kita akan menjadi Negara yang bermartabat dan Negara yang sejahtera, dengan syarat :
1.Daya saing makin tinggi
2.Kemandirian makin tinggi
3.Peradaban bangsa harus makin unggul dan mulia
Pada tahun 2009, masa jabatan presiden SBY dan wakilnya Muhammad Jussuf Kalla telah berakhir.Namun SBY tetap mencalonkan diri pada PEMILU tahun 2009 bersama pasangan barunya yakni BOEDIONO.Penilaian SBY terhadap pemerintahannya mulai dari tahun 2004-2009 dianggapnya sudah berhasil.Bukti-bukti keberhasilannya :
1.Korupsi sudah mulai berkurang pada saat ini
2.Ketersediaan pangan bagi rakyat Indonesia tercukupi
3.Semua rakyat Indonesia bias berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang layak, baik yang miskin maupun yang kaya.

Pendapat Presiden SBY tentang ekonomi kerakyatan dan Neoliberalisme (pertanyaan dari penonton)
Dulu,di dunia terdapat 2 blok yang sanagat kuat yakni blok komunis dan blok liberal.Sejak pemerintahan presiden soekarno presiden soeharto, pemerintah memilih system perekonomian yang lebih mengarah ke system perekonomian liberalism.
Ciri-ciri Negara yang menganut system neoliberalisme :
-Mengutamakan pasar , pemerintah tidak terlalu ikut campur
-Mendorong Negara untuk tidak ikut campur
-Anggaran Negara yang dikeluarkan janagan terlalu banyak,jika perlu subsidi ditiadakan
-Yang mengatur adalah para pelaku-pelaku pasar

Kaidah ekonomi yang baik dan efisien untuk dianut oleh Indonesia adalah tidak menganut system kerakyatan maupun neoliberalisme, tetapi memilih jalan tengah yang paling baik dan mementingkan masyarakat.

2.Pendapat :

Kurang setuju,
Karena apa yang dikatakan oleh Susilo Bambang Yudhoyono tersebut sebenarnya belum terwujud semuanya.Pada kenyataannya, sekarang masih banyak masyarakat yang tidak bias bersekolah Karena mahalnya biaya pendidikan.Dan juga masih banyak masyarakat yang mengalami krisis pangan,korupsi juga masih banyak dijumpai.Jadi,semua itu hanya janji-janji belaka yang tidak dapat diwujudkan secara nyata.
GEMPA BUMI

SOAL !!!
1.Tulislah pkopk-pokok wawancara
2.Tulislah rangkuman wawancara
3.Tulislah setuju / tidak setuju dengan alasan anda



JAWABAN !!!

1.Pokok-pokok :
• Gempa bumi terjadi di desa cisalak kabupaten cianjur, jawa barat pada rabu pagi.
• Korban yang hilang mencapai 70 orang
• Ada vsekitar 650 pengungsi di desa tersebut
• Ada 11 kepala keluarga yang kehilangan tempat tinggalnya
• Sampai saat ini warga masih tinggal di pengungsian
• Bantuan yang ada cukup lancer
• Trauma anak pasca gempa
• Wawancara kisah korban gempa
• Program pemerintah terhadap korban gempa



2.Rangkuman :
Gempa terjadi di daerah Cisalak kabupaten Cianjur pada Rabu pagi.Korban yang hilang mencapai 70 orang dan ada 11 kepala keluarga yang kehilangan tempat tinggal mereka.Tebing tinggi yang ada di desa tersebut roboh sehingga menimpa rumah-rumah warga.Sampai saat ini warga masih berada di tempat pengungsian, mereka tidak berani kembali kerumahnya karena takut terjadi gempa susulan.Korban yang berada di pengungsian mencapai 650 orang.Tempat untuk mengungsinya kurang memadai juga, mereka tidur di tanah swah yang keras sehingga tidak nyaman digunakan untuk tidur.Ada seorang ibu yang kehilangan keponakannya dan ada pula sepasang suami istri yang kehilangan ke-3 orang anaknya.Bantuan yang dating cukup banyak, hanya bantuan air bersih yang masih kurang.Pemerintah akan membuatkan tempat tinggal baru bagi warga yang kehilangan tempat tinggal tentunya di daerah yang baru juga agar mereka tidak khawatir terjadi gempa lagi.


3.Pendapat :
Saya setuju, karena warga yang kehilangan tempat tinggal akan dibuatkan tempat tinggal baru sehingga warga dapat menempati tempat tinggalnya lagi tanpa ada rasa trauma karena tempat tinggal tersebut dibuat di daerah yang berbeda.





K.D 12.1.2

Kosmetik,obat dan jamu berbahaya


SOAL !!!

1.Tulislah pokok-pokok berita .
2.Buat rangkuman dari berita tersebut .
3.Apa pendapat anda tentang berita tersebut .


JAWABAN !!!

1.Pokok-pokok :
Di Surabaya banyak kosmetik,jamu dan obat palsu yang tidak memiliki surat ijin edar secara resmi.
Berhati-hatilah ketika akan membeli kosmetik karena sekarang banyak sekali kosmetik palsu yang beredar disekitar kita.
Kosmetik-kosmetik palsu tersebut diantaranya mengandung mercury yang sangat berbahaya dan dapat merusak kulit.
Untuk membeli obat, belilah obat dalam wadah yang utuh
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membeli obat agar tidak salah dalam pemakaiannya, diantaranya :
1.komposisi
2.takaran
Kita juga harus berhati-hati ketika membeli jamu, karena jamu yang beredar sekarang mengandung BKO (Bahan Kimia Obat)



2.Rangkuman :

Di daerah tempat tinggal kita asih banyak dijumpai kosmetik,obat serta jamu yang diproduksi secara illegal atau dalam artian palsu seperti contohnya di Surabaya, di sana banyak sekali kosmetik,obat serta jamu yang tidak memiliki surat ijin edar secara resmi.Pada dasarnya seseorang yang akan membeli suatu produk tersebut seharusnya memperhatikan kemasannya,apakah pada kemasan tersebut terdapat nomor registrasi atau tidak dari badan POM,serta komposisi, takaran, dan tanggal kadaluwarsa.Namun tidak sedikit dari mereka yang tidak peduli dengan bahaya, damak atau efek samping yang ditimbulkan dari pemakaian barang tersebut.Kebanyakan dari mereka menganggap itu hal yang sepele,padahal apabila kita teliti lebih dalam dampaknya sangat berbahaya bagi tubuh kita ini.
Kebanyakan dari seorang wanita yang selalu memperhatikan penampilannya sering membeli kosmetik dengan hrga mahal padahal mereka tidak tahu apakah kosmetik tersebut mengandung mercury atau tidak, karena apabila bahan tersebut terdapat mercury dapat menyebabkan wajah menjadi rusak.Mereka juga biasanya hanya memperhatikan cocok atau tidaknya kosmetik tersebut pada wajah mereka.
Begitu juga dengan jamu, kebanyakan dari konsumen yang mengonsumsi jamu hanya memperdulikan khasiatnya saja tanpa perduli dengan efek atau dampak yang ditimbulkan setelah mengonsumsi tersebut.
Seperti halnya jamu, obat juga banyak diproduksi dengan takaran atau komposisi yang tidak sesuai dengan standar kesehatan, kebanyakan obat yang beredar pada saat ini mengandung BKO (Bahan Kimia Obat) yang dalam penggunaannya dilarang oleh badan POM
Mungkin masyarakat tidak peduli dengan kosmetik,jamu dan obat berbahaya yang dikonsumsinya karena mereka tidak merasakan efek samping dari penggunaan tersebut pada saat ini, tetapi di kemudian hari masyarakat baru akan merasakan efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan barang tersebut.


3.Pendapat :
Tidak setuju, karena produk-produk palsu tersebut dapat membahayakan masyarakat,untuk itu diwajibkan kepada setiap masyarakat agar lebih berhati-hati dalam membeli suatu produk,barang dengan harga mahal belum tentu asli,kebanyakan kaum wanita seperti itu,hanya dilihat harganya.Pemerintah juga seharusnya langsung turun tangan atas masalah ini,produk yang tidak memiliki surat ijin edar secara resmi sebaiknya cepat disita karena kemungkinan besar barang-barang tersebut adalah palsu sebelum beredar luas dimasyarakat.Jadi kita harus sangat berhati-hati ketika akan membeli suatu produk,telitilah barang yang akan dibeli terlebih dahulu,terdapat nomor registrasi atau tidak,tercantum komposisinya atau tidak,takaran pemakaian ada atau tidak.
HENA

SOAL !!!
1.Tulis pokok-pokoknya ….
2.Buat Rangkumannya …..
3.Apa pendapatmu ……

JAWABAN !!!
1.Pokok-pokok :
• Hena/inai/pacar cina berasal dari arab
• Hena digunakan untuk berhias
• Hena berasal dari tumbuhan jenis semak yang biasa digunaksn sebagai pemerah kuku
• Hena ada 2 macam yaitu merah dan hitam
• Hena yang biasa dijual berbentuk bubuk dan pasta
• Hena digunakan para wanita untuk berhias diri ataupun untuk menyenangkan suami, karena berhias untuk suami memang sangat dianjurkan sebagaimana yang terdapat dalam hadist.
• Hena juga bisa digunakan sebagai pewarna rambut
• Hena sangat aman untuk digunakan karena hena yang asli terbuat dari herbal/alami

2.Rangkuman :
Dipasar condet, banyak sekali barang-barang khas arab seperti parfum, kosmetik, hena dll, karena tempat ini merupakan pusat oleh-oleh barang-barang khas arab.Dan pada kali ini kita akan membicarakan tentang Hena.
Hena berasal dari arab, hena bukan kutek, karena hena bisa digunakan untuk sholat.Hena berasal dari tumbuhan jenis semak yang biasa digunakan sebagai pemerah kuku.Semua bagian dari tumbuhan ini memiliki manfaat, mulai dari kulit batang, bunga, akar hingga daunnya.Hena ada 2 macam yaitu merah dan hitam.Hena yang berwarna hitam terbuat dari bahan sintetis sehiungga ketika digunakan itu sangat berbahaya sedangkan hena warna merah tidak bebahaya karena hena merah asli, terbuat dari herbal.Hena yang biasa dijual berbentuk bubuk dan pasta.
Hena biasa digunakan oleh para calon pengantin tetapi juga bisa digunakan untuk berhias atau menyenangkan suami, berhias untuk menyenangkan suami memang sangat dianjurkan sebagaimana hadist yang berbunyi
Rasulullah bersabda : “sebaik-baik manfaat yang diperoleh seorang muslim setelah agama yakni perempuan yang cantik, yaitu yang membuatnya senag jika dipandang, menurutinya jika diperintah, dan menjaga harga dan dirinya jika ditinggal pergi”.Selain untuk berhias diri, hena juga dapat digunakan sebagai pewarna rambutr karena hena bisa dipergunakan untuk sholat, tidak mebuat kepala panas melainkan bikin adem dikepala, efeknya juga lebih bagus dibandingkan pewarna rambut yang terbuat dari bahan kimia.
Apakah hena aman untuk dipakai ? menurut dokter kecantikan (dokter lili) hena 100 % aman untuk digunakan.Efek mendinginkan pada hena dipengaruhi oleh khasiat herbal tanaman tersebut.Daun hena biasanya digunakan untuk parfum.Hena merah / coklat tebuat dari bahan alami atau herbal, sedangkan black hena (hena hitam) terbuat dari bahan sintetis yang apabila digunakan untuk pengguna yang bekulit sensitive maka bisa menimbulkan alergi.

3.Pendapat :
Setuju, karena hena tidak diharamkan (halal), hena bisa dipergunakan untuk sholat.Dahulu nabi juga pernah menggunakan hena ketika beliau sakit kepala, dan atas seizing Allah seketika sakit kepala itu langsung sembuh.Hena biasa digunakan untuk berhias diri atau menyenangkan suami, itu sangat bagus, karena berhias untuk suami sangat dianjurkan sebagaimana yang terdapat dalam hadist.













IKAN MAKAN KOTORAN


SOAL !!!
1.Tentukan pokok-pokoknya....
2.Buat rangkumannya...
3.Apa pendapat anda ....

JAWABAN !!!
1.Pokok-pokok :
 Ikan makan kotoran
 Diatas kolam ikan terdapat jamban (tempat untuk BAB) agar kotoran dapat dimakan ikan
 Ada hal positif dan negatifnya ikan makan kotoran yang kita konsumsi
 Ikan mampu memproduksi nuterisi untuk dirinya meskipun makan kotoran
 Ada 2 hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengonsumsi ikan tersebut
 Hewan pemakan kotoran disebut jalalah dan makhruh hukumnya untuk dikonsumsi
 Dikota-kota banyak sekali orang yang memasukkan ikan ke dalam pembuangan kotoran (septiteng) agar tidak cepat penuh dan berbau
 Makanan ikan yang sebenarnya lebih baik dari kotoran makanan adalah palet

2.Rangkuman :
Disebuah daerah pedesaan, warga memberi jamban (tempat untuk BAB) diatas kolamny,ikan-ikan yang ada di kolam tersebut memakan kotoran manusia yang buang hajat disitu.Dari segi kesehatan, ada 2 hal positif dan negatifnya :
Untuk hal negatifnya : di dalam kotoran manusia itu banyak sekali bakteri, kuman, dan cacing-cacing, sangat berbahaya sekali bukan apabila dimakan oleh ikan.Sedangkan untuk hal positifnya : karena sudah terbiasa dengan pola yang kurang bersih ini, di dalam tubuh kita akan terbentuk zat aktif yang bisa menghilangkan kemungkinan terjadinya pepsini (apabila kita mengonsumsinya
).
Meski memakan kotoran, ikan mampu memproses kotoran tersebut menjadi nutrisi yang dibutuhkan untuk ikan, sehingga tidak berbahaya untuk manusia.Namun kombinasi oleh penyakit sangat mungkin terjadi karena ikan hidup diair yang tercemar kotoran, misalnya dari bakteri carmonella yang hidup di air yang bisa mengakibatkan sakit diare dan muntaber dan juga cacing yang keluar dari kotoran.
Ada 2 hal yang perlu diperhatikan yaitu proses pembersihan ikan sebelum dimasak dan proses pemasakan ikan karena dari 2 hal tersebut ikan yang biasa makan kotoran dipelihara dikolam yang bersih sebelum dikonsumsi.
Hewan pemakan kotoran dalam hadist disebut jalalah. “Rasulullah telah mencegah dari makanan al jalallah (binatang yang makan benda kotor dan najis ) dan mencegah dari meminum susunya “ {HR. Imam al tarmizi).Hewan ini dikonsumsi makhruh saja, tetapi lebih baik ditinggalkan karena dalam rangka membersihkan diri, jangan makan yang ada kotorannya.
Ikan yang memakan kotoran aman untuk dikonsumsi selama pengolahannya benar.Daya tahan seseorang juga berpengaruh untuk menentukan apakah bisa sakit atau tidak jika memakan yang sudah terkombinasi penyakit.Lain dengan didesa, didesa, kolam ikan diatasnya terdapat jamban, dikota, ikan digunakan sebagai pembersih pembuangan kotoran (septiteng), apabila diberi ikan maka septiteng tidak cepat penuh dan berbau.Dan ikan yang sudah besar (yang ada didalam septiteng) bisa digunakan untuk tepung ikan atau dikonsumsi manusia asalkan dikarantina dahulu.Palet adalah makanan yang paling cocok untuk ikan, palet mengandung nutrisi yang baik untuk pertumbuhan ikan.Palet terbuat dari tepung ikan,jagung,dll.

3.Pendapat :
Menurut saya, ikan makan kotoran tidak baik untuk dimakan,selain mengandung banyak bakteri dan penyakit, hal tersebut dilarang oleh agama, dalam hadist disebutkan : “Rasulullah telah mencegah dari memakan al jalallah (hewan yang ,makan benda kotor dan najis) dan mencegah dari meminum susunya.”{HR.Imam al tarmizi} , meskipun ikan tersebut dapat dimakan dengan membersihkannya hingga bersih, tetapi ada kemungkinan bakteri masih ada di dalam tubuh ikan tersebut.Jadi, sebaiknya hindarilah makan ikan tersebut, cari aman saja............daripada tewrjadi apa-apa dengan tubuh kita.






BENTROK


SOAL !!!
1.Membuat pertanyaan dan jawaban .....
2.Menulis pokok-pokok berita .....
3.Menyatakan persetujuan dan tidak setuju beserta alasannya ....

JAWABAN !!!
1. BERITA 1
-Mengapa tawuran bisa terjadi ?
Pemicu / penyebab tawuran belum diketahui
BERITA 2
-Berapa modal yang diberikan kepada bank century ?
6,7 triliun rupiah
BERITA 3
-Apa yang sedang diberitakan ?
Kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen
BERITA 4
-Apa yang sedang diberitakan ?
Pencemaran nama baik atas pembunuhan Munir
BERITA 5
-Kapan taufik efendi mundur dari partai demokrat /
Selasa 08 september 2009
BERITA 6
-Siapa menteri yang tidak mengundurkan diri ?
Adhyaksa Dault

2.Pokok-pokok berita :
BERITA 1 = Tawuran antara 2 mahasiswa fakultas kedokteran dan fakultas
Teknik.
BERITA 2 = 100 orang berunjuk rasa didepan kantor departemen keuangan
BERITA 3 = Kasus pembunuhan nasrudin Zulkarnaen
BERITA 4 = Pencemaran nama baik atas pembunuhan Munir
BERITA 5 = Pada tanggal 08 september 2009, taufik efendi dan Lukman Edi
Mengundurkan diri dari partai demokrat
BERITA 6 = Adhyaksa Dault lepas kursi DPR untuk menjadi Menteri


3.Pendapat :
BERITA 1
Saya tidak setuju dengan berita tersebut karena tawuran tidak baik, apalagi
Mahasiswa, sebaiknya apabila ada permasalahan diselesaikan dengan cara
Baik-baik.
BERITA 2
Saya tidak setuju karena pemberian dana kepada bank century dapat
Menyengsarakan rakyat miskin.
BERITA 3
Saya tidak setuju dengan adanya pembunuhan karena pembunuhan itu sangat
Tidak baik dan dilarang agama
BERITA 4
Saya kurang setuju karena pencemaran nama baik biasanya berbelit panjang
Masalahnya, maka untuk itu lebih baik berdamai saja.
BERITA 5
Saya kurang setuju karena jika mereka mengundurkan diri maka siapa yang
Akan menggantikan posisi mereka
BERITA 6
Setuju, karena menyelesaikan jabatan adalah suatu tanggung jawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar