Kamis, 02 Desember 2010

tugas basasin_presiden bicara_inda rahmawati_21_x1

Acara presiden bicara
1. Buatlah rangkuman
2. pendapatmu

jawaban

1. Sekilas tentang susilo bambang y. presiden susilo bambang yudhoyono lahir pada tanggal 19 september 1949 di ds kremas, kab. Pacitan beliau lahir daripasangan raden sukutjo dan ibu siti habibah.
Susilo bambang yudhoyono bersedekah di sdn 1 pacitan kemudian melnjutkan k smp 1 pacitan beliau lulus pada tahun 1973, sby pernah mendapatkan master managemen dari salah satu universitas di amerika serikat usa kemudian pada ntahun 2004 juga mendapatkan gelar dokter ekobomi pertanian.
Beliau juga sempat menjabat sebagai mentri pertambangan pada masa pemerintahan presiden Abdurrahman wahid . pada masa presiden mega wait soekarno putri, beliau di angkat sebagai menteri polposkam namun beliau mengundurkan diri pada tanggal 11 maret 2004.
Pada pemilu tahun 2004, susilo bambang yudhoyono mencalonkan diri sebagai capres dan berpasangan dengan m. jusuf kala sebagai cawapres. Bersama dengan bapak m. jusuf kala , beliau terpilih sebagai presiden. Terpilih pada tahun 2004 beliau mengalahkan 4 orang capres lainya termasuk capres megawati soekarno putrid yang saat itu masih resmi menjabat sebagai presiden Ri.
Susilo bambang yudhoyono dan m jusuf kala merupakan pasangancapres dan cawapres pertama yang pertam di pilih oleh rakyat secara langsung pada saat kampanye pada tahun 2004. Susilo bambang yudhoyono ada beberapa hal yang akan di wujudkannya, apabila nanti terpilih sebagi presiden diantaranya :
1. mengubah metodologi pendidikan
Dengan memberikan dana bantuan (bos) agar semua anak-anak di Indonesia mendapatkan kesempatan untuk bersekolah hal ini juga diharapkan bias mencerdaskan rakyat Indonesia
2. swasembada pangan tidak perlu mengimpor beras dari luar negri tapi pemerintah harus menggunakan padi hasil dari negeri sendiri agar petani bias hidup makmur dan kebutuhan pangan di Indonesia tetap tercukupi
3. melakukan pemberantasan korupsi
selam ini, korupsi di Indonesia masih meraja lela dan tindakan pemberantasan yang serius melalui lembaga kpk, sby berharap agardapat mengurangi adanya kasus korupsi
pada tahun 2009 masa jabatanya sebagai presiden telah berakhir namun beliau tetap mencalonkan diri pada pemilu tahun 2009 bersama pasanganya yakni boediyono.
Penilaian sby akan pemerintahanya mulai dari tahun 2004-2009. beliau berpendapat bahwa usahanya telah berhasil, bukti-bukti dari keberhasilan dan usahanya.
1. saat ini korupsi sudah mulai berkurang hal ini terjadi karena adanya rasa takut untuk melekukan penyimpangan dalam tubuh dewan selain itu juga ada lembaga khusus pemberantasan korupsi (kpk) tang menangani kasus korupsi yang sebenarnya masih belum rampung dan harus diteruskan.
2. ketersediaan pangan bagi rakyat Indonesia tercukupi
3. saat ini semua rakyat Indonesia bias berkesempatan untuk mendapat pendididkan yang layak baik yang miskin ataupun yang kaya bias kesempatan untuk sekolah.
Saya bersyukur dengan apa yang saya peroleh dari ALLAH SWT saya juga berterima kasih dengan para dewan yang telah membantu saya jika saat ini saya saat ini di tanya apa sudah puas? saya jawab, “belum”
Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh para penonton:
1. Bagaimana pendapat bpk susilo BAMBANG YUDHOYONO tentang ekonomi kerakyatan, dan neoliberisme.
Dulu, didunia terdapat 2 blok yang sangat kuat yakni.
- blok komunis, dan blok liberis. Sejak pemerinahan presidan soekarno dan presidan
soeharto, pemerintah memilih system perekonomian yang lebih mengarah ke sistem perekonomian yang lebih mengarah ke sistem perekonomian liberalisme.
Ciri-ciri negara yang menganut sistem neoliberalisme:
- mengutamakan pasar, pemerintah tidak terlalu ikut cmpur
- Mendorong negara untuk tidak ikut campur.
- Anggaran negara yang dikeluarkan jangan banyak-banyak, kalau perlu subsidi ditiadakan.
- Yang mengatur adalah para pelaku-pelaku pasar.
- Mendorong pemerintah untuk melakukan pertumbuhan.
Kaidah ekonomi yg baik dan efisien untuk dianut oleh indonesia adalah tidak menganut sistem kerakyatan ataupun neoliberisme, tetapi memilih jalan tengah yg paling baik dan mementingkan masyarakat.
2. Sebelumnya indonesia pernah mengalami krisis berkepanjangan dan dapat disalsaikan dengan cara yang baik.
Bagaimana dukungan pemerintah kepada para pengusaha untuk menumbuhkan perekonomian bangsa?
Krisis merupakan suatu hal yg pernah dialami indonesia sebelumnya. Pada saat krisis tentunya didalamnya terdapat kesempatan. Hal yang harus kita lakukan adalah bagaimana mengubah krisis menjadi sebuah kenyataan. Dan pemerintah juga akan melakuka efisien, dan juga diversifikasi untuk mengatasi krisis yang ada.


2.kurang setuju
Karena apa yang telah disampaikan oleh presidan tadi sebenarnya masih belum bisa terealisasi. Semuanya hanya berupa janji-janji belaka. Dan saat ini, masih ada masyarakat yang tidak mendapatkan kesempatan untuk bersekolah, korupsi masih banyak, dan juga masih ada warga masyarakat yang mengalami krisis pangan di daerahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar