Kamis, 16 Desember 2010

tugas basasin semua (sri widowati_x1_38)

BUBUR SUM-SUM


1. Pokok – pokok informasi!

 Cara membuat yogourt susu kerbau
 Membuat lilin dari sarang lebah
 Membuat rempeyek kepiting

2. Rangkuman informasi!

Di daerah Muara Jalay, Riau, terdapat berbagai makan khas dan kerajinan yang unik, diantaranya adalah pemerahan susu kerbau yang dibuat menjadi yogourt, membuat lilin dari sarang lebah dan rempeyek kepiting.
Pembuatan yogourt kerbau sebenarnya tidak terlalu sulit, di mulai dari pemerahan susu kerbau,setelah itu susu di tuangkan ke dalam bambu dandi diamkan selama 1 sampai 2 hari. Biasanya satu ekor kerbau dapat menghasilkan 2 liter susu setiap harinya. Dan susu kerbau dijadikan salah satu makanan khas disana. Membuat lilin dari sarng lebah. Yang pertama kita lakukan adalah kita ambil sarang lebahnya, lalu kita peras madunya. Kemudian di rebus selama 1 hari, setelah sarang leba yang di rebus tadi menjadi bongkahan-bongkahan. Bongkahan-bongkahan dipotong kecil-kecil, lalu dicairkan dan diberi pewarna agar lebih menarik. Kemudian tuangkan lilin cair tersebut kedalam cetakan, tunggu 1 sampai 2 jam kemudian berilah sumbu pada lilin tersebut. Kelebihan dari lilin lebah adalah tahan lama, baunya harum, dan tidak menimbulkan asap hitam pada saat dibakar. Cara membuat rempeyek kepiting, siapkan kepiting dan jangan lupa dikasih cuka agar baunya tidak amis. Siapkan bahan-bahannya, lalu campurkan kepiting dengan bumbunya. Lalu siap kita goring. Bahan utama dari rempeyek kepiting adalah tepung beras dan tepung ubi.

3. Pendapat tentang informasi!

Menurut saya kita harus melestarikan budaya-budaya Indonesia, termasuk makanan khasnya juga. Agar makanan-makanan khas Indonesia tidak di klaim juga oleh Negara lain. Dan agar anak cucu kita masih bias merasakan nikmatnya makanan-makanan khas
dari Negara kita tercinta ini.


INDIKATOR :
1. Tulislah pokok-pokok informasi !
2. Buat rangkuman dari informasi tersebut !
3. Apa pendapat anda tentang informasi tersebut !



IKAN MAKAN KOTORAN

1. Tulislah pokok-pokok informasi

 Ada sebuah desa yang membuat toilet diatas kolam ikan.
 Membuat toilet di atas kolam ikan, Dari segi kesehatannya mungkin harus ditekankan bahwa ada hal-hal positifnya dan negatifnya.
 Meski makan kotoran, ikan mampu untuk memproses kotoran tersebut menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan sehingga tidak berbahaya untuk manusia.
 Petani sayur yang menggunakan kotoran manusia dan air untuk menyiram tanaman, kebunnya dan menggunakan kotoran manusia sebagai fertilaizer sebagai pupuk.
 Ada 2 hal penting yang harus diperhatikan yaitu proses pembersihan ikan sebelum dimasak dan proses memasak ikan.
 Hewan pemakan kotoran ada dalam hadist disebut jallalah tapi kalau makanannya campuran tidak termasuk dalam jallalah.
 Daya tahan tubuh seseorang berpengaruh dalam menentukan bisa sakit atau tidak kalau makan ikan yang sudah terkontaminasi oleh penyakit.
 Lain dengan didesa kalau diperkotaan ada yang memanfaatkan ikan sebagai pembersih tempat pembuangan kotoran.
 Cara memelihara ikan yang baik, dengan cara memberi makan ikan dengan menggunakan pellet.
 Meski ikan disimpan ditempat pembuangan kotoran tapi makanannya tidak hanya kotoran karena dalam air banyak hewan-hewan kecil, planton, alga, lumut yang juga bisa dimakan oleh ikan.





2. Buat rangkuman dari informasi tersebut

Ada sebuah desa yang membuat toilet diatas kolam ikan. Menurut para ahli aman atau tidak mengkonsumsi ikan yang makan kotoran??? Menurut Prof. DR. RIDAD AGDES, MPEL (Ahli Parasit Fakultas Kedokteran UNPAD) membuat toilet di atas kolam ikan, Dari segi kesehatannya mungkin harus ditekankan bahwa ada hal-hal positifnya dan negatifnya. Yang negatif bahwa di dalam darah manusia ada banyak sekali kuman, bakteri, cacing, telur cacing tapi hal positifnya bahwa karena sudah terbiasa dengan pola yang kurang bersih, maka dalam tubuh kita sudah terbentuk suatu zat aktif yang bisa menghilangkan kemungkinan terinfeksi.
Meski makan kotoran, ikan mampu untuk memproses kotoran tersebut menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan sehingga tidak berbahaya untuk manusia namun terkontaminasi oleh penyakit sangat mungkin terjadi karena ikan hidup diair yang tercemar oleh kotoran misalkan dari bakteri salmonella yang bisa mengakibatkan penyakit diare dan mutaber. Dari telur cacing yang keluar dari kotoran. Kalau cacing dewasa yang dimakan aman, cacingnya tidak akan menimbulkan infeksi diperut kita, itu kalau cacing tanah tapi kalau cacing usus yang menimbulkan kanker usus tapi telurnya harus hati-hati karena telur ini akan bisa menetas didalam perut kita keluarkan cacing-cacing kecil.
Bagaimana cara supaya ikan ini bisa dikonsumsi manusia??? Semua orang belum tentu bisa mengolah dengan baik, dan itulah masalahnya. Yang sulitnya lagi karena banyak petani sayur yang menggunakan kotoran manusia dan air untuk menyiram tanaman, kebunnya dan menggunakan kotoran manusia sebagai fertilaizer sebagai pupuk dan sebenarnya kurang baik tapi kalau nanti masak sayurnya dengan baik, dicuci dengan baik pasti akan aman dikonsumsi.
Ternyata ada 2 hal penting yang harus diperhatikan yaitu proses pembersihan ikan sebelum dimasak dan proses memasak ikan karena 2 hal tadi bisa terkontaminasi penyakit yang biasa terjadi. Agar lebih aman sebaiknya ikan yang biasa dimakan orang dipelihara dulu dikolam yang bersih sebelum dikonsumsi. Hewan pemakan kotoran ada dalam hadist disebut jallalah tapi kalau makanannya campuran tidak termasuk dalam jallalah, hal ini ada dalam hadist yang berbunyi : “ Rasulullah telah mencegah dari memakan Al jallalah (binatang yang makan benda kotor dan najis) dan mencegah dari meminum susunya.” (HR. Imam At Tirmizi).
Menurut seorang ulama jallalah itu dikonsumsi maqruh atau lebih baik ditinggalkan karena dalam rangka untuk membersihkan diri. Daya tahan tubuh seseorang berpengaruh dalam menentukan bisa sakit atau tidak kalau makan ikan yang sudah terkontaminasi oleh penyakit. Lain dengan didesa kalau diperkotaan ada yang memanfaatkan ikan sebagai pembersih tempat pembuangan kotoran. Mereka percaya bisa membuat tempat pembuangan kotoran tidak cepat penuh dan berbau. Selain itu ikan yang besar bisa digunakan sebagai tepung ikan.
Bagaimana cara memelihara ikan yang baik??? Dengan cara memberi makan ikan dengan menggunakan pellet. Pelet mengandung banyak nutrisi yang baik untuk ikan. Pelet sendiri dibuat dari tepung ikan. Jagung, dll. Kalau ikan diberi makan kotoran akan berpengaruh pada rasa ikan dan akan menimbulkan penyakit tertentu yang menular dari buangan itu ke orang yang makan ikan. Meski ikan disimpan ditempat pembuangan kotoran tapi makanannya tidak hanya kotoran karena dalam air banyak hewan-hewan kecil, planton, alga, lumut yang juga bisa dimakan oleh ikan.

3. Apa pendapat anda tentang informasi tersebut

Menurut saya pemberian pakan ikan yang berupa kotoran sangat berbahaya karena ikan tersebut bisa terkontaminasi oleh berbagai penyakit, karena ikan hidup diair yang tercemar oleh kotoran misalkan dari bakteri salmonella yang bisa mengakibatkan penyakit diare dan mutaber. Selain itu bahwa di dalam darah manusia ada banyak sekali kuman, bakteri, cacing, telur cacing sehingga kotoran yang dihasilkanpun sangat berbahaya. Sebenarnya walaupun ikan makan kotoran tetapi jika orang tersebut kalau nanti masak ikannya dengan baik, dicuci dengan baik pasti akan aman dikonsumsi. Agar lebih aman sebaiknya ikan yang biasa dimakan orang dipelihara dulu dikolam yang bersih sebelum dikonsumsi. Sehingga nanti kita tidak perlu kwatir ikan tersebut layak dikonsumsi atau tidak karena kita yang memeliharanya.



KOMPETENSI DASAR 12.1.2

INDIKATOR :
1. Tulislah pokok-pokok berita !
2. Buat rangkuman dari berita tersebut !
3. Apa pendapat anda tentang berita tersebut !


KOSMETIK,OBAT DAN JAMU BERBAHAYA


1. Pokok-pokok berita

» Banyak sekali akhir-akhir ini berbagai makanan,obat-obatan, dan kosmetik yang palsu dan tidak ada surat izin yang resmi.
» Misalnya di Surabaya banyak sekali berbagai makanan, obat-obatan, dan kosmetik yang palsu, yang tidak ada surat izin yang resmi.
» Untuk mengetahui komposisi, sebenarnya komposisi itu harus di cantumkan terus kemudian kita periksa sesuai dengan komposisinya barang itu.
» Jika membeli atau memilih barang atau produk jangan melihat harganya yang mahal,karena yang harganya belum tentu bagus dan kalau tertipu kandungan di dalamnya berbahaya.
» kosmetiknya aman dari BPOM harus ada kode registrasinya yang resmi.
» CINTAI PRODUK DALAM NEGERI
» Banyak juga kosmetik yang mengandung mercuri.
» Obat-obatan yang termasuk obat keras tidak boleh diperjualbelikan secara bebas harus ada izin dari BPOM dan belilah dalam keadaan utuh.
» jamu yang diperjualbelikan tidak boleh ada kandungan Bahan Kimia Obat atau BKO.Dan jamu yang ditarik dari pasaran adalah yang terdapat BKOnya.
» Yang perlu diperhatikan adalah Komposisi,Takarannya

2. Rangkuman berita

Banyak sekali akhir-akhir ini berbagai makanan,obat-obatan, dan kosmetik yang palsu dan tidak ada surat izin yang resmi. Misalnya di Surabaya banyak sekali berbagai makanan,obat-obatan,dan kosmetik yang palsu, yang tidak ada surat izin yang resmi. Di Surabaya barang seperti bodywash, facial wash, lotion, parfum harganya mahal-mahal, Barang-barang ini diperiksa atau disidak karena tidak ada regristasi atau nomor regristasi dari BPOM,selain itu kandungan dari bahan dasar pembuatannya atau komposisinya tidak ada. Kalau tidak tercantum bahan dasar pembuatannya atau komposisinya akan di kwatirkan menimbulkan bahaya, selain itu belum ada izin edar sehingga belum tahu keamanannya. Karena kalau ada izin edar resmi,nomor registrasi ini berarti sudah di teliti semua oleh badan BPOM.
Untuk mengetahui komposisi, sebenarnya komposisi itu harus di cantumkan,kemudian kita periksa sesuai dengan komposisinya barang itu.Apakah barang itu ada bahan aktifnya?dan bahan aktifnya itu berapa persen.
Jika membeli atau memilih barang atau produk jangan melihat harganya yang mahal,karena yang harganya belum tentu bagus dan kalau tertipu kandungan di dalamnya berbahaya,kita bisa-bisa bayar 2 kali lebih mahal untuk ke rumah sakit kalau kulitnya kena iritasi. Oleh karena itu jangan membeli karena mahalnya.
Kalau kosmetiknya aman dari BPOM harus ada kode registrasinya yang resmi.
Dan jangan lupa
“ CINTAI PRODUK DALAM NEGERI”
Banyak juga kosmetik yang mengandung mercuri, padahal mercuri adalah kandungan yang berbahaya yang dapat menyebabakan kulit rusak.Dan kalau membeli atau memilih produk harus di cek keamanannya.
Obat-obatan yang termasuk obat keras tidak boleh diperjualbelikan secara bebas harus ada izin dari BPOM dan belilah dalam keadaan utuh. Sedangkan jamu yang diperjualbelikan tidak boleh ada kandungan Bahan Kimia Obat atau BKO.Dan jamu yang ditarik dari pasaran adalah yang terdapat BKOnya.
Yang perlu diperhatikan adalah:
1. Komposisi
2. Takarannya



3. Pendapat

Menurut saya sebelum kita membeli makanan, obat-obatan, dan kosmetik sebaiknya ki periksa dulu.Dan beberapa hal yang harus kita diperiksa adalah
1. Surat izin yang resmi dari BPOM
2. Kode registrasinya yang resmi atau nomor regristasi dari BPOM
3. Harus tercantum bahan dasar pembuatannya atau komposisinya
4. Harus ada izin edar resmi dari BPOM
5. Harus di cek keamanannya.
Menurut saya aman tidaknya suatu barang atau produk tergantung dari keaktifan dan kewaspadaan konsumennya. Jika konsumen itu aktif dan waspada dalam pemilihan barang atau produk maka barang atau produk yang dibelipun aman.
Dan pada saat membeli atau memilih barang atau produk jangan melihat harganya yang mahal,karena yang harga yang mahal belum tentu bagus kualitasnya dan kalau tertipu kandungan di dalamnya berbahaya,kita bisa-bisa bayar 2 kali lebih mahal untuk ke rumah sakit kalau kulit kita terkena iritasi.Oleh karena itu jangan membeli karena mahalnya.Dan jangan lupa kita harus cinta produk dalam negri.



Nama : Sri widowati
Kelas : X_1
No : 38
Tugas BASASIN tentang Bolehkan manusia berHena

1 -pokok-pokok berita
2 -rangkuman
3 -pendapat



1. pokok-pokok berita
- Hena terbuat dari daun semak.
- Hena bias di buat untuk pemerah kuku,tangan,kaki dan rambut.
- Hena mempunyai manfaat dari kulit batang, bunga, akar, hingga daun.
- Hena terdapat warna merah dan hitam.
- Hena terbentuk bubuk dan pasta.
- Hena yang berwarna hitam lebih sistetis.
- Hena yang berwarna merah itu lebih herbal dan lebih alami.
- Hena aman di buat di tubuh.
- Hena dapat menghilangkan sakit kepala.
- Warna asli hena yaitu merah agak coklat dan oranye.



2. Rangkuman :
Di pasar condet Jakarta, pasir ini terkenal dengan dagangan khas dari timur tengah dan kebanyakan pedagangnya dari orang arab, dan disini menjadi pusat oleh-oleh dari tanah suci. Dan disini terdapat Hena atau inay yang terbuat dari daun semak/atau tumbuhan semak yang dipakai untuk pemerah kuku. Semua tumbuhan ini mempunyai manfaat dari kulit batang, bunga, akar, hingga daunnya.
Hena biasanya di buat symbol kehormatan untuk suami. Dan hena mempunyai perbedaan, yaitu adalah hena yang berwarna hitam dan hena yang berwarna merah. Kalau hena yang berwarna hitam itu bahannya lebih sensitif dan bisa mengakibatkan alergi, dan hena yang warna hitam itu tidak ada. Dan hena yang warna merah itu lebih herbal dan alami, karena terbuat dari tumbuhan semak. Jadi kalau pilih hena yang merah aja, karena lebih alami. Dan hena yang biasanya dijual oleh pedagang berbentuk bubuk dan pasta.
Dan rosululloh bersabda :
“sebaik-baik manfaat yang diperoleh seorang muslim setelah agama yakni perempuan yang cantik, yaitu yang membuatnya senang jika dipandang, menurutiya jika diperintah, dan menjaga harta dan dirinya jika ditinggal pergi.”.
Hena juga dapat untuk pemerah rambut, dan hena yang di buat rambut itu bisa di buat sholat dan bikin kepala dingin.
Hena yang di buat untuk rambut ini lebih herbal dan lebih alami, dari pada pewarna rambut yang terbuat dari bahan kimia. Jadi bedanya hena dengan pewarna rambut yang lainnya yaitu, hena ini terbuat dari bahan tumbuhan semak dan sedangkan pewarna rambut itu dari bahan kimia. Bahkan ada hadist yang diriwayatkan ibnu majah yaitu menceritakan saat nabi sakit kepala, nabi membungkus kepalanya dengan hena, dan berkata “hena akan menyembuhkan sakit kepala atas izin ALLAH” . Dan untuk meyakinkan bahwa hena aman di pakai di tubuh dia akan membicarakannya dengan dokter. Dan dokter berkata kalau hena itu terbuat dari bahan alami, dan insya’allah 100 % aman, namun seiring dengan zaman warna hena yang asli itu warna merah agak coklat dan oranye.
Efek mendinginkan pada hena ternyata dipengaruhi oleh kandungan alami hena, daun hena , bunga baik untuk kulit. Dan hena bisa digunakan untuk parfum. Dan ternyata hena banyak manfaatnya dan kegunaannya.


TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

INDIKATOR :
1. Membuat pertanyaan dan jawaban !
2. Menulis pokok-pokok berita !
3. Menyatakan persetujuan dan tidak setuju beserta alasan !

Bentrok Makassar


1. Pertanyaan dan jawaban

Berita 1 :
 Pertanyaan : Peristiwa apa yang terjadi di Makassar, Sulawesi ?
Jawab : Bentrok antar mahasisiwa UNIM.
 Pertanyaan : Siapa pelaku dalam bentrok di Makassar, Sulawesi ?
Jawab : Pelakunya adalah mahasiswa fakultas sastra dan mahasiswa fakultas teknik di UNIM Makassar.
 Pertanyaan : Berapa mahasiswa yang terluka dan apa akibat dari bentrokan tersebut ?
Jawab : 2 mahasiswa dan akibatnya fasilitas kampus rusak.

Berita 2 :
 Pertanyaan : Apa yang terjadi di depan kantor Bank Century ?
Jawab : Unjuk rasa gugat bantuan Bank Century.

Berita 3 :
 Pertanyaan : Kapan sidang terdakwa pembunuhan Nasrudin Zulkarnain dilanjutkan ?
Jawab : Minggu depan
 Pertanyaan : Berapa terdakwa pembunuhan Nasrudin Zulkarnain ?
Jawab : lima terdakwa

Berita 4 :
 Pertanyaan : Masalah apa yang menimpa Usman Hamid ?
Jawab : Pencemaran nama baik Muchdi PR.
 Pertanyaan : Apa yang dilakukan setelah Usman Hamid dipanggil ?
Jawab : Usman Hamid datang penuhi panggilan polisi.

Berita 5 :
 Pertanyaan : Apa yang dilakukan 4 menteri setelah mengundurkan diri dari jabatan ?
Jawab : 4 menteri maju sebagai anggota DPR.

 Pertanyaan : Hal apa yang dilarang dilakukan oleh pejabat Negara ?
Jawab : Pejabat Negara dilarang rangkap jabatan.

2. Menulis pokok-pokok berita

1. Tawuran pelajar di Universitas Negeri Makassar rabu pagi antar mahasiswa fakltas sastra dan fakultas teknik.
2. Unjuk rasa gugat bantuan Bank Century yang diajukan oleh LSM (Monitoring Coruption Watch).
3. Sidang pembacaan keputusan 5 terdakwa pembunuhan Nasrudin Zulkarnain di PN Tanggerang, Banten akhirnya ditunda karena tidak dihadiri oleh pengacara terdakwa.
4. Usman Hamid memenuhi panggilan polisi atas tuduhan pencemaran nama baik Muchdi PR.
5. 4 menteri Kabinet Indonesia tahun 2004-2009 yang mengundurkan diri dari jabatan yng kemudian maju sebagai anggota DPR.

3. Menyatakan persetujuan dan tidak setuju beserta alasan

Berita 1 :
Saya tidak setuju dengan apa yang dilakukan oleh kedua mahasiswa fakultas karena apa yan mereka lakukan termasuk perbuatan yang tidak baik dan tidak berperi kemanusiaan. Dan apa yang mereka lakukan tidak mencermikan perbuatan yang berpendidikan. Dan menurut saya sebaiknya mereka menyelesaikan masalah mereka secara baik-baik tanpa ada perbuatan yang seperti itu.

Berita 2 :
Saya sangat setuju dengan apa yang dilakukan oleh masyarakat yang telah unjuk rasa didepan Bank Century atas apa yang diajukan oleh LSM (Monitoring Coruption Watch). Walaupun perbuata itu tidak baik tapi perbuatan itu dilakukan agar Bank Century sadar diri dan mau melakukan sesuatu kepada masalah yang ada.

Berita 3 :
Saya tidak setuju dengan apa yang dilakukan oleh kejaksaan yang telah menunda pembacaan keputusan 5 terdakwa pembunuhan Nasrudin Zulkarnain di PN Tanggerang, Banten karena tidak dihadiri oleh pengacara terdakwa. Dan menurut saya sebaiknya pembacaan keputusan harus tetap dilakukan karena perbuatan yang dilakukan sangat kejam dan tidak perlu menunggu pengacara terdakwa karena kejaksaan sudah tahu perbuatan itu benar atau salah.

Berita 4 :
Saya sangat setuju dengan ketegasan dan kesigapan polisi yang langsung memaggil pelaku pencemaran nama baik Muchdi PR yang dilakukan oleh Usman Hamid.




Berita 5 :
Saya tidak setuju dengan apa yang dilakukan oleh 4 menteri Kabinet Indonesia tahun 2004-2009 yang mengundurkan diri dari jabatannya dan kemudian maju sebagai anggota DPR. Karena mereka tidak mencerminkan tanggung jawab terhadap pekerjaan yang dilakoninya.










Nama : Sri Widowati
Kelas : X-1
No. : 38
TUGAS BASASIN CAPRES BICARA


- Rangkuman
- Pendapat


Jawaban :
1. capres bicara, oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.
- Riwayat.
SBY lahir di pacitan 09 September 1949.
SBY punya bakat mengajar dari SD yaitu dengan mengajari teman-temannya, Bahasa inggris dan Matematika, pada SMA beliau masuk sekolah AKBRI tahun 1991, ia mendapat gelar master, pada tahun 2004, beliau dapat gelar Doctor Pertanian, dalam pemilu 2004 beliau mencalonkan diri sebagai Presiden dengan wakil Presiden Bapak Jusuf Kalla di partai democrat, dan beliau pun terpilih.
Presiden SBY adalah Presiden pertama yang dipilih langsung oleh rakyat Indonesia, tapi pada tahun 2009 beliau mencalonkan diri sebagai Presiden dengan wakilnya Bapak Boediono.
Bapak SBY berharap Indonesia menjadi lebih baik dari sekarang.

*Visi dan Misi SBY.
1. Membenahi pendidikan.
2. Membenahi pertanian dan sistem ekonomi di Indonesia.
3. Membenahi dan meningkatkan pemberantasan korupsi di Indonesia
*Pendapat SBY tentang sistem perekonomian di Indonesia.
Pertanyaan oleh Pande Raja Silalahi, sistem ekonomi telah di atur dalam UUD 1945, lalu apa pendapat SBY tentang sistem perekonomian di Indonesia?

Jawaban :
- Rakyat Indonesia tidak boleh gegabah begitu saja, karena tidak mengerti perekonomian di Indonesia, neoliberalisme bertujuan untuk mensejahterakan rakyatnya, bangsa Indonesia harus memahami apa itu paham neoliberelisme, jangan mencela terlebih dahulu. Dalam perkembangannya sistem perekonomian pastilah akan mengalami perubahan, harus mencocokkan terlebih dahulu system perekonomian dengan kepribadian Indonesia.



2. PENDAPAT
Menurut saya beritanya sangat menarik, karena di suguhi bintang tamu dengan perfoms bernyanyi, sehingga penonton akan lebih tertarik melihat tayangannya, dan isi beritanya pun jelas, namun ada beberapa bagian yang tidak jelas, dan sulit untuk di mengerti dan di pahami, sehingga kita sebagai penonton bingung untuk memahami perkataannya.




GEMPA BUMI

1. Pokok – pokok berita!

a) Gempa terjadi didesa Cisalak, Cingkareng, Kec. Cibinong, Cianjur, Jawa Barat.
b) Para pengungsi mengungsi di persawahan.
c) Di lokasi gempa kurang bias dilalui kendaraan karena tempatnya sangat terpencil.
d) Pengungsi jumlahnya kurang lebih 650 orang.
e) Dari 12 desa yan pling parah adalah desa Cingkareng.
f) Para warga msih trauma dan shock, untuk kembali kerumah mereka masing-masing.

2. Rangkuman!

Gempa bumi terjadi di desa Cisalak,Cingkareng, Kec. Cibinong, Cianjur, Jawa Barat. Lokasi gempa yang cukup terpencil dan dikelilingi oleh tebing-tebing, membuat lokasi gempa tersebut kurang bias dilalui kendaraan bermotor. Di pengungsian terdapat sekitar kurang lebih 650 orang pengumgsi yang terkena longsor. Bantuan disana mengalir cukup lancer dan medannya pun cukup jauh sekali dengan kota Cianjur. Rasa trauma membuat para pengungsi takut kembali ke rumah mereka masing-masing.
Di kecamatan Cibinong terdapat 12 desa yang terkena longsoran, tapi yang paling parah adalah desa Cingkareng. Pada saat ini tempat yang digunakan untuk pengungsian adalah area persawahan, jadi tanahnya cukup keras dan sulit untuk ditiduri. Dan siklus gempa di daerah tersebut adalah tebing-tebing yang jatuh atau runtuh dan langsung mengenai rumah warga yang berada di bawahnya. Ada beberapa warga yang kehilangan keluarganya, dan salah satunya adaalah Ibu Zaenab yang kehilangan adik dan adik iparnya. Dan ada pula sepasang suami istri yang kehilangan 3 orang anaknya.

3. Pendapat!

Menurut saya tindakan yang dilakukan oleh pemerintah sudah tepat , dan pemerintah pun juga cepat tanggap dalam penyaluran bantuan kepada para korban dengan cukup lancer. Dan pemerintah juga akan merelokasi semua warga yang kehilangan rumahnya ke tempat yang lebih aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar