Selasa, 14 Desember 2010

BASASIN_FAJAR DARWIS_X1(BUBUR SUMSUM)


NAMA :FAJAR DARWIS D.H.
KELAS:X-1POKOK POKOK INFORMASI
NO ABS:15
POKOK POKOK INFORMASI
~Cara membuat yoghurt susu kerbau
~Cara membuat lilin dari sarang lebah
~Cara membuat rempeyek kepiting

RANGKUMAN INFORMASI
                 Di provinsi Riau tepatnya di daerah Muara jalay, terdapat berbagai makanan khas dan kerajinan yang unik, diantaranya adalah pemerahan susu kerbau yang dibuat menjadi yogourt, membuat lilin dari sarang lebah dan rempeyek kepiting.
                 Cara pembuatan yoghurt susu kerbau sebenarnya cukup mudah, di mulai dari pemerahan susu kerbau,setelah itu susu di tuangkan ke dalam bambu dandi dan didiamkan selama 1 sampai 2 hari. Biasanya satu ekor kerbau dapat menghasilkan 2 liter susu setiap harinya. Dan susu kerbau dijadikan salah satu makanan khas disana. Membuat lilin dari sarng lebah. Yang pertama kita lakukan adalah kita ambil sarang lebahnya, lalu kita peras madunya. Kemudian sarang yang telah diperas madunya tersebut di rebus selama 1 hari, kemudian sarang lebah yang di rebus tadi menjadi bongkahan-bongkahan. Bongkahan-bongkahan dipotong kecil-kecil, lalu dicairkan dan diberi pewarna agar lebih menarik. Kemudian tuangkan lilin cair tersebut kedalam cetakan, tunggu 1 sampai 2 jam kemudian berilah sumbu pada lilin tersebut. Kelebihan dari lilin lebah adalah tahan lama, baunya harum, dan tidak menimbulkan asap hitam pada saat dibakar. Cara membuat rempeyek kepiting :Bahan utama dari rempeyek kepiting adalah tepung beras dan tepung ubi.siapkan kepiting dan lumuri cuka agar baunya tidak amis. Siapkan bahan-bahannya yaitu: bawang merah dan putih,kunyit ketumbar, jahe,dan daun salam , lalu campurkan kepiting dengan bumbunya. Lalu siap kita goreng.

PENDAPAT TENTANG INFORMASI
Menurut saya, Negara kita kaya akan budaya-budaya termasuk makanan khas. Jadi kita harus melestarikan budaya-budaya tersebut  agar anak cucu kita dapat merasakan kelezatannya.Dan juga saya sangat senang lilin tersebut dilestarikan, karena selain baunya yang harum lilin tersebut juga  tidak menimbulkan asap hitam yang berbahaya bagi kesehatan manusia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar