Minggu, 12 Desember 2010

ISLAILATUL CHASANAH_23_BASASIN

NAMA : ISLAILATUL C.
KELAS : X-1
NO. ABSEN : 23


UDANG KIPAS BIKIN BADAN TUMBUH TINGGI

INDIKATOR :
1. Pokok –pokok informasi
2. Kesimpulan informasi
3. Pendapat tetang informasi

JAWABAN

1. Pokok –pokok informasi
Udang Kipas banyak di temukan di tengah laut, di kedalaman di atas 5 meter
Udang kipas hidup pada perairan pantai berpasir hingga kedalaman 100 meter
Udang kipas termasuk dalam keluarga Crustacea yang memiliki bentuk seperti kipas
Udang Kipas juga memiliki nama latin yaitu Tenus Orientalis, selain itu Udang Kipas juga mempunyai nama lain seperti Udang Petok, Udang Pasir dan Udang Sikat
Kalau di Australia dia di panggil dengan sebutan Banian Babs
Udang Kipas tergolong Hewan Lopturnal alias beraktivitas pada malam hari, dan kalau siang hari dia lebih suka membenamkan diri pada pasir yang di gali dengan menggunakan ekornya
Selain udang kipas bisa juga bisa di makan mentah dengan mengunakan caos sambal., biar baunya tidak amis makanya kalau makan dengan menggunakan sambal
Ada beberapa perbedaan dari udang kipas jantan dan betina salah satunya, udang kipas jantan warnanya gelap sedangkan udang kipas betina mempunyai telur dan warnanya merah cerah
Udang kipas kalau kita lihat dari komposisinya dia sangat banyak mengandung vitamin, mineral dan protein
Dari 100 gram udang kipas mengandung 20,3 gram protein
Yang sangat penting adalah selenium karena berfungsi sebagai antibody. Sedangkan kalau kalsium untuk pembentukan tulang. Oleh karena itu udang kipas bisa membuat badan tumbuh tinggi


2. Kesimpulan informasi
Udang Kipas banyak di temukan di tengah laut, di kedalaman di atas 5 meter. Udang kipas hidup pada perairan pantai berpasir hingga kedalaman 100 meter. Mencari udang kipas tidak dengan cara berenang melainkan menggunakan jaring.Dalam menebar jaringnya harus pelan-pelan agar tidak kusut. Kalau keseluruhan bagian jaring sudah masuk ke dalam air ikat ujungnya dengan pelampung untuk memudahkan menarik jaringnya ke atas. Setelah beberapa jam kita lihat jaringnya dan tarik jaringnya pelan-pelan, lalu lepas udangnya dengan pelan-pelan dan jangan sampai udangnya rusak. Udang kipas termasuk dalam keluarga Crustacea yang memiliki bentuk seperti kipas. Udang Kipas juga memiliki nama latin yaitu Tenus Orientalis, selain itu Udang Kipas juga mempunyai nama lain seperti Udang Petok, Udang Pasir dan Udang Sikat. Kalau di Australia dia di panggil dengan sebutan Banian Babs. Udang Kipas tergolong Hewan Lopturnal alias beraktivitas pada malam hari, dan kalau siang hari dia lebih suka membenamkan diri pada pasir yang di gali dengan menggunakan ekornya. Udang Kipas berjalan mundur hanya tamung flase dirinya untuk bertahan hidup, karena bentuk kepala dan ekornya memang ada kemiripan dan sebenarnya dia juga bisa berjalan maju. Selain udang kipas bisa juga bisa di makan mentah dengan mengunakan caos sambal., biar baunya tidak amis makanya kalau makan dengan menggunakan sambal. Selain bisa di makan mentah udang ini juga bisa di bakar. Warna udang kipas yang sudah di bakar warnanya berubah menjadi merah,ini adalah pertanda bahwa udang ini mempunyai banyak kandungan protein. Udang kipas termasuk hewan karnivora. Dia suka memakan udang-udang kecil, ikan-ikan kecil, kerang-kerang kecil atau hewan-hewan kecil yang hidup di dasar perairan.Ada dua bagian udang kipas yang berfungsi sebagai antenna untuk mendeteksi adanya mangsa salah satunya yaitu mata. Yang paling khas dan special dari udang kipas adalah matanya karena terletak di samping badannya. Ada beberapa perbedaan dari udang kipas jantan dan betina salah satunya, udang kipas jantan warnanya gelap sedangkan udang kipas betina mempunyai telur dan warnanya merah cerah. Udang kipas juga bisa berjalan dan berenang. Udang kipas kalau kita lihat dari komposisinya dia sangat banyak mengandung vitamin, mineral dan protein. Dari 100 gram udang kipas mengandung 20,3 gram protein. Udang kipas juga banyak mengandung vitamin yaitu vitamin D, B12, A, C, B. Selain itu udang kipas mengandung mineral seperti mineral selenium dan kalsium. Yang sangat penting adalah selenium karena berfungsi sebagai antibody. Sedangkan kalau kalsium untuk pembentukan tulang. Oleh karena itu udang kipas bisa membuat badan tumbuh tinggi. Udang kipas mentah atau di bakar sama lezatnya. Udang kipas lebih baik mentah asalkan bersih, boleh di rebus tapi jangan terlalu lama karena proteinnya akan hilang.



3. PENDAPAT
Menurut saya Udang Kipas memang baik untuk di konsumsi karena selain banyak kandungan mineralnya dan juga banyak protein, udang ini juga bisa membuet badan kita menjadi cepat tinggi.Dan saya pun percaya kalau udang kipas bisa membuat badan kita cepat tinggi.Dan kalau menurut saya udang kipas itu di masak dulu karena menurut saya kalau sudah di masak lebih terjamin kebersihannya.





INDIKATOR :

1. Tulislah pokok-pokok informasi !
2. Buat kesimpulan dari informasi !
3. Apa pendapat anda tentang informasi tersebut !



DARAH HARAM DIMAKAN

1. Pokok-pokok informasi

» Darah dimakan haram terdapat pada al-qur’an.
» Pemotongan hewan di bandung dilakukan pada sore dan malam hari.
» Darah sapi yang akan diolah menjadi makanan manusia padahal darahnya tidak higenis/kotor
» Cara pembuatan marus
» Masalah bisa dikonsumsi atau tidak tergantung keyakinan.
» Darah haram dimakan dijelaskan melalui penjelasan ilmiah.
» Walaupun darah sudah direbus juga tidak bisa membunuh semua bakteri.
» Dampak dan penyakit akibat mengkonsumsi darah.
» Darah tidak aman dikonsumsi karena mengandung banyak bakteri.
» Ada 2 pendekatan kenapa darah dilarang.
» Gulai daging adalah salah satu masakan yang menggunakan darah.
» Darah juga dimakan mentah seperti darah cobra
» Manfaat jika ternak diberi darah.
» Cara penbuatan tepung darah
» Tepung darah sapi hanya diberikan pada ikan dan unggas.
» Jika dalam keadaan darurat baru boleh mengkonsumsi darah.
» Darah bermanfaat untuk hewan bukan manusia.

2. Kesimpulan informasi

Darah dimakan haram terdapat pada al-qur’an surat Al-maidah ayat 3 :
“ Diharamkan bagimu ( memakan ) bangkai, darah daging babi ( daging hewan )yang disembelih atas nama selain Allah yang dicekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat disembelih.
Cara pembuatan marus :
1. Darah yang masih segar dan air dicampur jadi satu dan diaduk.
2. Kemudian diberi garam agar darahnya beku.
3. Dan yang terakhir direbus.
Masalah bisa dikonsumsi/tidak tergantung pada keyakinan, kalau dalam agama islam dalam surat Al-baqarah : 173 yang artinya :
“ Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai,darah, daging babi dan binatang yang ( ketika disembelih ) disebut ( nama ) selain Allah”
Penjelasan ilmiahnya karena darah merupakan tempat yang subur untuk pertumbuhan mikroba misalnya bakteri walaupun tinggi protein. Walaupun darah sudah direbus juga tidak bisa membunuh semua bakteri. Dampak dan penyakit yang timbul akibat mengkonsumsi darah, Bakteri Ecterecia colli dapat menyebabkan mual, muntah dan demam. Bakteri Prucella menimbulkan penyakit brucellosis, brucellosis abortus dan brucellosis melikentis. Dinamakan genosis kalau sudah terkena manusia diantaranya menyebabkan keguguran. Bakteri stepoflokus yang membuat orang keracunan dan muntaber. Darah tidak aman dikonsumsi karena mengandung banyak bakteri. Ada 2 pendekatan kenapa darah dilarang :
1. Sikap taslim yaitu sikap menerima apa saja yang ada, melaksanakan apa yang diperintah oleh Aallh dan menjauhi apa yang dilarang.
2. Alasan cari hikmah, darah menyimpan banyak sumber penyakit dan secara medis dinyatakan sesuatu yang kotor.
Salah satu makanan yang bahannya terbuat dari darah adalah sasang semacam gulai daging menggunakan kuah dari darah. Darah juga dimakan mentah seperti darah cobra yang dipercaya meningkatkan fitalitas. Manfaat jika ternak diberi darah, darah mengandung protein yang tinggi untuk pertumbuhan tapi pemberiannya dibatasi.
Cara membuat tepung darah :
1. Darah segar yang sudah direbus terus disaring dan digiling
2. Dikeringkan dan jadilah tepung darah.
Tepung darah sapi hanya diberikan pada ikan dan unggas. Jika dalam keadaan darurat baru boleh mengkonsumsi darah. Darah bermanfaat untuk hewan bukan manusia.

3. Pendapat

Menurut saya marus adalah makanan yang berbahaya utuk dikonsumsi manusia karena mengandung banyak bakteri, walaupun darah itu direbus sekalipun. Hal itu sudah dinyatakan secara medis dan sudah diteliti oleh ahlinya. Darah haram dikonsumsi oleh manusia selain karena mengandung bakteri yang berbahaya, darah haram dikonsumsi juga dijelaskan dalam al-qur’an. Oleh karena itu jangan sekali-kali mengkonsumsi darah/marus.
Menurut saya masyarakat perlu disosialisasikan tentang pembuatan tepung darah karena dapat bermanfaat bagi unggas maupun ikan.














KOMPETENSI DASAR 12.1.1

INDIKATOR :

1. Tulislah pokok-pokok berita !
2. Buat rangkuman dari berita tersebut !
3. Apa pendapat anda tentang berita tersebut !




REKAYASA DALAM KASUS BIBIT SAMAT DAN CANDRA HAMZAH

1. Pokok-pokok berita

» Perkembangan kasus yang terkait dengan bibit samat dan candra hamzah.
» KPK pernah melakukun penyelidikan terhadap kasus ini.
» Yang merekayasa adalah orang-orang penting.
» Jangan sederhanakan persoalan dan selalu memandangnya sebagai problem sistematik.
» Kewajiban dan tanggung jawab pemerintah.
» UU tidak dapat lahir sempurna dan seburuk apapun UU kalau hakim dan jaksanya berani,jujur dan adil maka tidak pernah ada persoalan yang seburuk apapun untuk ditetapkan untuk mendapat keputusan yang baik,
» Salah satu cara mengharmoniskan ke-3 lembaga.
» Semua sisik system penegakan hukum itu sama bahwa peran dan tugasnya itu diatur dalam UU.
» Masalah mafia peradilan juga dilakukan oleh non-professionality dan menjadi bahaya,artinya dilakukan semua pihak,
» Tentang penistaan kepada jaksa dan polisi bukan oleh KPK tapi oleh orang-orang yang ikut-ikutan tapi tidak tahu persoalan.
» Apapun yang terjadi sekarang tidak dapat dihindarkan karena kita pada era keterbukaan dan reformasi pada era globalisasi.
» Harapan pada dugaan rekayasa ini ada polo’a dalam bentuk proses penegakan hukum.

2. Rangkuman berita
Perkembangan kasus yang terkait dengan apakah mereka masuk kedalam 5 tahun disebabkan karena ada rekayasa yang sistematik yang dilakukan oleh sejumlah pihak.
KPK pernah melakukun penyelidikan terhadap kasus yang berhubungan dengan SKRT ada beberapa dokemen-dokumen yang berhubungan dengan rekaman yang dimaksud ada pada KPK sampai saat ini.
Yang merekayasa adalah orang-orang penting dalam lembaga-lembaga pemerintahan,penegak hukum. Kasus ini sebenarnya kriminalisasi, dilihat pada pasal 32 ayat 1 huruf c. Dan yang melaksanakan itu adalah pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang merasa mungkin selama ini KPK “dianggap membahayakan bagi kepentingan-kepentingan tersebut. Maka kepentingan-kepentingan yang saling berkaitan ini seperti investibel hand saling berpautan. Yang jelas kita akan menggunakan forum yang tepat untuk mengungkapkan semuanya secara jelas.
Jangan sederhanakan persoalan dan selalu memandangnya sebagai problem sistematik yang harus kita selesaikan daripada kepentingan pribadi atau orang-orang tertentu. Yang penting adalah bagaimana kemudian korupsi dituntaskan, kalau ada benturan atas lembaga seperti ini susah kalau mau berfikir bahwa korupsi bisa dituntaskan dengan seksama.
Kewajiban dan tanggung jawab pemerintah adalah meningkatkan kualitas hidup rakyat, kemudian mensejahterahkan rakyat. Sedangkan musuh pertama pemerintah adalah korupsi.
UU tidak dapat lahir sempurna dan seburuk apapun UU kalau hakim dan jaksanya berani,jujur dan adil maka tidak pernah ada persoalan yang seburuk apapun untuk ditetapkan untuk mendapat keputusan yang baik, Jadi konsentrasi orang adalah pada orang bagaimana melakukan kewajibannya termasuk rakyat obit the law atau mentaati semua UU.
Salah satu cara mengharmoniskan ke-3 lembaga adalah kita biarkan dulu melalui proses proyustise yang ada,biarkan proses berjalan dengan asumsi dan kita lihat peran fakta bisa menuju kearah bukti pembunuhan unsur dalam dugaan tindak pidana. Persoalan ini adalah konflik bahwa azas kesamaan hukum dalam penerapan hukum itu sama.
Semua sisik system penegakan hukum itu sama bahwa peran dan tugasnya itu diatur dalam UU. UU mengadili dan ke-3 lembaga itu punya aturan UU dan masyarakat yang adil dan sejahtera.
Masalah mafia peradilan juga dilakukan oleh non-professionality dan menjadi bahaya,artinya dilakukan semua pihak,
Tentang penistaan kepada jaksa dan polisi bukan oleh KPK tapi oleh orang-orang yang ikut-ikutan tapi tidak tahu persoalan. Jadi polisi dan jaksa perlu dilindungi kehormatan, profesinya itu perlu dilindungi hak dan kewenangannya.
Apapun yang terjadi sekarang tidak dapat dihindarkan karena kita pada era keterbukaan dan reformasi pada era globalisasi, jadi apa yang terugkap memang nyarinya betul. Tapi yang penting adalah komitmen kita pada pemberantasan korupsi, oleh Karena itu apa yang sudah terbuka selesaikan tuntas sehingga kebenaran itu terbuka. Dan para pemimpin harus mengarahkan persoalan ini sampai titik yang lebih jelas.
Harapan pada dugaan rekayasa ini ada polo’a dalam bentuk proses penegakan hukum bukan sekedar menyatakan lembaga ini dinistakan ,justru yang diinginkan kepolisian,kejaksaan,pengadilan menjadi bersih sehingga proses penegakan hukum dinegara ini menjadi bersih pula dan inilah momentum yang tepat dalam kasus ini.


3. Pendapat
Menurut saya kasus ini adalah kasus yang penting karena selain kasus ini merugikan lembaga-lembaga disekitarnya seperti kejaksaan, kepolisian, dan KPK itu sendiri tapi juga merugikan semua pihak seperti masyarakat.
Menurut saya penanganan dalam kasus ini sanga-sangat kurang contohnya kejaksaan dan hakim, kejaksaan dan hakim penanganan pada kasus ini sangat kurang dan menurut saya sebaiknya kejaksaan harus lebih berani, jujur dan adil dalam menengani kasus ini maka dalam kasus ini maupun kasus-kasus yang lain tidak pernah ada persoalan yang seburuk apapun untuk ditetapkan untuk mendapat keputusan yang baik. contoh yang lain seperti pemerintahan, sebenarnya pemerintah mempunyai kewajiban dan tanggung jawab pemerintah adalah meningkatkan kualitas hidup rakyat, kemudian mensejahterahkan rakyat. Tapi pemerintah kurang memperhatikan kasus ini sehingga kasus ini tidak akan selesai-selesai.
Harapan saya pada kasus ini adalah adanya kerja sama semua pihak sehingga kasus ini tidak akan berbelit-belit tapi akan cepat selesai, adanya komitmen semua pihak pada pemberantasan korupsi, dan seharusnya ada pengarahan persoalan ini menuju ke titik penyelesaian terhadap kasus ini dari pihak-pihak yang mempunyai kepentingan dan campur tangan dalam kasus ini dan pihak yang paling penting adalah lembaga-lembaga yang sekarang ini masuk kedalam masalah ini.







INDIKATOR :
1. 11.9.2.1 mengajukan pertanyaan.
2. 11.9.2.2 menaggapi pembicaraan dalam bentuk kritikan/dukungan.
3. 11.9.2.3 menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan.



JANJI WAKIL RAKYAT

1. 11.9.2.1 mengajukan pertanyaan

1. Bagaimanakah cara pak SBY unutuk meyakinkan rakyat bahwa tindakannya itu sudah tepat?
2. Mengapa presiden tidak memilih calon KAPOLRI yg sudah dipilih oleh MPR?
3. Bagaimana cara mengatasi sengketa pemilihan KAPOLRI?
4. Apa perbedaan kriteria KAPOLRI antara presiden dan masyarakat?
5. Berapakah calon kandidat kepala Kepolisian?
6. Mengapa Presiden SBY lebih memilih Pak Timur Pradopo sebagai KAPOLRI daripada yang lainnya?
7. Bagaiman keputusan DPR dengan terpilihnya Pak Timur Pradopo sebagai KAPOLRI?
8. Mengapa presiden lebih memilih Komjen Timur P. dan bukan pilihan dari Kapolri Bambang H. D.?
9. Apakah Komjen Timur P. telah memenuhi persyaratan untuk menjadi kapolri?
10. Mengapa presiden langsung saja memilih Komjen Timur P. tanpa berunding terlebih dulu dengan Kapolri Bambang H. D.?

2. 11.9.2.2 menaggapi pembicaraan dalam bentuk kritikan/dukungan

» Pengangkatan tersebut mengherankan semua publik. Benar-benar kabar yang mengejutkan. Karena seharusnyakan yang diangkat menjadi kapolri itu yang termasuk dalam calon kandidat.
» Mana mungkin itu semua bisa terjadi pemilihan kapolri lebih heboh daripada pemilihan panglima TNI. Bahkan anggota DPR juga ikut tercenggang.
» Mempunyai sifat independen dan tetap menerima siapa saja angotanya yang ditunjuk menjadi kapolri dan tidak ada rasa iri hati antara sesamanya.
» Seharusnya presiden tidak asal dalam menentukan pengganti kapolri tanpa berunding dengan kapolri saat itu.
» Saya kurang setuju jika dalam pemilihan Kapolri hanya melibatkan kepentingan presiden yang merupakan kepentingan politik.
» Menurut saya, seharusnya kapolri dipilih dengan menggunakan kriteria yang telah ditentukan daripada bingung kriteria dari presiden atau masyarakat yang digunakan.
» Sebaiknya dilihat dulu dari pengalaman yang dimiliki oleh Komjen Timur P. selama menjadi polisi, apakah dia sudah pantas untuk menajdi kapolri mengantikan Kapolri Bambang H. D. untuk menghindari pro-kontra lebih lanjut.

3. 11.9.2.3 menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan.

 Seharusnya pangangkatan tersebut harus mengikut sertakan public agar dapat menilai secara langsung karena itu semua akan menjadikan sebuath pertanyaan dalam masyarakat. Paling tidak mempertimbangkan opini publik dulu.
 Karena yang ditunjuk menjai kapolri bukanlah termasuk dari salah satu kandidat yang mana terdapat 3 kandidat untuk pengangkatan kombes menjadi kapolri.
 Karena pangkat panglima TNI lebih tinggi daripada pangkat kapolri. Sehingga tidak memungkinkan jika pemilihan kapolri sangat heboh daripada pemilihan panglima TNI sampai-sampai kehebohan ini tidak hanya terjadi dimasyarakat saja melainkan dianggota DPR.
 Karena kepolisian merupakan salah satu lembaga yang menjadi panutan bagi masyarakat. Salah satu lembaga penegak hukum .
 Presiden harus berunding dengan Kapolri Bambang H. D. mengenai pengganti kapolri karena kapolri tidak hanya akan melayani presiden tetapi juga pihak-pihak lain.
 Saya tidak setuju jika presiden melibatkan kepentingannya sendiri yang merupakan kepentingan politik dalam memilih pengganti kapolri saat itu karena masyarakat pun banyak juga yang tidak mengerti mengenai politik.
 Kriteria yang telah ditentukan jauh sebelumnya jauh lebih baik dan dapat menjadi jalan tengah dari kriteria dari presiden atau masyarakat.

















Kompetensi Dasar : 11.1.2.
INDIKATOR :
1. Pokok-pokok isi sambutan.
2. Isi sambutan.
3. Pendapat.


PIDATO BU CICIK

1. Pokok-pokok isi sambutan
 Bagi siapa saja yang merasa pernah mendzolimi seseorang yang kita kenal sebaiknya kita meminta maaf kepada seseorang yang kita dzolimi tersebut sebelum hari kiamat tiba.
 Saya maupun kita semua sebagai orang atau kaum muslimin wajib menyapa kepada sesame mat mansia. Dan tidak hanya kepada kam mslim saja tapi sema orang.
 Ada tiga perkara atau hal yang harus di kerjakan oleh semua atau setiap umat manusia.
 Kaum muslimin harus saling silaturahmi kepada sesama umat manusia dan jika bertemu kita harus saling menyapa.
 Kita sebagai umat islam harus menjalankan 3 perkara yang sudah ditentukan oleh agama kita.
 Jika ada orang yang meminta maaf kepada kita, maka kita harus memaafkannya. Meski orang itu yang pernah berbuat salah kepada kita, yang pernah membuat hati kita jengkel, kita harus memaafkannya.
 Kita harus berbuat baik dan saling menyapa terhadap sesama muslim maupun orang yang beragama selain islam.
 Kita sebagai umat manusia dan sebagai orang muslimin kita wajib bersyukur kepada Allah YME karena nanti pada akhirnya akan kembali kepada-Nya.

2. Rangkuman
Bagi siapa saja yang merasa pernah mendzolimi seseorang yang kita kenal sebaiknya kita meminta maaf kepada seseorang yang kita dzolimi tersebut sebelum hari kiamat tiba. Karena setiap orang itu wajib memaafkan setiap orang yang berbuat salah kepada kita maupun kita yang salah, sekalipun itu adalah orang yang paling kita benci. Walapun orang yang kita mintai maaf tidak memberikan maafnya kita harus tetap meminta maaf.
Saya maupun kita semua sebagai orang atau kaum muslimin wajib menyapa kepada sesama umat manusia. Dan tidak hanya kepada kaum muslim saja tapi semua orang. Khususnya ketika kita sedang berpapasan dengan sesama umat manusia dijalan harus menyapanya. Walapun kita tidak mengenal orang tersebut kita tetap harus menyapanya. Tapi jika kita sedang terburu-buru mapun sedang naik kendaraan minimal kita harus senyum.
Ada tiga perkara atau hal yang harus di kerjakan oleh semua atau setiap umat manusia :
1. Barang siapa yang mengerjakannya niscaya mereka akan masuk surga. Itu adalah janji Allah kepada kita. Semua umat muslim diwajibkan untuk selalu menyambung atau menjalin tali silaturahmi antar umat manusia baik kepada orang muslim ataupun orang yang bukan muslim.
2. Barang siapa yang merasa pernah berbuat salah kepada orang, maka kamu cepatlah meminta maaf kepadanya. sebelum hari akhir atau kiamat datang karena meminta maaf atas perbuatan kita hukumnya wajib. Sebelum dosa kita itu nantinya di hisab di hari akhir dan kita menyesal nantinya, atau setelah hari akhir sudah datang.
3. Kita harus selalu bersyukur kepada allah SWT atas segala nikmat yang sudah diberikan kepada kita. Misalnya kita sudah di kasih mata dan mata itu bisa digunakan untuk melihat seharusnya kita bersyukur atas nikmat yang sudah diberikan itu. Kita harus bersyukur dengan apa yang telah diberikan kepada kita, meskipun kita terlahirkan pada keluarga yang miskin, kita harus tetap bersyukur karena dibalik semua itu pasti ada hikmahnya. Memberi kepada orang yang tidak pernah memberi kita,Itu adalah perbuatan yang mulia dan insyaallah Allah akan memberi balasan yang berlipat ganda atas perbuatan kita yang sudah membantu orang lain. Tapi kalau membari haruslah dengan hati yanng iklas. Kalau kita membari sesuatu itu jangan mengharapkan imbalan dan tanpa pamrih, dan haruslah dengan hati yang ikhlas.

3. Pendapat
Saya sangat setuju dengan apa yang disampaikan oleh bu cicik bahwa beli sangat mewajibkan setiap muslimin dan seluruh umat mansia agar meminta maaf kepada seseorang yang kita dzolimi tersebut sebelum hari kiamat tiba. Karena setiap orang itu wajib memaafkan setiap orang yang berbuat salah kepada kita maupun kita yang salah, sekalipun itu adalah orang yang paling kita benci. Walapun orang yang kita mintai maaf tidak memberikan maafnya kita harus tetap meminta maaf. Dan beliau juga berkata bahwa kita semua sebagai orang atau kaum muslimin wajib menyapa kepada sesama umat manusia. Dan tidak hanya kepada kaum muslim saja tapi semua orang. Khususnya ketika kita sedang berpapasan dengan sesama umat manusia dijalan harus menyapanya. Walapun kita tidak mengenal orang tersebut kita tetap harus menyapanya. Tapi jika kita sedang terburu-buru mapun sedang naik kendaraan minimal kita harus senyum. Menurut saya kita semua memang harus melakukan apa yang dicapkan oleh bu cicik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar