Sabtu, 11 Desember 2010

ISLAILATUL CHASANAH_23

TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

NAMA : ISLAILATUL CHASANAH
KELAS ; X-1
NO ABSENT : 23



ACARA : BENTROK MAKASSAR

INDIKATOR :
1. Buat pertanyaan dan jawaban.
2. Menulis pokok-pokok berita
3. Menyatakan persetujuan dan tidak setuju, beserta alasannya

 Berita 1
1. Pertanyaan dan jawaban
 Mengapa tawuran antar mahasiswa di Unm ( Universitas Negeri Makassar ) dapat terjadi ??? apakah pihak kampus maupun pihak kepolisian tidak mengetahui indikasi terjadinya tawuran tersebut??
 Karena pihak kampus kurang mengetahui, karena berkurangnya sosialisasi antara pihak kampus dengan mahasiswa. Sehingga penyebab terjadinya tawuran tersebut tidak diketahui pasti. Sedangkan kepolisian kurang menanggapi terhadap masalah-masalah yang terjadi sehingga polisi terlambat untuk menghentikan aksi tawuran tersebut.
2. Pokok – pokok berita
Bentrokan antar mahasiswa terjadi rabu pagi di Unm (universitas negeri makassar) Sulawesi Selatan. Bentrok terjadi antar mahasiswa fakultas bahasa dan sastra dengan fakultas tehnik. Para mahasiswa saling menyerang dengan membawa batu, kayu, bahkan ada yang membawa senjata tajam dan senjata api. Penyebab tawuran tidak diketahui pasti. Akibatnya, beberapa diantara mereka luka-luka dan jalan dipenuhi dengan batu, kayu, bahkan kaca jendela kampus pecah karena terkena lemparan batu dan kayu.
3. Menyatakan persetujuan/tidak setuju
Saya sangat tidak setuju karena peristiwa itu tidak sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. Mereka dalah mahasiswa yang seharusnya menjadi penerus generasi bangsa yang berjiwa nasional dan patriotisme. Dengan mereka melakukan tawuran, sama sajadengan mereka mengotori bangsa Indonesia karena tindakan mereka tidak sesuai dengan Pancasila dan UUD1945

 Berita 2
1. Pertanyaan dan jawaban
 Mengapa pengunjuk rasa menuduh bahwa Sri Mulyani dan Boediono sebagai orang yang terkait dalam penguv\curan dana bank Century ???
 Karena menurut rakyat/pengunjuk rasa keduanya adalah orang penting dalam keuangan Negara, yaitu Sri mulyani sebagai Menteri Keuangan dan Boediiono sebagai mantan Gubernur Bank Indonesia.
2. Pokok-pokok nerita
Unjuk rasa terjadi di Jakarta, para pengunjuk rasa gugat bantuan Bank Century yang sebesar 6,7 triliyun. Dan para pengunjuk rasa menuduh Menteri Keuangan (Sri Mulyani) dan mantan Gubernur Bank Indionesia (Boediono)yang terlibat dalam penggelapan modal tersebut.
3.Menyatakan persetujuan/tidak setuju
Saya setuju dengan aksi pengunjuk rasa/rakyat karena dengan demikian mereka mengeluarkan pendapat secara lisan di muka umum. Tapi dalam unjuk rasa tersebut harus didasari dengan alas an yang logis dan dapat dipertanggung jawabkan.

 Berita 3
1. Pertanyaan dan jawaban
 Mengapa sidang kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen ditunda minggu depan ??
 Karena dalam sidang tersebut bukti-bukti terdakwa dan saksi-saksinya belum juga diajukan atau belum dipenuhi.
2. Pokok-pokok berita
Pengadilan pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen kemarin dilanjutkan di Tangerang, Banten. Pengadilan tersebut dilaksanakan dengan agenda atas nota keberatan terdakwa. Dan pengadilan tersebut ditunda minggu depan dengan agenda menghadirkan saksi-saksi.

 Berita 4
1. Pertanyaan dan jawaban
 Siapa tersangka pencemaran nama baik???
 Usman Hamid
2. Pokok-pokok berita
Usman Hamid yaitu tersangka pencemaran nama baik, dating untuk memenuhi panggilan polisi.

 Berita 5
1. Pertanyaan dan jawaban
 Mengapa para menteri mengundurkan diri dari cabinet Kementrian???
 Karena para menteri tersebut ingin menduduki jabatan di kursi legislative, yaitu di DPR(Dewan Perwakilan Rakyat)
2. Pokok-pokok berita
Jero Wacik beserta 3 mentri lainnya mengundurkan diri dari cabinet kementrian dengan alas an sama, yaitu ingin pindah jabatan ke badan legislative yaitu di DPR.
3. Menyatakan persetujuan/tidak setuju
Saya tidak setuju dengan tindakan para menteri tersebut karena mereka mengabdi Negara bukan karena semata-mata cinta kepada tanah air, tapi karena ingin mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi dari kedudukan yang sebelumnya.



TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
NAMA ; ISLAILATUL CHASANAH
KELAS : X- 1
NO ABSENT : 23


Acara : Rahasia Sunnah
Pesenter : Puput melati

Indikator:
1. Menulis pokok-pokok informasi
2. Menulis rangkuman informasi
3. Menyatakan persetujuan/tidak setuju

1. Pokok-pokok
 Pada saat bulan Ramadhan, Puput Melati berjalan-jalan ke pasar Condet.
 Dipasar Condet itu, banyak tersedia jajanan Timur Tengah, khususnya dari Arab. Dan dipasar Condet tersebut menjadi pusat oleh-oleh dari tanah suci.
 Pada saat Puput berada di sebuah kios, ia tertarik dengan hena yaitu pacar cina
 Hena atau inai tersebut terbuat dari tumbuhan semak
 Hena biasa dipakai oleh para pengantin yaitu dengan cara mengukir tagan dan kaki dengan hena.
 Simbol kehormatan bagi suami ialah didandani bak ratu yang cantik, salah satunya dengan memakai hena.
 Hena yg biasa di jual adalah hena yg berbentuk bubuk atau pasta.
 Dr.Lili Legiawati berpendapat bahwa hena yg 100% alami, ialah hena herbal yg alami dr tumbuhan.
 Efek dari hena sangat bermanfaat bagi manusia, selain baik untuk kulit dan bisa bergaya hena juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti sakit kepala dan kaki tetapi atas izin allah/.

2. Rangkuman
Pada saat bulan Ramadhan, Puput Melati berjalan-jalan ke pasar Condet. Meskipun cuacanya sangat panas, tapi tidak bias menggoda puasa Puput Melati. Dipasar Condet itu, banyak tersedia jajanan Timur Tengah, khususnya dari Arab. Dan dipasar Condet tersebut menjadi pusat oleh-oleh dari tanah suci. Barang-barang khas Arab pun tersedia disana, misalnya parfum, makanan, hena (khas muslim), parfum melati dll.
Pada saat Puput berada di sebuah kios, ia tertarik dengan hena yaitu hena buat hiasan di kuku dan di tangan. Hena, yang sering disebut dengan pacar cina itu sering digunakan oleh wanita Arab sejak zaman rasul, dan katanya bias digunakan untuk berhias.
Hena atau inai tersebut terbuat dari tumbuhan semak, daunnya biasa dipakai untuk pemerah kuku. Semua tumbuhan semak tersebut bias dimanfaatkan, mulai dari kulit batang, bunga, akar dan daunnya.
Hena biasa dipakai oleh para pengantin yaitu dengan cara mengukir tagan dan kaki dengan hena. Simbol kehormatan bagi suami ialah didandani bak ratu yang cantik, salah satunya dengan memakai hena. Banyak wanita cukup tertarik dengan hena karena untuk menyenangkan suami masing-masing. Rasulullah bersabda : Sebaik-baik manfaat yang diperoleh seseorang muslim setelah agama yakni perempuan yg cantik,yaitu : yg membuatnya senang jika dipandang,menurutinya jika diperintah dan menjaga harta dan dirinya jika di tinggal pergi suami.
Hena yg alami ialah yg berwarna merah, sehingga daya tahan tidak terlalu lama.dan hena ada yg hitam tetapi apabila digunakan pada kulit sensitive, bisa menimbulkan alergi.hena yg popular adalah hena modern yg hitam dgn desain Arabian yg simple (life style). Hena yg biasa di jual adalah hena yg berbentuk bubuk atau pasta.
Ada sebuah salon hena yg digunakan untuk warna rambut. Dan sebagian orang mengatakan Bahwa efek dr hena ialah bisa untuk sholat, adem di kepala dan juga nyaman dan masih bisa bergaya.
Hena aman dipakai untuk tubuh agr semua yakin puput janji ngobrol dengan dokter, yaitu Dr.Lili Legiawati. Dokter tersebut berpendapat bahwa hena yg 100% alami, ialah hena herbal yg alami dr tumbuhan. Dan seiring dengan perkembangan zaman, warna hena asli hanya merah orange, coklat, sedangkan warna lain tidak bisa karena banyak mengandung bahan sintesis dan kimia.efek mendinginkan pd hena ternyata dipengaruhi oleh daun hena yg digunakan sebagai warna kulit, bunga hena juga baik untuk kulit.
Hena tidak sama dengan tinta tattoo karena tattoo akan menyerap kulit sehingga pigmen kita akan dimakan oleh sel makrova (sel pemakan pigmen). Hena juga berbeda dgn cat kuku karena cat kuku tebal sehingga tidak dpt menembus air.dan banyak hadis mengatakan hena bisa untuk menyembuhkan penyakit, diantaranya yaitu hadis yg diriwayatkan oleh ibnu majah : saat nabi sakit kepala, kepalanya di bungkus dgn hena dan berkata hena akn menyembuhkan sakit kepala atas ijin Allah. Dan Imam bukhori meriwayatkan bahwa memerintahkan apabila kakimu sakit bubuhilah dgn inai atau hina maka sakitnya akan hilang ats ijin Allah.

3. Pendapat
Sangat tertarik dengan hena apabila mengetahui fungsi dari hena tersebut, selain di anjurkan oleh rasul juga dapat menyenangkan suami apabila sudah menikah. Hena juga aman untuk kulit dan juga bisa digunakan untuk shalat.
















TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA


KOMPETENSI DASAR 12.1.2
Mengomentari laporan lisan dengan kritik dan saran

INDIKATOR
Tulis pokok – pokok laporan
rangkuman laporan
Tulis pendapat kalian masing – masing


NAMA : ISLAILATUL CHASANAH
NO. ABSENT :23
KELAS : X-1

KOSMETIK, OBAT DAN JAMU BERBAHAYA

1.
POKOK – POKOK BERITA
Pada acara “JEAN PANTAU” dilakukan penyelidikan tentang kosmetik, obat dan jamu berbahaya.
Dijumpai di beberapa kios, banyak terdapat produk kosmetik, obat dan jamu yang ilegal.
Produk kosmetik,obat dan jamu tersebut dikatakan ilegal karena di dalam kemasannya tidak ada kode no registrasi dari BADAN POM.
Selain tidak no registrasi, produk tersebut juga tidak menampilkan komposisi dari produk tersebut didalam kemasannya.
Produk kosmetik, obat dan jamu yang ilegal tersebut juga cenderung harganya mahal padahal didalamnya banyak terdapat kandungan yang berbahaya, diantaranya ialah mercuri.
Kebanyakan masyarakat memilih untuk membeli dan mengkonsumsi saja. Tapi masyarakat tidak memperhatikan kandungan didalam produk kosmetik, obat dan jamu tersebut.
2. Rangkuman
Pada sebuah acara “JEAN PANTAU” dilakukan penyelidikan tentang produk kosmetik, obat dan jamu yang kandungan didalamnya berbahaya. Selain kandungannya berbahaya, kosmetik, obat dan jamu tersebut masih ilegal.
Disebuah kios, dijumpai produk – produk kosmetik yang ilegal dan berbahaya. Contoh dari produk kosmetik tersebut ialah bedak, sabun mandi, body wash, facial, parfum, dll. Didalam produk kosmetik tersebut banyak yang mengandung mercuri yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu produk kosmetik tersebut juga tidak mencantumkan kode no registrasi, sehingga dengan demikian produk tersebut juga termasuk ilegal karena tidak ada izin edar dari BADAN POM. Selain tidak mencantumkan kode no registrasi, produk tersebut juga tidak mencantumkan komposisi dari bahan kosmetik tersebut, serta harganya juga relatif mahal.Dan setelah melakukan beberapa penelitian, ternyata produk kosmeti tersebut mengandung mercuri yang dapat merusak tubuh.
Dan masyarakat lebih memilih produk kosmetik yang apabila di konsumsinya, efeknya baik untuk tubuh mereka saja, tetapi masyarakat tidak mementingkan kandungan aktif yang berbahaya yang ada dalam produk kosmetik kosmetik tersebut.
Selain melakukan penyelidikan di kios – kios penjual kosmetik, “JEAN PANTAU” juga melakukan penyelidikan di beberapa toko penjual obat – obatan. Dari penyelidikan tersebut ternyata dijumpai beberapa toko yang tidak mempunyai izin untuk menjual obat. Selain itu toko obat tersebut juga menjual obat – obat kertas, padahal menurut Bpk. Sudiyanto ( Kepala Badan POM ) obat keras tidak boleh diperjual belikan secara bebas dikalangan umum.Para penjual obat merasa kalau mereka sudah memilih dan memilah barang dagangannya termasuk obat – obatan sebelum dijual dan diterima oleh konsumen. Tetapi meskipun sudah memilih masih banyak dijumpai obat yang tidak ada lebel produksinya dan didalamnya ada kandungan aktif yang berbahaya bagi tubuh.
Setelah melakukan penyelidikan di toko obat, “ JEAN PANTAU “ melanjutkan penyelidikannya di sebuah toko penjual jamu. Sama halnya dengan produk kosmetik dan obat, jamu juga banyak yang ilegal karena didalam kemasannya tidak mencantumkan kode np registrasi dari BADAN POM. Dan juga jamu lebih banyak tidak memperhatikan komposisi dan takaran dari jamu tersebut . Jamu harus mengandung bahan alami dan tidak boleh dicampur dengan bahan kimia, tetapi banyak jamu kenyataannya banyak jamu yang beredar mengandung bahan kimia. Lebih banyak masyarakat hanya memilih untuk membeli dan mengkonsumsi jamu saja, tapi tidak memperhatikan kandungan dari jamu tersebut.

3. PENDAPAT SAYA
tidak setuju dengan perilaku para penjual kosmetik, jamu dan obat, karena dengan mereka menjual produk lokal yang ilegal sama saja mereka melukai INDONESIA, yaitu dengan memberikan produk palsu atau ilegal ke masyarakat yang dampaknya dapat mempertaruhkan nyawa masyarakat INDONESIA.
Sebaiknya pemerintah melakukan razia ke setiap toko di seluruh INDONESIA, yaitu dapat melalui pemerintah tiap-tiap daerah. Razia tersebut untuk menarik produk-produk ilegal dan yang mengandung kandungan berbahaya bagi tubuh masyarakat Indonesia. Dan razia tersebut setidaknya dilakukan setiap 1minggu sekali.
Sebaiknya pemerintah menangkap, memenjarakan, dan memberikan denda dan sanksi kepada para oknum-oknum yang terlibat dalam peredaran produk kosmetik,obat dan jamu yang ilegal, bahkan juga memberlakukan undang-undang tentang peredaran produk yang ilegal secara tegas, agar oknum-oknum tersebut tidak mengedarkan produk ilegal lagi.














TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

NAMA : ISLAILATUL CHASANAH
KELAS : X-1
NO. ABSENT : 23




Acara : Debat
KD 12.9.1

Tema : pro kontra RUU rahasia negara
1. POKOK-POKOK DEBAT
Ø Aliansi masyarakat menolak razim kerahasiaan
Ø Korban utama apabila ada RUU rahasia negara ialah wartawan.
Ø Apabila pemerintah membuat undang-undang rahasia negara, maka pers atau wartawan tidak bisa mengakses kabar politik di negaranya.
Ø Tidak mungkin sebuah negara demokrasi selalu terbuka, pasti ada sebagian hal yang tertutup yang tidak diketahui pers atau publik.
Ø Ketika proses RUU Rahasia negara berlangsung publik harus memberi masukan kepada pemerintah.
Ø Dan apabila UU rahasia negara sudah diresmikan, maka publik juga harus ikut mengontrol berjalannya undang-undang rahasia negara
Ø Undang – undang rahasia negara berfungsi untuk melindungi masyarakat.
Ø Kesepakatan akhir, publik menyetujui negara mempunyai undang-undang rahasia negara.
Ø Publik juga menuntut agar undang – undang rahasia negara harus dilindungi agar tidak merugikan publik.

2. RANGKUMAN DEBAT
Tema : pro kontra RUU rahasia negara
Indonesia sedang gelisah, karena banyak terjadi aksi prokontra di berbagai daerah. Pro kontra tersebut mengenai program pemerintah yang mengajukan RUU rahasia negara seperti yang dimiliki oleh negara lain yang modern atau berkembang.
Apabila UU rahasia negara diresmikan, maka korban utamanya ialah wartawan. Karena wartawan merasa tidak bisa mengakses kabar politik di negaranya. Wartawan beraggapan kalau ada UU rahasia negara maka pemerintah dan semua pejabat negara yang ada dilamnya akan lebih luas dan leluasa untuk menentukan kehendak pribadinya tanpa ada campur tangan atau pengontrolan dari publik,masyarakat atau non-independent.dan juga bisa menguasai sesuatu hal yang berhubungan dengan negara lain tanpa meminta persetujuan dari publik. Publik juga beranggapan bahwa, kalau ada UU rahasia negara maka akan merugikan publik karena publik tidak bisa mengontrol semua kegiatan pemerintah,dan publik juga akan mengalami kekecewaan apabila UU rahasia negara sudah berjalan atau berlangsung.
Ketakutan pers adalah pers dan publik tidak bisa mngetahui korupsi dan selingkuh di seluruh kegiatan pemerintah.apabila waartawan mengakses tentang departemen lain selain departemen pertahanan, ketakutan wartawan ialah takut nanti dikira membocorkan rahasia negara apabila ada undang-undang rahasia negara. Dan menurut mereka yang berbahaya ialah pasal-pasal tentang rahasia negara karena sangat melindungi rahasia negara.
Salah satu seorang wakil pemerintah menanggapi ketakutan pers tersebut. Dan menurut beliau ialah yang masuk penjara ialah hakim yang membocorkan rahasia negara sedangkan pers (wartawan) bebas.Beliau juga beranggapan bahwatidak mungkin negara demokrasi selalu terbuka, pasti ada sebagian yang tertutup,seperti negara Amerika dan Perancis dan negara-negara lainnya.RUU rahasia negara hanya sedikit tapi lebih banyak yang bebas untuk diketahui oleh rakyat. Dan juga ada pasal-pasal yang digunakan untuk menuntut informasi politik dinegaranya.Dan ada 3 jenis rahasia negara,yaitu : informasi, benda dan aktifitas. Dan kalau selama ketiganya tidak mengganggu kedaulatan,itu bukanlah sebuah rahasia.dan ketika proses RUUrahasia negara berlangsung,maka publik juga harus ikut memberi masukan kepada pemerintah. Dan ketika UU rahasia negara sudah diresmikan atau sudah berlangsung, publik juga harus ikut mengontrol berjalannya undang-undang rahasia negara.Undang-undang rahsia negara berfungsi untuk merlindungi masyarakat. Dan apabila ada kesalahan yang tidak sesuai dengan UU rahasia negara, maka rakyat bisa mengontrol,pemerintah juga bisa mengontrol agar UU rahasia negara berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya.
Dan kesepakatan akhir ialah setuju dengan adanya undang-undang rahasia negara seperti dengan negara lain yang modern dan berkembang, tetapi harus dilindungi agar tidak merugikan ketentraman publik.

3. PENDAPAT
Apabila undang-undang rahasia negara memang penting untuk setiap negara dan fungsinya itu untuk kesejahteraan rakyat, maka sebaiknya pemerintah sebaiknya menjelaskan dan membuktikannya kepada masyarakat agar masyarakat tidak ragu dan tidak berprasangka buruk terhadap semua kegiatan pemerintah, Tentang pelaksanaan undang-undang rahsia negara tersebut. Dan masyarakat juga tidak semestinya selalu berpikiran negativ tentang aktifitas pemerintah, karena pada dasarnya keinginan pemerintah itu baik tentang semua peraturan negara termasuk undang-undang rahasia negara,tapi kenapa semua bentuk aktifitas pemerintah selalu diberitakan buruk dan jelek di berbagai infotainment atau media massa.



















TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

NAMA : ISLAILATUL CHASANAH
KELAS : X-1
NO ABSENT :23



Acara : Jelang siang
Lokasi : Kepulauan Riau
Presenter : Roro Ratieh

INDIKATOR !!!!!!
1. Tulis pokok-pokok informasi
2. Tulis rangkuman informasi
3. apa pendapatmu tentang informasi ini


1. POKOK_POKOK
Roro Ratieh ( presenter dari Jelang siang Trans TV )
Berlibur ke kepulauan Riau. Disana dia meihat, membuat dan menikamti kuliner pilihan dari pulau tersebut Diantara kuliner tersebut ialah
1. Bubur sumsum kerbau
2. Rempeyek kepiting
Dan juga Roro Ratieh melihat kerajinan lilin dari ebah di Kepulauan Riau.



2. RANGKUMAN
Roro Ratieh (presenter jelang siang dari trans TV) berlibur ke Kepulauan Riau. Disana dia pergi ke Muara Jalai, kab. Kampar, RIAU untuk melihat proses pemerasan susu kerbau. Dari hasil pemerasan susu tersebut dibuat menjadi makanan, yaitu “bubur sumsum kerbau”.Langkah-langkah pem,buatannya ialah :
1. Susu kerbau disaring agar kotoran-kotoran halusnya isa hiloang
2. Kemudian tutupah kedalam bamboo yang masih segar
3. Kemudian ditutup rapat dengan daun pisang selama berjam-jam.
Dari hasil tersebut menghasilkan yoghurt yang merupakan salah satu bahan pembuatan “bubur sumsum kerbau”
Langkah-langkah pembuatan “bubur sumsum kerbau” :
1. Peras parutan kelapa, sehingga menjadi santan.
2. Kemudian campur santan kelapa dengan irisan gula aren.
3. Kemudian tambahkan susu kerbau yang diiris [hasil fermentasi (yoghurt)]
4. dan yang terakhir bubur sumsum kerbau tersebut dapat dihidangkan
setelah pergi ke Muara Jalai, Roro Ratieh melanjutkan perjalannya ke gunung sahian, kab. Kampar,RIAU. Disana dia menjumpai seseoarang yang akan membuat kerajinan lilin, dan langkah pembuatan kerajinan lilin tersebut ialah:
1. Mencari rumah lebah/sarang lebah kemudian peras
2. Masukkan perasan lebah tersebut kedala drum besar
3. Nyalakn tunku, aduk sarang lebah tersebut sampai melumer.
4. Keringkan sarang lebah tersebut sampai mengeras.
5. Potong-potong hasil pengeringan sarang lebah tersebut.
6. Terus didihkan dalam panic dengan kompor minyak.
7. Kemudian tuangkan lilin kedalam cetakan kemudian diamkan 1-2 jam.
8. pasangkan sumbu
Perjalanan terakhir Roro Ratieh ialah ke pasar Tengah, Pekanbaru, RIAU. Yaitu untuk menikmatoi rempeyek kepiting. Dan cara pembuatannya ialah:
1. Kepiting dilepaskan cangkang atasnya.
2. Lumuri asam cuka agar tidak amis
3. Kemudian lumurio dengan garam dan bawang putih
Untuk tepungnya, bahan-bahannya adalah :
a. bawang merah
b. bawang putih
c. kunyit
d. jahe
e. ketumbar
f. daun salam
4. Bumbu dan tepung dijadikan Satu
5. Kemudian masukkan kepiting kedalam adonan tersebut.
6. Goreng kepiting tersebut sampai matang.

3. PENDAPAT SAYA
Saya sangat senang engan makanan yang terbuat dari hewan, tapi hewan yang halal untuk di makan, seperti bubur sumsum kerbau tersebut, karena mnurut saya makanan tersebut bergizi dan menyehatkan. Kemudian saya juga gemar makan dari seafood karena banyak mengandung protein yang dapat menyehatkan badan. Dan saya juga simpatik dengan kegiatan yang dilakukan oleh warga Gunung Sahiln tersebut, karena selain dapat mengurangi pengangguran, juga dapat menghasilkan kerajinan yang sangat berguna untuk masyarakat Indonesia.






















TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
NAMA : ISLAILATUL CHASANAH
KELAS : X-1
NO ABSENT : 23




ACARA : PRESIDEN BICARA

RANGKUMAN
Susilo bambang yudhoyono, presiden RI sejak tahun 2004-sekarang,yaitu presiden pertama yang terpilih karena dari suara rakyat atau pemilu.
Susilo Bambang Yudhoyono lahir 9 september 1944 di Permas, pacitan, Jawa timur dari bapak Sukoco dan ibu Habibah.SBY sebelum menjabat Presiden pernah menjabat menjadi menteri pertambangan dan energi. Kemudian si tahun 2004, presiden SBY menjdi presiden RI.
Mimpi – mimpi Susilo bambang Yudhoyono : : masa depan Negara Indonesia menjadi lebih baik dari sekarang, agar 5 tahun sampai 10 tahun yang akan dating, Indonesia menjadi Negara yang maju. Adil dan demokratis.
Janji prsiden Susilo Bambang Yuhoyono ditahun 2004, yaitu :
 Meningkatkan mutu pendidikan pelajar Indonesia menjadi lebih baik yaitu dengan cara memberikan sekolah gratis bagi yang tidak mampu. Sehingga penduduk Indonesia menjadi lebih pintar dari sebelimnya.
 Memberantas para korupsi sesuai dengan harapan para petani dan nelayan yang di jumpai presiden di daerah bogor.Memberantas korupsi dengan cara undang-undang tentang korupsi dan pemberantasannya. Agar Indonesia menjadi Negara yang tenteram.
 Meningkatkan dan memajukan swasembada pangan di Indonesia.
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakn kalu beliau belum cukup puas terhadap perkembangan Indonesia sekarang, sehingga perlu ditingkatkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya.
Sistem Ekonomi Kerakyatan, menurut Presiden SBY berawal dari Neoliberalisme dan menurut presiden Sby, Neoliberalisme memiliki 6 karakter, yaitu :
1) Neoliberalisme mengutamakan pasar
2) Neoliberalisme mendorong Negara tidak ikut campur dalam melakukan bisnis
3) Anggaran Negara tidak banyak Menghilangkan aturan Nasional melalui hokum ekonomi global
4) Mendorong ekonomi pertumbuhan
5) Yang mengatur kegiatan yaitu pelaku – pelaku pasar

PENDAPAT SAYA
Saya sangat kecewa dengan Presiden Susilo Yudhoyono, para menteri dan para anggota MPR karena mereka hanya mengucapkan janji, tapi tidak ada yang dipenuhi. Sehingga masyarakat Indonesia banyak dilanda bencana kemiskinan, pengangguran bahkan kelaparan. Seharusnya mereka itu menepati janji mereka untuk mensejahterakan rakyat Indonesia, bukannya mementingkan kepentingan mereka sendiri dengan memperkaya harta mereka dan mentelantarkan masyarakat yang miskin.
















TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
NAMA : ISLAILATUL CHASANAH
KELAS :X-1
NO ABSENT : 23

ACARA : GEMPA BUMI

1. POKOK-POKOK WAWANCARA
 Gempa bumi terjadi di desa Cikakareng, kec. Cibinong, kab. Cirebon.
 Lokasi gempa cukup terpencil karena di kelilingi tebing – tebing.
 Sehingga pada saat terjadi gempa, tebing-tebing retak dan jatuh menimpa rumah-rumah warga.
 Para warga harus mengungsi ke tempat yang lebih aman dan harus tinggal untuk sementara waktu di tenda-tenda darurat.
 Banyak korban yang luka-luka akibat gempa tersebut,bahkan ada sebagian yang telah meninggal dunia.

2. RANGKUMAN
Gempa bumi terjadi di dusun Cisalak,desa Cikakareng,kec.Cibinong,kab.Cirebon.Gempa bumi yg kemudian longsor yg mengakibatkan rumah-rumah warga tertimbun batu karena tebing-tebing yg ada di atas permukiman warga jatuh dan menimpa rumah-rumah warga.11 rumah warga dan 1 masjid hancur karena tertimbun batu dan tanah. Dan bahkan ada sekitar 7 orang masih tertimbun dan belum ditemukan.
Banyak warga yg kehilangan anggota keluarganya,contoh: (a) Fikri seorang anak kecil yg kedua orang tuanya meninggal akibat gempa tersebut, sehingga Fikri dititipkan ke kakak dari ayahnya bernama Zaenab.(b) pasangan suami istri kehilangan ketiga anaknya anakya karena bencana gempa tersebut.dan pada saat ibunya menyelamatkan salah satu anaknya,kakinya terbentur dan mengakibatkan bengkak.
o Menurut pak.Wudy (camat Cibinong) : korban gempa masih dalam pencarian. Dan dalam pencarian tersebut masih banyak korban yg tertimbun. Dan pencarian tersebut dibantu oleh para TNI,POLRI,TIM SAR,dan masyarakat yg dibantu dengan alat-alat berat.
Pasca gempa tersebut, para korban tinggal untuk sementara di tenda-tenda darurat, dan lokasi yg digunakan untuk mendirikan tenda tersebut berada di atas persawaan.pada saat para pengungsi beristirahat di malam hari banyak yg mengaku tidak bisa tidur karena lokasinya banyak nyamuk dan sgt dingin. Lokasi gempa sangat terpencil sehingga medannya sangat sulit untuk dilalui kendaraan. Namun demikian, bantuan datang secara lancar dan tidak terhambat. Dan posko bantuan berada di atas,dan pengungsian berada dibawah.sehingga bantuan dapat berjalan lancar dan dapat mencukupi kebutuhan para pengungsi secara sementara.dan banyak korban yg tidak berani kembali ke rumahnya meskipun rumahnya tidak rusak parah karena takut akan ada gempa susulan.dan rumah-rumah warga yg rusak,akan di renovasi ditempat yg lebih aman oleh PEM.KAB.setempat.
3. PENDAPAT
Setuju karena pemerintah cepat tanggap dalam memberi bantuan ke para korban dengan lancar.dan juga pemerintah akan merenovasi rumah-rumah warga ketempat yg lebih aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar