Rabu, 15 Desember 2010

Nama :erma dian .a
Kelas :x-1
No.absen :13

Inndikator :
1 . Menulis pokok-pokok berita
2 .Rangkuman berita
3 .Pendapat

GEMPA BUMI

1 . Pokok-pokok berita
* Gempa terjadi pada hari rabu pagi,terjadi di Desa Cisalak, Kampung Cingkakareng, Kecamatan Cibonang, Kota Cianjur, Jawa Barat.
* Jumlah pengungsi kira-kira ada 650 orang, ada yang kehilangan tempat tinggal dan trauma karena longsor mengakibatkan rumah mereka hilang, hancur dan tidak bisa ditempati lagi.
* Yang tertimbun longsor ada 11 rumah, 1 masjid kira-kira yang tertimbun ada 70 orang dan yang kehilangan tempat tinggalnya ada 11 kepala keluarga.
* Kecamatan cibonang ada 12 desa, yang paling parah adalah desa Cingkakareng, sedangkan desa-desa yang lain tidak terlalu parah.
* Imblikasi terbesar adalah masalah psikologis. Imblikasi ini menimbulkan trauma yang sangat berat. Salah satu cara menghilangkan trauma bisa dibantu oleh relawan karena relawan biasanya bisa terlatih membantu mereka dengan cara konseling.
* Faktor yang paling efektif menghilangkan trauma anak-anak adalah terapi bermain, terapi bermain dapat berupa terapi gambar.
* Bagi yang tidak terkena bencana dapat membantu yang terkena bencana dengan melalui dukungan moril, paling tidak berusaha untuk memahami perasaan mereka.
* Lokasi pengungsian yang sangat terpencil dan berada sangat jauh dari pusat kota Cianjur.

2 . Rangkuman
Gempa terjadi pada hari rabu pagi,terjadi di Desa Cisalak, Kampung Cingkakareng, Kecamatan Cibonang, Kota Cianjur, Jawa Barat.
Lokasinya sangat jauh dan memang cukup terpencil dan dikelilingi oleh tebing-tebing, tebing-tebing ini jatuh dan mengakibatkan longsor dan menewaskan kurang lebih 28 warga yang ada di desa Cisalak.
Lokasi pengungsian yang sangat terpencil dan berada sangat jauh dari pusat kota Cianjur sehingga kurang bisa dilalui oleh bantuan tapi ternyata bantuan cukup banyak mengalir meskipun medannya cukup susah untuk dilewati mobil karena dipenuhi batu-batu kerikil.
Yang tertimbun longsor ada 11 rumah, 1 masjid kira-kira yang tertimbun ada 70 orang dan yang kehilangan tempat tinggalnya ada 11 kepala keluarga. Pencarian dibantu oleh TNI, POLRI, SAR, masyarakat dan dibantu alat berat kurang lebih ada 1500. Sedangkan bantuan yang dating berasal dari swasta-swasta, perusahaan dan sebagainya.
Kecamatan cibonang ada 12 desa, yang paling parah adalah desa Cingkakareng, sedangkan desa-desa yang lain tidak terlalu parah dan rata-rata warga memang kehilangan tempat tinggal mereka bahkan kehilangan anggota keluarga tapi sebagian besar ada yang merasa takut. Tempat yang menjadi pengungsian sebelum dijadikan tempat pengungsian adalah sawah.
Jumlah pengungsi kira-kira ada 650 orang, ada yang kehilangan tempat tinggal dan trauma karena longsor mengakibatkan rumah mereka hilang, hancur dan tidak bisa di tempati lagi.

3. Pendapat
saya ikut prihatin atas terjadinya longsor di desa Cisalak,dan saya sangat setuju dengan tim SARS karena mereka sangat siaga dalam membantu mencari para korban yang belum di temukan, meskipun lokasi terjadinya peristiwa tersebut sangat terpencil dan jauh dari pusat kota, dan bantuanya juga langsung di terima oleh para korban bencana tersebut.



Nama ; erma dian .a
Kelas ; x-1
No absen ; 13

Indikator ;
1 . pokok-pokok berita
2 . Rangkuman
3 . pendapat

Acara “RAHASIA SUNNAH”
“ HENA”
1 . Pokok-pokok berita :
- Henna merupakan pemerah kuku dari tanah suci.
- Henna syah dibuat shalat
- Manfaat henna
- Henna dipakai sejak zaman rasullulloh untuk berhias.
- Henna terbuat dari tumbuhan semak.
- Henna biasanya dipakai untuk calon pengantin.
- Henna adalah simbol kehormatan bagi suami
- Henna bisa dipakai untuk pewarna rambut.
2. Rangkuman :
Henna merupakan salah satu pemerah kuku yang berasal dari tanah suci. Henna juga syah untuk dibuat shalat. Manfaat henna diantaranya adalah untuk mempercantik diri terutama bagi wanita. Henna dipakai sejak zaman rasulluloh untuk berhias,atau berguna untuk menyembuhkan sakit kepala,contohnya pada hadits ibnu maja : bahwa pada saat nabi sakit kepala beliau membungkus kepala dengan henna, Menurut beliau ini bisa meringankan sakit kepalanya atas izin allah.Henna terbuat dari tumbuhan semak yang bermanfaat dari akar ,bunga,kulit batang sampai daunnya. Henna biasanya dipakai untuk calon pengantin.dan kegunaanya untuk simbol kehormatan bagi suami.
Rosulullah bersabda : “ Sebaik-baiknya manfaat yang diperoleh seorang muslim setelah agama yakni perempuan yang cantik,yaitu yang membuatnya senang jikan dipandang,menurutinya jika diperintah dan menjaga harta dan dirinya jika ditinggal pergi.”
Henna juga bisa dibuat untuk pewarna rambut karena henna bisa dipakai untuk shalat dan terasa dingin dikepala.Perbadaan henna dan pewarna rambut yang lain adalah jika henna terbuat dari bahan-bahan alami warnanya merah,kalau pewarna rambut yang lain terbuat dari bahan kimia atau sintetis.
3. Pendapat:
Saya setuju dan saya juga ingin mencoba memakai “HENA”.karena ini juga termasuk sunnah Nabi,karena HENA juga bagus bila di pakai buat hiasan dan pewarna rambut, HENA juga baik karena tidak mengandung bahan kimia sedikit pun.karena HENA terbuat dari bahan alami yaitu tumbuhan Semak yang daunnya biasanya buat pewarna kuku.



Nama : erma dian .a
Kelas : x-1
No.absen : 13

Indicator :
1 . Tulislah pokok-pokok informasi
2 . Buatlah rangkuman dari informasi tersebut
3. tuliskan pendapat anda tentang informasi tersebut

IKAN MAKAN KOTORAN
*Tersdapat toilet terbuka di sebuah desa, yaitu toilet di atas kolam ikan
*Meskipun begitu masih banyak warga berdatangan untuk memancing
Ikan tersebut
*warga tidak menghiraukan apa yang akan terjadi bila mereka makan
Ikan yang makanannya itu kotoran manusia
*Petani sayur menggunakan kotoran manusia dan air untuk menyiram
Tanamannya dan kebunya dengan menggunakan kotoran manusia sebagai FETILAZER sebagai pupuk
*Hewan pemakan kotoran ini pernah di jelaskan di dalam hadits,ikan ini
Di sebut dengan Jallalah, tapi kalau makanannya campuran tidak
Termasuk dalam Jallalah
*Lain dengan di desa kalau di perkotaan ikan ini biasanya di manfaatkan untuk membersihkan kotoran manusia
*Biasanya ikan ini juga makan dengan menggunakan Pellet
*Ikan ini tidak hanya makan kotoran manusia saja tapi ikan ini juga
Makan hewan-hewan kecil yang ada di kolam tersebut misalnya Planton, alga , dan juga lumut

2 . RANGKUMAN
Di sebuah desa terdapat toilet terbuka atau juga biasanya di sebut dengan toilet umum, tapi toilet umum yang satu ini berbeda dari toilet yang lainya .biasanya toilet-toilet umum lainnya menggunakan tutup atau atap tapi yang satu ini tidak dan letaknya juga unik yaitu di atas kolam ikan.yang yang paling menarik kotorannya itu tidak di bersikan dengan alat apapun tapi melainkan dengan ikan pemakan kotoran.
Ikan ini biasa hidup di danau dan ikan ini juga mencari makan dengan memakan kotoran manusia.
Selain itu masyarakat sekitar juga memancing ikan tersebut dan di jadikan lauk mereka sehari-hari ,apa tidak berbahaya ya????kan ikan itu makan kotoran.
Tapi Menurut Prof. DR. RIDAD AGDES, MPEL (Ahli Parasit Fakultas Kedokteran UNPAD) membuat toilet di atas kolam ikan, Dari segi kesehatannya mungkin harus ditekankan bahwa ada hal-hal positifnya dan negatifnya. Yang negatif bahwa di dalam darah manusia ada banyak sekali kuman, bakteri, cacing, telur cacing tapi hal positifnya bahwa karena sudah terbiasa dengan pola yang kurang bersih, maka dalam tubuh kita sudah terbentuk suatu zat aktif yang bisa menghilangkan kemungkinan terinfeksi. Meski makan kotoran, ikan mampu untuk memproses kotoran tersebut menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan sehingga tidak berbahaya untuk manusia namun kontaminasi oleh penyakit sangat mungkin terjadi karena ikan hidup diair yang tercemar oleh kotoran misalkan dari bakteri salmonella yang bisa mengakibatkan penyakit diare dan mutaber. Dari telur cacing yang keluar dari kotoran. Kalau cacing dewasa yang dimakan aman, cacingnya tidak akan menimbulkan infeksi diperut kita, itu kalau cacing tanah tapi kalau cacing usus yang menimbulkan kanker usus tapi telurnya harus hati-hati karena telur ini akan bisa menetas didalam perut kita keluarkan cacing-cacing kecil. Bagaimana cara supaya ikan ini bisa dikonsumsi manusia??? Semua orang belum tentu bisa mengolah dengan baik, dan itulah masalahnya. Yang sulitnya lagi karena banyak petani sayur yang menggunakan kotoran manusia dan air untuk menyiram tanaman, kebunnya dan menggunakan kotoran manusia sebagai fertilaizer sebagai pupuk dan sebenarnya kurang baik tapi kalau nanti masak sayurnya dengan baik, dicuci dengan baik pasti akan aman dikonsumsi. Ternyata ada 2 hal penting yang harus diperhatikan yaitu proses pembersihan ikan sebelum dimasak dan proses memasak ikan karena 2 hal tadi kontaminasi penyakit bias terjadi. Agar lebih aman sebaiknya ikan yang biasa dimakan orang dipelihara dulu dikolam yang bersih sebelum dikonsumsi. Hewan pemakan kotoran ada dalam hadist disebut jallalah tapi kalau makanannya campuran tidak termasuk dalam jallalah, hal ini ada dalam hadist yang berbunyi : “ Rasulullah telah mencegah dari memakan Al jallalah (binatang yang makan benda kotor dan najis) dan mencegah dari meminum susunya.” HR. Imam At Tirmizi). Menurut seorang ulama jallalah itu dikonsumsi maqruh atau lebih baik ditinggalkan karena dalam rangka untuk membersihkan diri. Daya tahan tubuh seseorang berpengaruh dalam menentukan bisa sakit atau tidak kalau makan ikan yang sudah terkontaminasi oleh penyakit. Lain dengan didesa kalau diperkotaan ada yang memanfaatkan ikan sebagai pembersih tempat pembuangan kotoran. Mereka percaya bisa membuat tempat pembuangan kotoran tidak cepat penuh dan berbau.

3. PENDAPAT
Ikan itu bermanfaat juga , dan ikan itu juga banyak berjasa karena dia dapat membersihkan kotoran manusia dan biar kotoran tersebut tidak berbau dan juga kolam tersebut tidak cepat penuh dengan kotoran manusia ,karena sudah di bersihkan dengan cara di makan.dan ikan ini juga di halalkan oleh nabi karena ada haditsnya.terus ikan ini juga baik di konsumsi dan tidak menyebabkan efek samping , tapi juga harus di perhatikan cara mengolahnya.



Nama : erma dian
Kelas :x-1
No.absen :13

Indicator :
1 . Menulis pokok-pokok berita
2 .Menulis kesimpulan berita
3 .Pendapat

KOSMETIK BERBAHAYA

1 . Pokok-pokok berita
~Sekarang banyak sekali Kosmetik yang beredar di pasar tidak ada izin dari badan POM. Dan kosmetik itu mengandung bahan berbahaya
~Di Surabaya sekarang banyak sekali berbagai makanan, obat-obatan, dan kosmetik yang palsu, yang tidak ada surat izin yang resmi.
~ Jika membeli atau memilih barang atau produk jangan melihat harganya yang mahal,karena yang harganya belum tentu bagus dan kalau tertipu kandungan di dalamnya berbahaya.
~ kosmetik yang aman adalah dari BPOM yang ada kode registrasi resmi.
~ BANYAK produk berbahaya contohnya jamu yang diperjualbelikan banyak yang mengandung Bahan Kimia Obat atau BKO.Dan jamu yang ditarik dari pasaran adalah harus yang terdapat BKOnya.
~ Yang perlu diperhatikan dalam membeli kosmetik adalah Komposisi, dan Takaran obat tersebut
~ Banyak juga kosmetik yang mengandung mercuri

2 . Rangkuman
Akhir-akhir ini banyak sekali kosmetik yang beredar di pasaran, tetapi kosmetik tersebut tidak ada surat izinnya dan tidak ada no registrasinya dari BPOM.
Dan kosmetik-kosmetik yang beredar tersebut banyak yang mengandung bahan berbahaya yaitu mengandung Mercuri, padahal mercuri adalah kandungan yang berbahaya yang dapat menyebabakan kulit rusak.Dan kalau membeli atau memilih produk harus di cek keamanannya.
Obat-obatan yang termasuk obat keras tidak boleh diperjualbelikan secara bebas harus ada izin dari BPOM dan belilah dalam keadaan utuh. Sedangkan jamu yang diperjualbelikan tidak boleh ada kandungan Bahan Kimia Obat atau BKO.Dan jamu yang ditarik dari pasaran adalah yang terdapat BKOnya.
Yang perlu diperhatikan adalah:
1. Komposisi
2. Takarannya


Untuk mengetahui komposisi, sebenarnya komposisi itu harus di cantumkan terus kemudian kita periksa sesuai dengan komposisinya barang itu.Kan barang itu ada bahan aktifnya,bahan aktifnya itu berapa persen.
Jika membeli atau memilih barang atau produk jangan melihat harganya yang mahal,karena yang harganya belum tentu bagus dan kalau tertipu kandungan di dalamnya berbahaya,kita bisa-bisa bayar 2 kali lebih mahal untuk ke rumah sakit kalau kulitnya kena iritasi. Oleh karena itu jangan membeli karena mahalnya.
Kalau kosmetiknya aman dari BPOM harus ada kode registrasinya yang resmi.

3 . Pendapat
Seharusnya BPO harus lebih hati-hati dalam memeriksa produk dan jangan sampai kelewatan, karena akibatnya sangat fatal.
Masyarakat sekitar juga harus lebih hati-hati dalam membeli produk, dan harus melihat apakah produk itu ada no registrasinya atau tidak.karena sekarang banyak kosmetik yang mengandung Mercuri.



Nama : erma dian
Kelas :x-1
No.absen :13

INDIKATOR :

1. Tulislah pokok-pokok berita !
2. Buat rangkuman dari berita tersebut !
3. Apa pendapat anda tentang berita tersebut !

REKAYASA DALAM KASUS BIBIT SAMAT DAN
DAN CANDRA HAMZAH

1. POKOK-POKOK BERITA


» KPK pernah melakukun penyelidikan terhadap kasus yang berhubungan dengan SKRT ada beberapa dokemen-dokumen yang berhubungan dengan rekaman yang dimaksud ada pada KPK sampai saat ini.

» Yang merekayasa adalah orang-orang penting dalam lembaga-lembaga pemerintahan,penegak hukum. Kasus ini sebenarnya kriminalisasi, dilihat pada pasal 32 ayat 1 huruf c.

» Jangan sederhanakan persoalan dan selalu memandangnya sebagai problem sistematik yang harus kita selesaikan daripada kepentingan pribadi atau orang-orang tertentu.

» Kewajiban dan tanggung jawab pemerintah adalah meningkatkan kualitas hidup rakyat,kemudian mensejahterahkan rakyat.Sedangkan musuh pertama pemerintah adalah korupsi.

» UU tidak dapat lahir sempurna dan seburuk apapun UU kalau hakim dan jaksanya berani,jujur dan adil maka tidak pernah ada persoalan yang seburuk apapun untuk ditetapkan untuk mendapat keputusan yang baik,
» Tentang penistaan kepada jaksa dan polisi bukan oleh KPK tapi oleh orang-orang yang ikut-ikutan tapi tidak tahu persoalan.Jadi polisi dan jaksa perlu dilindungi kehormatan,profesinya itu perlu dilindungi hak dan kewenangannya.

» Apapun yang terjadi sekarang tidak dapat dihindarkan karena kita pada era keterbukaan dan reformasi pada era globalisasi,jadi apa yang terugkap memang nyarinya betul.

» Harapan pada dugaan rekayasa ini ada polo’a dalam bentuk proses penegakan hukum bukan sekedar menyatakan lembaga ini dinistakan ,justru yang diinginkan kepolisian,kejaksaan,pengadilan menjadi bersih sehingga proses penegakan hukum dinegara ini menjadi bersih pula dan inilah momentum yang tepat dalam kasus ini.

» Perkembangan kasus yang terkait dengan apakah mereka masuk kedalam 5 tahun disebabkan karena ada rekayasa yang sistematik yang dilakukan oleh sejumlah pihak.

2. RANGKUMAN

KPK pernah melakukun penyelidikan terhadap kasus yang berhubungan dengan SKRT ada beberapa dokemen-dokumen yang berhubungan dengan rekaman yang dimaksud ada pada KPK sampai saat ini.

Yang merekayasa adalah orang-orang penting dalam lembaga-lembaga pemerintahan,penegak hukum. Kasus ini sebenarnya kriminalisasi, dilihat pada pasal 32 ayat 1 huruf c. Dan yang melaksanakan itu adalah pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang merasa mungkin selama ini KPK “dianggap membahayakan bagi kepentingan-kepentingan tersebut.Maka kepentingan-kepentingan yang saling berkaitan ini seperti investibel hand saling berpautan. Yang jelas kita akan menggunakan forum yang tepat untuk mengungkapkan semuanya secara jelas.

Jangan sederhanakan persoalan dan selalu memandangnya sebagai problem sistematik yang harus kita selesaikan daripada kepentongan pribadi atau orang-orang tertentu.Yang penting adalah bagaimana kemudian korupsi dituntaskan,kalau ada benturan atas lembaga seperti ini susah kalau mau berfikir bahwa korupsi bisa dituntaskan dengan seksama.

Kewajiban dan tanggung jawab pemerintah adalah meningkatkan kualitas hidup rakyat,kemudian mensejahterahkan rakyat.Sedangkan musuh pertama pemerintah adalah korupsi.

UU tidak dapat lahir sempurna dan seburuk apapun UU kalau hakim dan jaksanya berani,jujur dan adil maka tidak pernah ada persoalan yang seburuk apapun untuk ditetapkan untuk mendapat keputusan yang baik, Jadi konsentrasi orang adalah pada orang bagaimana melakukan kewajibannya termasuk rakyat obit the law atau mentaati semua UU.

3. PENDAPAT

Seharusnya KPK itu melakukan penyelidikan kepada orang-orang yang menggelapkan uang Negara tidak malah membuat sensasi seperti ini.mereka malah sibuk mengurusi masalah mereka sendir-sendiri. Masyakat akan mendukung semua kegitan KPK untuk memberantas korupsi.dan KPK itu sendiri juga harus melaksanakan kewajibannya denga baik.agar orang-orang yang menggelapkan uang Negara itu segera tertangkap.
Mengenai kasus pemimpin KPK itu harus segera di selesaikan dan lembaga KPK ini harus segera mengganti pemimpinnya karena pemimpin yang dulu sudah di ke luarkan.



Nama : erma dian
Kelas :x-1
No.absen :13

Indikator :
1 . pokok-pokok berita
2 . kesimpulan berita
3 . pendapat

UDANG KIPAS

1 . pokok-pokok berita

*Ciri-ciri udang kipas
* Udang Kipas juga bermanfaat untuk membuat tumbuh semakin tinngi
*udang kipas bisa berjalan mundur maupun maju
*Udang Kipas mengandung protein yang tinggi
*Khasiat Udang kipas
*Kandungan udang kipas
*Kelebihan udang kipas
*Udang kipas termasuk kelompok hewan carnivora
*Bagian udang kipas yang berfungsi untuk mendeteksi adanya mangsa adalah kaki dan matanya
*Perbedaan udang kipas jantan dan betina
*Udang kipas termasuk kelompok CRUSTACEA
*Udang kipas termasuk hewan Loptular yaitu beraktifitas pada malam hari,sedangkan siang harinya Udang kipas membenamkan diri dalam pasir
*Udang kipas bisa di masak mentah maupun di masak

2.Kesimpulan

Khasiat udang kipas, kalau dilihat dari komposisinya banyak mengandung vitamin, mineral dan protein dari 100 g udang mentah mengandung 20,3 g protein. Udang kipas juga terdapat asam amino yang banyak. Yang kedua mengandung vitamin B, B12, A, C. Yang ketiga mengandung mineral, selenium dan kalsium. Yang paling penting adalah selenium yang berfungsi sebagai antibody sedangkan kalsium berfungsi untuk pembentukan tulang. Lebih baik udang kipas dimakan mentah, tapikalau dimasak jangan terlalu lama nanti proteinnya hilang.
Udang kipas bisa membuat badan tumbuh tinggi. Udang kipas masuk dalam kelompok crustacea yang memiliki bentuk seperti kipas. Udang kipas memiliki nama latin tenus oreantalis. Selain itu udang kipas memiliki nama lain seperti udang petok, pasir, sikat. Kalau diaustralia disebut barmier baks. Udang kipas termasuk hewan loptular yaitu beraktifitas pada malam hari, sedangkan siang harinya udang kipas memendamkan diri dalam pasir. Udang kipas bisa berjalan mundur maupun maju. Jalan mundur hanya untuk flamungrase dirinya untuk bertahan hidup dari musuh. Bentuk kepala dan ekor udang kipas memiliki kemiripan sehingga sulit membedakannya. Selain udang kipas dimakan sesudah dimasak, udang kipas juga bisa dimakan dalam keadaan masih mentah atau belum dimasak. Udang kipas termasuk hawan karnifora. Udang kipas biasanya makan udang kecil, ikan kecil, kerang kecil, hewan kecil yang hidup didasar perairan. Bagian udang kipas yang berfungsi untuk mendeteksi adanya mangsa adalah kaki dan matanya. Selain itu berbeda dengan udang lainya mata udang kipas berada disamping sedangkan udang-udang lainya berada diatas. Mata udang kipas juga befungsi sebagai indera untuk mendeteksi makanan serta mangsanya. Perbedaan udang kipas betina dan jantan adalah mempunyai telur sedangkan jantan tidak. Perbedaannya juga dapat dilihat dari warnanya kalau yang betina warnanya merah cerah sedangkan yang jantan berwarna coklat gelap. Udang kipas memiliki 5 kaki dan udang kipas bisa berjalan maupun berenang.

3.Pendapat
Saya ingin sekali mencoba Udang kipas, karena Udang kipas mempunyai kandungan gizi yang baik bagi tubuh , apalagi tubuh saya yang pendek ini ,pasti akan lebih tambah tinggi dengan menkosumsi udang kipas. Karena udang kipas mengandung banyak kalsium yang baik untuk pembentukan tulang.tapi disini jarang di jumpai udang kipas. Selain itu udang kipas juga baik dikonsumsi dalam keadaan mentah Karena kandungan nutrisi yang ada didalamnya masih utuh, jika udang kipas dimasak terlalu lama kandungan protein akan hilang. Udang kipas adalah hewan yang mengandung banyak khasiat dan kandungannya oleh karena itu perlu dibuatkan penangkaran atau
Pembudidayaan udang kipas agar udang kipas tidak punah meskipun dikonsumsi setiap hari dan pembudidayaan ini harus disosialisasikan kepada masyarakat disekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar