Kamis, 02 Desember 2010

tugas basasin_udang kipas_sovi rahmawati_37_x1


NAMA: SOVI RAHMAWATI
KELAS:X-1
NO.ABSEN:37


UDANG KIPAS       
1. TENTUKAN POKOK-POKOK SEBUAH INFORMASI?.
2. MEMBUAT RANGKUMAN DARI INFORMASI YAN ADA?.
3. MEMRIKAN PENDAPAT?.
JAWABAN:
1.       POKOK-POKOK INFORMASI:

·         Udang kipas banyak diyakini masyarakat bisa membuat badan menjadi lebih tinggi.
·         Udang kipas hidup di laut
·         Bentuk udang kipas hampir sama dengan kipas.
·         Udang kipas memliki banyak sekali nama lain.
·         Udang kipas merupakan hewan yang beraktifitas pada malam hari.
·         Udang kipas tinggi protein.
·         Udan kipas merupakan hewan karnivora.
·         Udang kipas akan lebih baik jika dimakan mentah asalkan bersih.

2.       RANGKUMAN;
Udang kipas adalah udang yang hidup di laut dengan kedalaman diatas 5 meter,juga hidup di perairan pantai berpasir hingga kedalaman 100meter. Udang kipas berbentuk seperti kipas dan banyak masyarakat yang meyakini bahwa udang kipas bisa membuat badan menjadi lebih cepat tinggi. Nama latin dari udang kipas adalah Tenus orientalis. Selain itu juga udang kipas memiliki beberapa nama lain  seperti,udang phetok,udang sikat,dan udang pasir. Di Australia,udang ini disebt Banning bats.
                Udang kipas ini merupakan hewan lacturnal yang beraktifitas di malam hari. Ketika siang,udang ini bersembunyi didalam pasir yang digali menggunakan ekornya. Selain dibakar,udangkipas ini juga bisa dimakan mentah dengan menggunakan saos agar tidak amis. Kulit luar udang kipas ini keras sehingga diperlukan waktu yang cukup lama untuk membakarnya. Udang kipas tinggi sekali proteinnya,ini tetrlihat ketika udang menjadi merah setelah dibakar.
Udang kipas merupakan hewan karnivora,makanannya adalah kerang kecil,udang kecil,ikan-ikan kecil maupun hewan-hewan kecil pada dasar perairan. Bagian-bagian tubuh udangkipas adalah:
a.       Antena berfungsi untuk mendeteksi adanya mangsa atau maka atau makanan
b.      Rahang berfungsi untuk menangkap mangsa dan dimasukkan ke dalam mulut.
c.       Mata fungsinya sama dengan antena yaitu untuk mendeteksi adanya mangsa atau makanan. Ada yang khas atau spesial dari udang kipas adalah matanya di samping.
Cara untuk membedakan antara udang kipas jantan dan betina yaitu: udang kipas betina memiliki telur dan warnanya lebih terang,sedangkan udang kipas jantan warnanya lebih gelap. Udang kipas memilliki 5 pasang kaki,udang ini bisa berjalan danjuga bisa berenang. Khasiat dari udang kipas, mengandung Vitamin B12, A,C, dan D. Mengandung mineral cellenium (sangat penting) sebagai antibodi dan kalsium untuk pembentukan tulang. Udang kipas lebih baik dimakan mentah asallkan bersih. Direbus juga bisa tetapi jangan terlalu lama karena proteinnya akan ceoat hancur.
3.       PENDAPAT:
Menurut saya,udang kipas jangan dimakan mentah-mentah karena meskipun proteinnya tinggi,namun udang kipas itu belum bersih,nantinya malah menjadi penyakit. Lebih baik direbus tetapi jangan terlalu lama agar proteinnya tidak hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar