Sabtu, 11 Desember 2010

INDA RAHMAWATI_X.1_21_TUGAS BASASIN


NAMA: INDA RAHMAWATI
KELAS:X.1
NO. ABSEN: 21

PIDATO BU CICIK SRI WIDYASTUTI


SOAL
1. Pokok-pokok isi sambutan.
2.Isi sambutan.
3. Pendapat.

JAWABAN:
1)     POKOK-POKOK SAMBUTAN:

                                                              i.            Barang siapa mendzolimi orang-orang yang ada di sekitarmu sebaiknya kamu segera meminta maaf kepada orang-orang yang kau dzolimi tersebut sebelum Hari kiamat datang.
                                                            ii.            Setiap orang muslim sebaiknya saling menyapa kepada siapapun termasuk kepada orang yang berbeda agam denganmu. Kaum muslimin juga harus saling bersilaturahmi kepada siapapun termasuk kepada orang yang dibencinya. Karena dengan bersilaturahmi,kita dapat memperpanjang umur.
                                                          iii.            Kita sebagai umat islam harus menjalankan 3 perkara yang sudah ditentukan oleh agama kita.
                                                         iv.            Jika ada orang yang meminta maaf  kepada kita,  maka kita harus memaafkannya. Meski  orang itu yang pernah berbuat salah kepada  kita, yang pernah membuat hati kita jengkel, kita harus memaafkannya.      
                                                           v.             Kita harus berbuat baik dan saling menyapa terhadap sesama muslim maupun orang yang beragama selain islam.

2. MEMBUAT RANGKUMAN:

          Siapa saja yang pernah mendzolimi orang maka kamu cepatlah  meminta maaf kepadanya sebelum hari akhir/hari kiamat datang. Dan sebelum kamu kembali kepada-Nya dan Kita  juga harus memberikan maaf   pada orang yang pernah berbuat salah kepada kita,orang  yang pernah membuat kita marah , kita harus memaafkannya juga.

Walaupun orang tersebut tidak meminta maaf  pada kita.
Kita sebagai kaum muslimin jika bertemu dengan orang muslim atau bukan orang muslim maka kita harus menegur sapa  walaupun kita tidak prnah mengenal orang itu dan kita sebagai kaum muslim harus saling bersilaturahmi jika bertemu dan harus saling menyapa tetapi menyapa yang sopan ataum minimal dengan senyum.
               
 Ada 3 perkara atau hal yang harus di kerjakan oleh semua umat manusia, barang siapa yang  mengerjakannya niscaya mereka akan masuk surga. Itu adalah janji Allah kepada kita.

1. umat muslim diwajibkan untuk selalu menyambung atau menjalin tali silaturahmi antar umat manusia baik kepad orang muslim ataupun orang yang bukan muslim.
       
 2.Barang siapa yang merasa pernah berbuat salah kepada orang, maka kamu cepatlah meminta maaf kepadanya sebelum hari akhirdatang karena meminta maaf atas perbuatan kita hukumnya wajib. Sebelum dosa kita itu nantinya di hisab di hari akhir dan kita menyesal nantinya, atau setelah hari akhir sudah datang.

3.Kita harus selalu bersyukur kepada allah SWT atas segala  nikmat yang sudah diberikan kepada kita.

Memberi  kepada orang yang tidak pernah memberi kita,Itu adalah perbuatan yang mulia dan insyaallah Allah akan memberi balasan yang berlipat ganda atas perbuatan kita yang sudah membantu orang lain. Tapi kalau membari haruslah dengan hati yanng ikhlas. Kalau kita membari sesuatu itu jangan mengharapkan imbalan dan tanpa pamrih, dan haruslah dengan hati yang ikhlas. Semoga kita nantinya termasuk dalam golongan orang-orang yang masuk surga. Amieeen.....

3.MEMBERIKAN PENDAPAT:

          Saya sangat setuju dan mendukunng apa yang telah dijelaskan bu CICIK SRI WIDYIASTUTI tadi. Meminta maaf sebaiknya tidak usah menunggu perintah. Selain itu,saling bertegur sapa juga tetap harus dilaksanakan karena ini nantinya dapat menjaga kerukunan antara umat beragama,baik yang memilikiagam yang sama atau berbeda. Selain meminta maaf,sebaiknya kita juga memaafkan siapapun yang pernah membuat kita marah. Karena memaafkan lebih baik daripada meminta maaf.
          Jangan lupa untuk senantias bersyukur atas semua yang telah diberikan ALLAH kepada kita. Semoga apa yang telah dijelaskan bu CICIK tadi bisa bermanfaat bagi kita. Amiennn......





NAMA: INDA RAHMAWATI
KELAS:X.1
NO ABSEN:21

ACARA: RAHASIA SUNAH
“IKAN MAKAN KOTORAN”


Soal
1. Mencari pokok-pokok berita?
2. Merangkum?
3.Apa pendapatmu?




JAWAB
1.Mencari pokok-pokok berita?
a)     Makan ikan yang memakan kotoran,memiliki manfaat dan juga kerugian jika dipandang dari segi kesehatan.Meskipun ikan makan kotoran ikan mampu memproses kotoran menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan.
b)    Namun telur-telur cacing yang berbahaya masi ada di dalam tubuh ikan tersebutn. telur ini nantinya akan menetas dan menjadi cacing-cacing kecil.
c)     Banyak petani sayuran yang menggunakan kotoran manusia dan air digunakan untuk menyiram tanaman kebunnya dan ada juga yang menggunakan kotoran manusia tersebut dijadikan vertilizer atau pupuk untuk tanamannya.
d)    Ada 2 hal yang harus diperhatikan  yaitu: yang pertama adalah Proses pembersihan ikan sebelum dimasak dan yang kedua adalah proses pemasakan ikan.
e)     2 hal ini harus diperhatikan Karena dari dua hal tersebut kontaminasi penyakit dapat terjadi.
f)      Agar lebih aman ikan yang memakan biasanya kotoran sebaiknya ikan dipelihara di kolam yang bersih sebelum ikan tersebut dimasak atau dikonsumsi.
g)     Jalalah itu adalah hewan yang makanannya kotoran itu najis, kotoran manusia dsb.
h)     Dalam HR. Imam At Tirmizi:”Rasulullah telah mencegah dari makanan al jalalah (binatang yang memakan benda kotor dan najis) dan mencegah dari meminum susunya”.
i)        Juga diriwayatkan oleh Ibnu Majah:”dihalalkan bagi kalian dua bangkai dan dua darah. Adapun dua bangkai tersebut adalah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah tersebut adalah hati dan limpa”.
j)       Hal-hal yang menentukan bagaimana manusia bisa sakit atu tidak adalah daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh ini bisa menurun karena makan makanan yang sudah terkontaminasi dengan penyakit.
k)     Masyarakat di kota ada yang memanfaatkan ikan sebagai pembersih atau tempat pembuangan kotoran. Sedangkan Ikan yang besar bisa dikonsumsi olah manusia dengan syarat ikan dikarantina dulu.
l)       Makanan ikan lele disebut pelet, pelet ini mengadung nutrisi yang baik untuk pertumbuhan ikan.
m)  Makanan jenis Pelet ini terbuat dari tepung ikan, jagung dll.
n)     Pelet banyak dijumpai karena banyak dijual di pasar-pasar.Ikan yang hidup diair yang dikasih makanan kotoran itu, ikannya tidak hanya makan kotoran tetapi juga hewan kecil lainnya yang hidup di air, misalnya plangton, alga dan lumut yang bisa dimakan oleh ikan.
o)    QS. Al A’raf: 157:” Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk”.Ikan yang makan kotoran itu halal tetapi karena ikan tidak mungkin makan kotoran saja tetapi juga hewan-hewan kecil yang ada di air.

2. MEMBUAT RANGKUMAN:


IKAN MAKAN KOTORAN
Makan ikan yang memakan kotoran,memiliki manfaat dan juga kerugian jika dipandang dari segi kesehatan.Meskipun ikan makan kotoran ikan mampu memproses kotoran menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan. MANFAATNYA adalah: apabila kita sudah terbiasa dengan pola makan makanan yang kurang bersih, maka  dalam tubuh kita nantinya akan  terbentuk  suatu zat aktif yang kemungkinan bisa  menghilangkan infeksini. Sedangkan KERUGIANNYA adalah: nantinya dalam berak(BAB) manusia terdapat kuman, ada bakteri, ada cacing, ada telur cacing, ada virus, dll.

Meskipun ikan makan kotoran ikan mampu memproses kotoran menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan.Namun telur-telur cacing yang berbahaya masi ada di dalam tubuh ikan tersebutn. telur ini nantinya akan menetas dan menjadi cacing-cacing kecil.

Misalnya dari bakteri salmoniela yang bisa mengakibatkan diare dan muntaber. Juga telur cacing yang keluar dari kotoran. Cacing dewasa yang dimakan itu aman. Artinya tidak akan terjadi infeksi di perpindahan cacing itu kalau cacing tanah. Tapi kalau cacing ususyang menimbulkan infeksi di usus, cacing dewasa juga bisa, tapi yang berbahaya adalah telurnya karena telurnya itu akan menetas dan menjadi cacing-cacing kecil.

Ada 2 hal yang harus diperhatikan  yaitu: yang pertama adalah Proses pembersihan ikan sebelum dimasak dan yang kedua adalah proses pemasakan ikan. 2 hal ini harus diperhatikan Karena dari dua hal tersebut kontaminasi penyakit dapat terjadi. Agar lebih aman ikan yang memakan biasanya kotoran sebaiknya ikan dipelihara di kolam yang bersih sebelum ikan tersebut dimasak atau dikonsumsi.

Dalam HR. Imam At Tirmizi:”Rasulullah telah mencegah dari makanan al jalalah (binatang yang memakan benda kotor dan najis) dan mencegah dari meminum susunya”.
 Juga diriwayatkan oleh Ibnu Majah:”dihalalkan bagi kalian dua bangkai dan dua darah. Adapun dua bangkai tersebut adalah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah tersebut adalah hati dan limpa”

Masyarakat di kota ada yang memanfaatkan ikan sebagai pembersih atau tempat pembuangan kotoran. Sedangkan Ikan yang besar bisa dikonsumsi olah manusia dengan syarat ikan dikarantina dulu.Makanan ikan lele disebut pelet, pelet ini mengadung nutrisi yang baik untuk pertumbuhan ikan. Saat ini pelet banyak dijumpai di pasar-pasar. Makanan ini mengadung nutrisi yang baik untuk pertumbuhan ikan.

QS. Al A’raf: 157:” Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk”.Ikan yang makan kotoran itu halal tetapi karena ikan tidak mungkin makan kotoran saja tetapi juga hewan-hewan kecil yang ada di air.




3.PENDAPAT:

Saya kurang setuju apabila ikan-ikan ini diberi makan kotoran termasuk kotoran manusia. Karena dalam kotoran,ternmasuk kotoran manusia terdapat berbagai macam kuman dan bakteri yang nantinya dapat menurunkan daya taha tubuh mnausia yang memakakn ikan-ikan ini.

Jika ikan-ikan ini masih bisa memakan makanan yang lainnya,kenapa tidak?. Lebih baik para peternak ikan memilih makanan ikan yang bernutrisi dan tidak membahayakan tubuh. Karena bisa saja ikan –ikan ini nantinya juga akan dimakan oleh pemilik peternakn dan dampak negatifnya juga kan di alami si petrenak tersebut.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar