Minggu, 12 Desember 2010

tugas basasin_ikan makan kotoran_dewi susanti_x1_07


Nama : Dewi susanti
Kelas : x-1
No.absen : 07

Indicator :
1 . Tulislah pokok-pokok informasi
2 . Buatlah rangkuman dari informasi tersebut
3. tuliskan pendapat anda tentang informasi tersebut
               IKAN MAKAN KOTORAN
*Tersdapat toilet terbuka di sebuah desa, yaitu toilet di atas kolam ikan
*Meskipun begitu masih banyak warga berdatangan untuk memancing 
   Ikan tersebut
*warga tidak menghiraukan apa yang akan terjadi bila mereka makan
   Ikan yang makanannya itu kotoran manusia
*Petani sayur menggunakan kotoran manusia dan air untuk menyiram
   Tanamannya dan kebunya dengan menggunakan kotoran manusia     sebagai FETILAZER sebagai pupuk
*Hewan pemakan kotoran ini pernah di jelaskan di dalam hadits,ikan ini  
   Di sebut dengan Jallalah, tapi kalau makanannya campuran tidak
  Termasuk dalam Jallalah
*Lain dengan di desa kalau di perkotaan ikan ini biasanya di manfaatkan untuk membersihkan kotoran manusia
*Biasanya ikan ini juga makan dengan menggunakan Pellet
*Ikan ini tidak hanya makan kotoran manusia saja tapi ikan ini juga
   Makan hewan-hewan kecil yang ada di kolam tersebut misalnya Planton, alga , dan juga lumut

 2 . RANGKUMAN
    Di sebuah desa terdapat toilet  terbuka atau juga biasanya di sebut dengan toilet umum, tapi toilet umum yang satu ini berbeda dari toilet yang lainya .biasanya toilet-toilet umum lainnya menggunakan tutup atau atap tapi yang satu ini tidak dan letaknya juga unik yaitu di atas kolam ikan.yang yang paling menarik kotorannya itu tidak di bersikan dengan alat apapun tapi melainkan dengan ikan pemakan kotoran.
Ikan ini biasa hidup di danau dan ikan ini juga mencari makan dengan memakan kotoran manusia.
    Selain itu masyarakat sekitar juga memancing ikan tersebut dan di jadikan lauk mereka sehari-hari ,apa tidak berbahaya ya????kan ikan itu makan kotoran.
      Tapi  Menurut Prof. DR. RIDAD AGDES, MPEL (Ahli Parasit Fakultas Kedokteran UNPAD) membuat toilet di atas kolam ikan, Dari segi kesehatannya mungkin harus ditekankan bahwa ada hal-hal positifnya dan negatifnya. Yang negatif bahwa di dalam darah manusia ada banyak sekali kuman, bakteri, cacing, telur cacing tapi hal positifnya bahwa karena sudah terbiasa dengan pola yang kurang bersih, maka dalam tubuh kita sudah terbentuk suatu zat aktif yang bisa menghilangkan kemungkinan terinfeksi. Meski makan kotoran, ikan mampu untuk memproses kotoran tersebut menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan sehingga tidak berbahaya untuk manusia namun kontaminasi oleh penyakit sangat mungkin terjadi karena ikan hidup diair yang tercemar oleh kotoran misalkan dari bakteri salmonella yang bisa mengakibatkan penyakit diare dan mutaber. Dari telur cacing yang keluar dari kotoran. Kalau cacing dewasa yang dimakan aman, cacingnya tidak akan menimbulkan infeksi diperut kita, itu kalau cacing tanah tapi kalau cacing usus yang menimbulkan kanker usus tapi telurnya harus hati-hati karena telur ini akan bisa menetas didalam perut kita keluarkan cacing-cacing kecil. Bagaimana cara supaya ikan ini bisa dikonsumsi manusia??? Semua orang belum tentu bisa mengolah dengan baik, dan itulah masalahnya. Yang sulitnya lagi karena banyak petani sayur yang menggunakan kotoran manusia dan air untuk menyiram tanaman, kebunnya dan menggunakan kotoran manusia sebagai fertilaizer sebagai pupuk dan sebenarnya kurang baik tapi kalau nanti masak sayurnya dengan baik, dicuci dengan baik pasti akan aman dikonsumsi. Ternyata ada 2 hal penting yang harus diperhatikan yaitu proses pembersihan ikan sebelum dimasak dan proses memasak ikan karena 2 hal tadi kontaminasi penyakit bias terjadi. Agar lebih aman sebaiknya ikan yang biasa dimakan orang dipelihara dulu dikolam yang bersih sebelum dikonsumsi. Hewan pemakan kotoran ada dalam hadist disebut jallalah tapi kalau makanannya campuran tidak termasuk dalam jallalah, hal ini ada dalam hadist yang berbunyi : “ Rasulullah telah mencegah dari memakan Al jallalah (binatang yang makan benda kotor dan najis) dan mencegah dari meminum susunya.” HR. Imam At Tirmizi). Menurut seorang ulama jallalah itu dikonsumsi maqruh atau lebih baik ditinggalkan karena dalam rangka untuk membersihkan diri. Daya tahan tubuh seseorang berpengaruh dalam menentukan bisa sakit atau tidak kalau makan ikan yang sudah terkontaminasi oleh penyakit. Lain dengan didesa kalau diperkotaan ada yang memanfaatkan ikan sebagai pembersih tempat pembuangan kotoran. Mereka percaya bisa membuat tempat pembuangan kotoran tidak cepat penuh dan berbau.

3. PENDAPAT
    Ikan itu bermanfaat juga , dan ikan itu juga banyak berjasa karena dia dapat membersihkan kotoran manusia dan biar kotoran tersebut tidak berbau dan juga kolam tersebut tidak cepat penuh dengan kotoran manusia ,karena sudah di bersihkan dengan cara di makan.dan ikan ini juga di halalkan oleh nabi karena ada haditsnya.terus ikan ini juga baik di konsumsi dan tidak menyebabkan efek samping , tapi juga harus di perhatikan cara mengolahnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar