Sabtu, 04 Desember 2010

TUGAS BASASIN_ISLAILATUL CHASANAH_23-GEMPA BUMI


TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

NAMA : ISLAILATUL CHASANAH
KELAS :X-1
NO ABSENT : 23

ACARA : GEMPA BUMI

  1. POKOK-POKOK WAWANCARA
v     Gempa bumi terjadi di desa Cikakareng, kec. Cibinong, kab. Cirebon.
v     Lokasi gempa cukup terpencil karena di kelilingi tebing – tebing.
v     Sehingga pada saat terjadi gempa, tebing-tebing retak dan jatuh menimpa rumah-rumah warga.
v     Para warga harus mengungsi ke tempat yang lebih aman dan harus tinggal untuk sementara waktu di tenda-tenda darurat.
v     Banyak korban yang luka-luka akibat gempa tersebut,bahkan ada sebagian yang telah meninggal dunia.

  1. RANGKUMAN
Gempa bumi terjadi  di dusun  Cisalak,desa Cikakareng,kec.Cibinong,kab.Cirebon.Gempa bumi yg kemudian longsor yg mengakibatkan rumah-rumah warga tertimbun batu karena tebing-tebing yg ada di atas permukiman warga jatuh dan menimpa rumah-rumah warga.11 rumah warga dan 1 masjid hancur karena tertimbun batu dan tanah. Dan bahkan ada sekitar 7 orang masih tertimbun dan belum ditemukan.
          Banyak warga yg kehilangan anggota keluarganya,contoh: (a) Fikri seorang anak kecil yg kedua orang tuanya meninggal akibat gempa tersebut, sehingga Fikri dititipkan ke kakak dari ayahnya bernama Zaenab.(b) pasangan suami istri kehilangan ketiga anaknya anakya karena bencana gempa tersebut.dan pada saat ibunya menyelamatkan salah satu anaknya,kakinya terbentur dan mengakibatkan bengkak.
  • Menurut pak.Wudy (camat Cibinong) : korban gempa masih dalam pencarian. Dan dalam pencarian tersebut masih banyak korban yg tertimbun. Dan pencarian tersebut dibantu oleh para TNI,POLRI,TIM SAR,dan masyarakat yg dibantu dengan alat-alat berat.
Pasca gempa tersebut, para korban tinggal untuk sementara di tenda-tenda darurat, dan lokasi yg digunakan untuk mendirikan tenda tersebut berada di atas persawaan.pada saat para pengungsi beristirahat di malam hari banyak yg mengaku tidak bisa tidur karena lokasinya banyak nyamuk dan sgt dingin. Lokasi gempa sangat terpencil sehingga medannya sangat sulit untuk dilalui kendaraan. Namun demikian, bantuan datang secara lancar dan tidak terhambat. Dan posko bantuan berada di atas,dan pengungsian berada dibawah.sehingga bantuan dapat berjalan lancar dan dapat mencukupi kebutuhan para pengungsi secara sementara.dan banyak korban yg tidak berani kembali ke rumahnya meskipun rumahnya tidak rusak parah karena takut akan ada gempa susulan.dan rumah-rumah warga yg rusak,akan di renovasi ditempat yg lebih aman oleh PEM.KAB.setempat.
  1. PENDAPAT
          Setuju karena pemerintah cepat tanggap dalam memberi bantuan ke para korban dengan lancar.dan juga pemerintah akan merenovasi rumah-rumah warga  ketempat yg lebih aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar