Selasa, 14 Desember 2010

HENA_PUTRI INTAN P_31__X.1

Nama : PUTRI INTAN P
Kelas : x-1
No. Absen : 31

TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

INDIKATOR :

Tulislah pokok-pokok informasi !
Buat rangkuman dari informasi tersebut !
Apa pendapat anda tentang informasi tersebut !










(BOLEHKAH MUSLIMAH BERHENA)

Pokok-pokok berita

» Condet Jakarta,pasar ini terkenal dengan dagangan khas dari Timur Tengah (Arab) dan sebagai pusat oleh-oleh dari tanah suci.
» Hena sudah ada sejak jaman rasulullah.
» Hena bisa digunakan untuk berhias.
» Hena atau anai berasal dari tumbuhan semak yang daunnya digunakan untuk pemerah kuku.
» Hena adalah symbol kehormatan bagi suami.
» Perbedaan hena warna hitam dan merah
» Hena yang biasa dijual berbentuk bubuk atau pasta.
» Berhias untuk suami memang dianjurkan seperti yang disampaikan rasulullah,
» Selain digunakan untuk berhias, hena juga digunakan untuk pewarna rambut.
» Hena lebih baik efeknya daripada pewarna rambut lainnya.
» Ada hadist yang diriwayatkan oleh ibnu maja dan yang diriwayatkan dalam kitab tarihnya imam buqori
» Hena yang alami itu 100% aman.
» Hena masihmempunyai banyak manfaat lain.
» Dari tumbuhan hena yang paling baik adalah daunnya.

Rangkuman berita

Condet Jakarta,pasar ini terkenal dengan dagangan khas dari Timur Tengah (Arab) dan sebagai pusat oleh-oleh dari tanah suci. Salah satu dagangannya adalah parfume, makanan, hena. Hena sudah ada sejak jaman rasulullah. Hena atau pacar cina biasanya dipakai wanita arab sejak jaman rasulullah. Hena bisa digunakan untuk berhias. Hena atau anai berasal dari tumbuhan semak yang daunnya digunakan untuk pemerah kuku. Selain daunnya, semua bagian tumbuhan ini memiliki manfaat mulai dari kulit batang, bunga, akar, hingga daunnya. Hena adalah symbol kehormatan bagi suami. Perbedaan hena warna hitam dan merah :
Kalau hena yang berwarna hitam bahannya dari sintetis dan sebenarnya warna hitam itu tidak ada, yang ada hanya warna merah karena alami dan daya tahannyapun tidak terlalu lama.
Kalau hena yang warna hitam terkena kulit sensitive maka akan bereaksi alergi sedangkan hena yang warna merah tidak.
Hena yang palinga popular adalah hena modern atau hena warna hitam. Hena yang biasa dijual berbentuk bubuk atau pasta. Berhias untuk suami memang dianjurkan seperti yang disampaikan rasulullah,
Rasulullah bersabdah :
“ Sebaik-baiknya manfaat yang diperoleh seseorang muslim setelah yakni yang membutnya senang jika dipandang, menurutinya jika diperintah dan menjaga harta dan dirinya jika ditinggal “
Selain digunakan untuk berhias, hena juga digunakan untuk pewarna rambut dan halal untuk sholat. Hena lebih baik efeknya daripada pewarna rambut lainnya karena hena benar-benar herbal dan alami. Kalau yang lain dari zat-zat kimia. Ada hadist yang diriwayatkan oleh ibnu maja yang menceritakan bahwa saat nabi menderita sakit kepala nabi membungkus kepalanya dengan hena, kemudian nabi berkata hena akan menyembuhkan sakit kepala atas seizing Allah. Pewarna rambut hena tidak kalah bagusnya dengan pewarna rambut lainnya. Hena yang alami itu 100% aman. Namun seiring dengan perkembangan jaman warna hena yang asli hanya merah, coklat, orange, warna lain tidak bisa. Dari tumbuhan hena yang paling baik adalah daunnya karena terdapat kandungan zat pewarna namanya henotenikesit yang bisa untuk mewarnai kulit. Bungannya digunakan untuk parfume. Manfaat lain dari hena, hena itu dari bahan alami sehingga hanya meresap dikulit tapi hanya salpai dilapisan kulit paling atas atau yang disebut ari jadi tidak ama dengan tinta tato begitu dioleskan atau dibuat dikulit kita akan meresap kedalam kulit. Bahkan bisa dimakan oleh sel makrofak atau sel pemakan pigmen. Dalam kitab tarihnya imam buqori juga meriwayatkan bahwa nabi memerintahkan umatnya yang mengeluh sakit kepala untuk berbekam dan memerintahkan orang yang sakit kakinya utuk membubhi dengan inai atau hena.

Pendapat

Menurut saya hena atau inai memang memiliki banyak kelebihan dan manfaatnya baik untuk fisik juga untuk kesehatan. Menurut saya jika kita ingin membeli atau memakai hena atau inai kita harus pandai-pandai memilih Karena jika kita salah pilih akan terjadi efek yang buruk bagi kulit kita. Tapi sebaliknya jika kita membeli atau memakai hena atau inai yang asli dan yang berkwalitas akn mendapat efek yang baik. Hena atu ina boleh saja dipakai karena tembus air berbeda dengan cat kuku, kalu cat kuku itu tebal, oleh sebab itu tidakmasuk wudlunya kalu hena atau inai kan tipis jadi tembus air. Ternyata hena atau inai yang dipakai sejak jaman rasulullah terbukti sangat banyak manfaatnya da kita ssebagaiwatita musli,ah juga dianjurkan untuk tampil cantik asalkan sesuai dengan syariat islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar