Minggu, 12 Desember 2010

tugas basasin_gempa_dewi susanti_x1_07


Nama :Dewi susanti
Kelas :x-1
No.absen :07

Inndikator :
1 . Menulis pokok-pokok berita
2 .Rangkuman berita
3 .Pendapat

              GEMPA BUMI
1 . Pokok-pokok berita
 * Gempa terjadi pada hari rabu pagi,terjadi di Desa Cisalak, Kampung Cingkakareng, Kecamatan Cibonang, Kota Cianjur, Jawa Barat.
* Jumlah pengungsi kira-kira ada 650 orang, ada yang kehilangan tempat tinggal dan trauma karena longsor mengakibatkan rumah mereka hilang, hancur dan tidak bisa ditempati lagi.
* Yang tertimbun longsor ada 11 rumah, 1 masjid kira-kira yang tertimbun ada 70 orang dan yang kehilangan tempat tinggalnya ada 11 kepala keluarga.
* Kecamatan cibonang ada 12 desa, yang paling parah adalah desa Cingkakareng, sedangkan desa-desa yang lain tidak terlalu parah.
* Imblikasi terbesar adalah masalah psikologis. Imblikasi ini menimbulkan trauma yang sangat berat. Salah satu cara menghilangkan trauma bisa dibantu oleh relawan karena relawan biasanya bisa terlatih membantu mereka dengan cara konseling.
* Faktor yang paling efektif menghilangkan trauma anak-anak adalah terapi bermain, terapi bermain dapat berupa terapi gambar.
* Bagi yang tidak terkena bencana dapat membantu yang terkena bencana dengan melalui dukungan moril, paling tidak berusaha untuk memahami perasaan mereka.
 * Lokasi pengungsian yang sangat terpencil dan berada sangat jauh dari pusat kota Cianjur.

2 . Rangkuman
   Gempa terjadi pada hari rabu pagi,terjadi di Desa Cisalak, Kampung Cingkakareng, Kecamatan Cibonang, Kota Cianjur, Jawa Barat.
Lokasinya sangat jauh dan memang cukup terpencil dan dikelilingi oleh tebing-tebing, tebing-tebing ini jatuh dan mengakibatkan longsor dan menewaskan kurang lebih 28 warga yang ada di desa Cisalak.
Lokasi pengungsian yang sangat terpencil dan berada sangat jauh dari pusat kota Cianjur sehingga kurang bisa dilalui oleh bantuan tapi ternyata bantuan cukup banyak mengalir meskipun medannya cukup susah untuk dilewati mobil karena dipenuhi batu-batu kerikil.
 Yang tertimbun longsor ada 11 rumah, 1 masjid kira-kira yang tertimbun ada 70 orang dan yang kehilangan tempat tinggalnya ada 11 kepala keluarga. Pencarian dibantu oleh TNI, POLRI, SAR, masyarakat dan dibantu alat berat kurang lebih ada 1500. Sedangkan bantuan yang dating berasal dari swasta-swasta, perusahaan dan sebagainya.
Kecamatan cibonang ada 12 desa, yang paling parah adalah desa Cingkakareng, sedangkan desa-desa yang lain tidak terlalu parah dan rata-rata warga memang kehilangan tempat tinggal mereka bahkan kehilangan anggota keluarga tapi sebagian besar ada yang merasa takut. Tempat yang menjadi pengungsian sebelum dijadikan tempat pengungsian adalah sawah.
         Jumlah pengungsi kira-kira ada 650 orang, ada yang kehilangan tempat tinggal dan trauma karena longsor mengakibatkan rumah mereka hilang, hancur dan tidak bisa di tempati lagi.

3. Pendapat
     saya ikut prihatin atas terjadinya longsor di desa Cisalak,dan saya sangat setuju dengan tim SARS karena mereka sangat siaga dalam membantu mencari para korban yang belum di temukan, meskipun lokasi terjadinya peristiwa tersebut sangat terpencil dan jauh dari pusat kota, dan bantuanya juga langsung di terima oleh para korban bencana tersebut.
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar