Selasa, 14 Desember 2010

Tugas Basasin_Icha Mukhlishoh_19_X1



KOMPETENSI DASAR 12.1.1

INDIKATOR :

1.             Tulislah pokok-pokok berita !
2.            Buat rangkuman dari berita tersebut !
3.            Apa pendapat anda tentang berita tersebut !

kpk


REKAYASA DALAM KASUS BIBIT SAMAT DAN CANDRA HAMZAH

1.             Pokok-pokok
         
  1.  KPK pernah melakukun penyelidikan terhadap kasus ini.
  2.  Perkembangan kasus yang terkait dengan bibit samat dan candra hamzah.
  3. Dan Yang merekayasa adalah orang-orang penting.
  4.  Jangan sederhanakan persoalan dan selalu memandangnya sebagai problem sistematik.
  5.  Kewajiban dan tanggung jawab pemerintah.
  6.  UU tidak dapat lahir sempurna dan seburuk apapun UU kalau hakim dan jaksanya berani,jujur dan adil maka tidak pernah ada persoalan yang seburuk apapun untuk ditetapkan untuk mendapat keputusan yang baik,
  7.  Salah satu cara mengharmoniskan ke-3 lembaga.
  8.  Masalah mafia peradilan juga dilakukan oleh non-professionality dan menjadi bahaya,artinya dilakukan semua pihak,
  9.  Semua sisik system penegakan hukum itu sama bahwa peran dan tugasnya itu diatur dalam UU.
  10. Tentang penistaan kepada jaksa dan polisi bukan oleh KPK tapi oleh orang-orang yang ikut-ikutan tapi tidak tahu persoalan.
  11.  Apapun yang terjadi sekarang tidak dapat dihindarkan karena kita pada era keterbukaan dan reformasi pada era globalisasi.
  12.  Harapan pada dugaan rekayasa ini ada polo’a dalam bentuk proses penegakan hukum.

2.          Rangkuman berita

Perkembangan kasus yang terkait dengan apakah mereka masuk kedalam 5 tahun disebabkan karena ada rekayasa yang sistematik yang dilakukan oleh sejumlah pihak.
KPK pernah melakukun penyelidikan terhadap kasus yang berhubungan dengan SKRT ada beberapa dokemen-dokumen yang berhubungan dengan rekaman yang dimaksud  ada pada KPK sampai saat ini.
Yang merekayasa adalah orang-orang penting dalam lembaga-lembaga pemerintahan,penegak hukum. Kasus ini sebenarnya kriminalisasi, dilihat pada pasal 32 ayat 1 huruf c. Dan yang melaksanakan itu adalah pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang merasa mungkin selama ini  KPK “dianggap membahayakan bagi kepentingan-kepentingan tersebut. Maka kepentingan-kepentingan yang saling berkaitan ini seperti investibel hand saling berpautan. Yang jelas kita akan menggunakan forum yang tepat untuk mengungkapkan semuanya secara jelas.
Jangan sederhanakan persoalan dan selalu memandangnya sebagai problem sistematik yang harus kita selesaikan daripada kepentingan pribadi atau orang-orang tertentu. Yang penting adalah bagaimana kemudian korupsi dituntaskan, kalau ada benturan atas lembaga seperti ini susah kalau mau berfikir bahwa korupsi bisa dituntaskan dengan seksama.
Kewajiban dan tanggung jawab pemerintah adalah meningkatkan kualitas hidup rakyat, kemudian mensejahterahkan rakyat.  Sedangkan musuh pertama pemerintah adalah korupsi.
UU tidak dapat lahir sempurna dan seburuk apapun UU kalau hakim dan jaksanya berani,jujur dan adil maka tidak pernah ada persoalan yang seburuk apapun untuk ditetapkan untuk mendapat keputusan yang baik, Jadi konsentrasi orang adalah pada orang bagaimana melakukan kewajibannya termasuk rakyat obit the law atau mentaati semua UU.
Salah satu cara mengharmoniskan ke-3 lembaga adalah kita biarkan dulu melalui proses proyustise yang ada,biarkan proses berjalan dengan asumsi dan kita lihat peran fakta bisa menuju kearah bukti pembunuhan unsur dalam dugaan tindak pidana. Persoalan ini adalah konflik bahwa azas kesamaan hukum dalam penerapan hukum itu sama.
Semua sisik system penegakan hukum itu sama bahwa peran dan tugasnya itu diatur dalam UU. UU mengadili dan ke-3 lembaga itu punya aturan UU dan masyarakat yang adil dan sejahtera.
Masalah mafia peradilan juga dilakukan oleh non-professionality dan menjadi bahaya,artinya dilakukan semua pihak,
Tentang penistaan kepada jaksa dan polisi bukan oleh KPK tapi oleh orang-orang yang ikut-ikutan tapi tidak tahu persoalan. Jadi polisi dan jaksa perlu dilindungi kehormatan, profesinya itu perlu dilindungi hak dan kewenangannya.
Apapun yang terjadi sekarang tidak dapat dihindarkan karena kita pada era keterbukaan dan reformasi pada era globalisasi, jadi apa yang terugkap memang nyarinya betul. Tapi yang penting adalah komitmen kita pada pemberantasan korupsi, oleh Karena itu apa yang sudah terbuka selesaikan tuntas sehingga kebenaran itu terbuka. Dan para pemimpin harus mengarahkan persoalan ini sampai titik yang lebih jelas.
Harapan pada dugaan rekayasa ini ada polo’a dalam bentuk proses penegakan hukum bukan sekedar menyatakan lembaga ini dinistakan ,justru yang diinginkan kepolisian,kejaksaan,pengadilan menjadi bersih sehingga proses penegakan hukum dinegara ini menjadi bersih pula dan inilah momentum yang tepat dalam kasus ini.


3.  Pendapat
Kasus ini adalah kasus yang penting karena selain kasus ini merugikan lembaga-lembaga disekitarnya seperti kejaksaan, kepolisian, dan KPK itu sendiri tapi juga merugikan semua pihak seperti masyarakat.
Menurut saya penanganan dalam kasus ini sanga-sangat kurang contohnya kejaksaan dan hakim, kejaksaan dan hakim penanganan pada kasus ini sangat kurang dan menurut saya sebaiknya kejaksaan harus lebih berani, jujur dan adil dalam menengani kasus ini maka dalam kasus ini maupun kasus-kasus yang lain tidak pernah ada persoalan yang seburuk apapun untuk ditetapkan untuk mendapat keputusan yang baik. contoh yang lain seperti pemerintahan, sebenarnya pemerintah mempunyai kewajiban dan tanggung jawab pemerintah adalah meningkatkan kualitas hidup rakyat, kemudian mensejahterahkan rakyat. Tapi pemerintah kurang memperhatikan kasus ini sehingga kasus ini tidak akan selesai-selesai.
Harapan saya pada kasus ini adalah adanya kerja sama semua pihak sehingga kasus ini tidak akan berbelit-belit tapi akan cepat selesai, adanya komitmen semua pihak pada pemberantasan korupsi, dan seharusnya ada pengarahan persoalan ini menuju ke titik penyelesaian terhadap kasus ini dari pihak-pihak yang mempunyai kepentingan dan campur tangan dalam kasus ini dan pihak yang paling penting adalah lembaga-lembaga yang sekarang ini masuk kedalam masalah ini.
         
INDIKATOR :

4.         Buat rangkuman dari berita wawancara !
5.         Apa pendapat anda tentang wawancara tersebut


CAPRES BICARA  
    
3.         Rangkuman berita

 Lahir pada 9 September 1949 didesa Tremas 12 km daei kota pacitan Jawa Timur. SBY adsalah anak tunggal dari Raden Sukoco dan Siti Habibah. SBY sejak muda membantu teman-temannya yang kesulitan dalam belajar. Lulus SD SBY melanjutkan pendidikannya ke SMP dan SMA 1 PACITAN. Selepas SMA, SBY mewujudkan cita-citanya menjadi  seorang tentara dengan masuk AKABRI. SBY lulus tahun 1973. SBY adalah seorang militer intelektual, tahun 1991 beliau mendapat gelar master dibidang manajeman dari waster university AS, kemudian SBY melanjutkan studinya keinsitus pertanian Bogor dan tahun 2004 meraih DOKTOR pertanian, tahun 2005 beliau menerima 2 gelar DOKTOR honoriskausar dari university Thailand ilmu politik dan dari university andalas untuk pertanian. Karir militernya berhenti ketika diangkat menjadi menteri pertambangan dan energi. Setahun kemudian beliau dilantik sebagai menkopososkan dikabinet gotong royong pimpinan presiden Megawati SBY menjabat menkopolkan, namun kemudian SBY mengundurkan diri 11 Maret 2004. Dalam pemilu 2004 SBY menjadi capres dengan Yusuf Kalla sebagai cawapres. SBY adalah presiden Negara RI 6 dan presiden pertama yang dipilih langsung oleh rakyat Indonesia.
Janji/Visi dan Misi SBY tahun 2004
1. bagaimana metodologi pendidikan, bagaimana fasilitas pendidikan yang ada, meningkatkan mutu pengajar, memikirkan bagaimana biaya pendidikan bagi mereka yang tidak mampu. Yang lebih penting lagi pendidikan jangan hanya dimaknai sebagai transferring, pengetahuan dan ketrampilan tapi saya sangat insis bahwa pendidikan harus membentuk nilai, watak, dan perilaku.
2. Swasembada pangan dari mulai pertanian hingga perikanan. Pemimpin harus memahami kondisi objektif yang dibutuhkan oleh rakyat bagaimana kebijakan kita cepat
3. pemerintah yang akan datang/bangsa ini harus serius memberantas korupsi. Cara pemberantasan korupsi :
vGerakan pemberantasan korupsi harus take down dimulai dari presiden, menteri, gubernur, walikota, bupati mereka harus siap diodit/dilihat secara transparan oleh masyarakat.
vSemua aturan pemberantasan korupsi UU regulasi jalankan dengan control masyarakat.
vLembaga yang ada itu juga harus berfungsi apakah KPK maupun lainnya.
Secara global pangan merupakan masalah yang serius,tahun lalu kita mengalami krisis pangan dunia. Kita masih bisa selamat. Setelah kampanye beliau terpilih tahun 2004, tahun 2005 beliau melaksanakan refitalisasi pertanian, kehutanan, perikanan. Tahun lalu Negara kita bisa swasembada beras, gula dan jagung. Tahun ini kita sulplus. Ada yang mengatakan anggaran pertanian kecil hanya 6 triliun tapi subsidi pertanian 30 triliun lebih disamping itu ada instruktur pertanian mencapai 8 triliun. Beliau masih belum merasa puas dengan apa yang sudah dilakukan, belum puas dalam arti mesti ditingkatkan dan dilanjutkan untuk mencapai hasil yang lebih banyak lagi.
Wacana yang hangat diperbincangkan adalah neoliberalisme dan ekonomi kerakyatan.  Ada yang mempunyai tudingan bahwa neoriberalisme akan mengantikan ekonomi kerakyatan pada saat beliau menjabat menjadi presiden era selanjutnya. Yang akan disampaikan beliau adalah 6 kreteria dari ekonomi neoliberalisme :
1. Mengutamakan pasar, dan pemerintah tidak boleh ikut-ikutan
2. Negara jangan banyak mengurusi urusan bisnis,lakukan privatisasi, swastasasi
3. Anggaran dan subsidi dikurangi kalau perlu dihilangkan, kalaupun ada itu sangat dibatasi. Kembali diserahkan ke ekonomi pasar
4. Tidak ada aturan-aturan nasional hukumnya adalah hukum ekonomi global.
5. Mendorong agar ekonomi mengutamakan pertumbuhan dan melakukan ekspor agar dinikmati seluruh Negara didunia.
6. Pasar menjadi tujuan utama dan yang mengatur ekonomi itu pelaku-pelaku pasar yaitu organisasi multi nasional.
Sedangkan ekonomi kerakyatan adalah kebijakan yang melindungi yang miskin dan program-program prorakyat yang kami jalankan 60-70 triliun dari APBN yang berpihak pada rakyat kecil.
      Krisis ekonomi tahun 1997-1998 sudah teratasi. Tahun lalu terjadi krisis pangan juga teratasi dan malah dating swasembada pangan dan surplus dari beras kita. Energi mengalami krisis dan beliau lakukan efisiensi dan deversifikasi. Poin yang pertama yang meliau sampaikan adalah ketika krisis marilah kita berfikir, berinovasi, lebih efisien ekoominya, lebih baik pengelola diperusahaan dan pemerintahan.
      Yang dilakukan pemerintah didunia usaha adalah mengeluarkan kebijakan-kebijakan insetif khusus, stimulasi pertumbuhan dan perusahaan ikut membantu, sehingga bisa kelur dari krisis ini. Beliau belum puas dengan reformasi, pelayanan public. Pelayanan public yang baik membuat rakyat mendapat keadilan.

4.       PENDAPAT
Menurut saya sosok seorang Bpk. Susilo Bambang Yudhoyono adalah sosok yang pantang menyerah dan putus asa, Hal itu terbukti dengan keadaan Bpk. Susilo Bambang Yudhoyono pada usia anak-anak beliau berasal dari keluarga yang kurang mampu tetapi beliau semangat dalam pendidikannya. Sehingga beliau bisa melanjutkan pendidikannya tidak sampai SMA saja tapi hingga mendapatkan gelar yang banyak dari dalam negeri maupun luar negeri. Dan juga beliau adalah sosok yang sangat pintar, cerdas , bijaksana, tegas, itusemua terbukti dengan gelar yang didapatkan dan beliau menjadi presiden.
      Menurut saya janji/visi dan misi yang disampaikan oleh Bpk. Susilo Bambang Yudhoyono pada saat menjadi calon presiden, beliau tidak komitmen dengan janji/visi dan misinya, itu semua terbukti masih adanya persoalan-persoalan yang masih muncul dari pendidikan, sandang pangan maupun korupsi dll. Hal itu terjadi juga karena kurangnya perhatian dari presiden maupun pemerintahan. Walaupun presiden sudah melakukan perubahan-perubahan kecil yang lebih baik.

KOMPETENSI DASAR 12.9.2

INDIKATOR :

6.           Pokok-pokok berita !
7.           Mengajukan saran perbaikan serta tertulis tentang informasi yang disampaikan !
8.           Rangkuman !

PRO KONTRA RUU RAHASIA NEGARA

5.         Pokok-pokok informasi

·        Kita membutuhkan kerahasian agar Negara ini tidak dimanfaatkan oleh orang lain.
·        Aliansi masyarakat menolak rezim kerahasiaan.
·        Pusat-pusat informasi katanya untuk kepentingan nasional tapi pejabat yang memperjuangkan kepentingan kelompok/individu.
·        Pada akhir-akhir ini terjadi dinamika yang sangat tinggi dan terjadi perubahan pada rumusan norma-norma.
·        Tindak pidana oleh korporasi jika dengan segaja melawan hukum, menyebarluaskan rahasia Negara akan dikenai sanksi.
·        Pengertian rahasia Negara
·        Demisitas diawasi, Secara intrinsic pengawas itu UU itu sendiri, Dari sudut konsional diawasi oleh presiden, Pengawasan oeh DPR, Pengadilan
·        Ciri-ciri Negara demokratis
·        Departemen pertahanan adalah departemen yang paling terbuka segala informasi. Rahasia Negara diatur secara ketat oleh UU.
·       Tujuan rahasia Negara untuk melindungi bangsa dan Negara.

6.        Saran perbaikan

Saran saya sebaiknya pihak yang tidak ikut dalam pembuatan RUU rahasia Negara tidak boleh meyalahkan pembuat RUU rahasia Negara karena mereka belum pernah merasakan apa yang mereka rasakan. Dan saran saya sebaiknya pihakyang tidak ikut dalam pembuatan RUU rahasia Negara tidak asal menyalahkan saja tapi seharusnya harus malah membantu dan member masukan terhadap isi RUU rahasia Negara. Sehingga nanti hasil dari RUU rahasia Negara itu akan baik bagi kita semua. Dan saran saya untu pembuat RUU rahasia Negara adalah dalam pembuatan ataupun penyusunan RUU rahasia Negara harus dilakukan atau dilaksanakan dengan serius. Dan kita sebagai rakyat harus membantu pembutan RUU rahasia Negara itu dengan cara mentaati segala aturan yang ada.

7.        Rangkuman

Kita membutuhkan kerahasian agar Negara ini tidak dimanfaatkan oleh orang lain. Seharusnya yang dibuka adalah transparasi, keterbukaan, perlindungan terhadap masyarakat dan mereka yang memegang kedaulatan Negara tertinggi dinegeri ini justru diimidasi. Pemerintah negeri ini maupun legislative akan bersikap hati-hati dan kemudian tidak semena-mena terhadap orang-orang yang bekerja untuk membuka sebuah informasi dan kita harus menhargainya. Aliansi masyarakat menolak rezim kerahasiaan, aliansi tersebut berkata “ yang berbahaya adalah masalah tentang jenis-jenis rahasia Negara terlalu luas, tidak hanya utuk melindungi informasi strategis pertahanan dan keamanan nasianal tetapi juga untuk melindungi informasi yang bukan rahasia Negara jadi nanti bisa mengaset antara melindungi rahasia Negara dan rahasia birokrasi dan politik. Pusat-pusat informasi katanya untuk kepentingan nasional tapi pejabat yang memperjuangkan kepentingan kelompok/individu yang bermasalah juga akan dilindungi oleh RUU rahasia Negara. Pada akhir-akhir ini terjadi dinamika yang sangat tinggi dan terjadi perubahan pada rumusan norma-norma. Tindak pidana oleh korporasi jika dengan segaja melawan hukum, menyebarluaskan rahasia Negara akan dikenai sanksi kecuali denda tadi. Satu-satunya sanksi dari tindak pidana oleh korporasi adalah diletakkan dibawah pengawasan. Pasal 29 berisi korporasi termasuk perusahaan pres, media cetak dan televisi kalau melanggar rahasia Negara maka perusahaannya akan dibredel dan denda 50-100 M, penjara 7 tahun. Pasal 12 berisi korporasi rahasia Negara tergantung peraturan pemerintah dan menteri. Rumusan rahasia Negara sudah dibuat sangat ketat dan rahasia negara mungkin suatu informasi, benda/aktifitas yang apabila dikuasai pihak yang tidak berhak dapat menimbulkan akibat terganggunya kedaulatan Negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa. Demisitas diawasi :
1.        Secara intrinsic pengawas itu UU itu sendiri karena UU ini dibuat oleh wakil-wakil rakyat dengan dengan begitu yang mengawasi berarti wakil-wakil rakyat sendiri.
2.      Dari sudut konsional diawasi oleh presiden karena yang membuat rahasia Negara adalah presiden walaupun bisa diserahka kepada bawahannya tapi tetap itu tanggungjawab presiden.
3.     Pengawasan oeh DPR
4.      Pengadilan
Negara demokratis cirri-cirinya bahwa sudah dilakukannya pemisahan kekuasaan eksekutif, yudikatif, dan legistif dan semua ini mengawasi UU rahasia Negara, penguasaan eksekutif oleh presiden, yudikatif oleh pengadilan, legislatif oleh DPR dan semua itu merupakan representasi perwakilan seluruh rkyat Indonesia. Departemen pertahanan adalah departemen yang paling terbuka segala informasi. Rahasia Negara diatur secara ketat oleh UU jadi sebenarnya
1.        rahasia Negara sedilit sekali dibandingkan informasi yang besar-besar.
2.      Kalau terjadi kebocoran rahasia Negara yang harus bertanggungjawabbukan yang memperoleh tapi yang bertanggungjawab pengelolanya
3.     Pihak wartawan tidak dikenai sanksi pidana kalau memperolehnya tidak sengaja melawan hukum
Tujuan rahasia Negara untuk melindungi bangsa dan Negara. Jika dijalankan tidak sesuai UU itu sendiri kita bisa mengontrol, rakyat bisa mengontrol, pemerintah bisa kita control,DPR bisa kita control setiap saat. Dalam pembahasan UU ini proses politik, interaksi ilmu pengetahuan, interaksi intelektual, dan interaksi kepentingan.

                                                                                                              
Udang kipas
TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

INDIKATOR :

10.9.2.1 mencatat pokok-pokok informasi melalui rakaman atau teks yang dibacakan.

10.9.2.2 menyampaikan secara lisan isis informasi dengan runutut dan jelas.

10.9.2.3 menyimpulkan isi informasi yang didengar

KD.10.9.2 menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tak langsung.

10.9.2.4 Tulislah pendapatmu tentang isi info yang penting-penting

UDANG KIPAS

8.              Pokok-pokok informasi
» Udang kipas membuat badan tumbuh tinggi   
» Udang kipas masuk dalam kelompok crustacea
» Udang kipas termasuk hewan loptular yaitu beraktifitas pada malam hari,                   
  sedangkan siang harinya udang kipas membenamkan diri dalam pasir.
» Udang kipas bisa berjalan mundur maupun maju
» Udang kipas bisa dimakan mentah atau tidak dimasak
» Udang kipas memiliki protein yang tinggi
» Udang kipas temasuk hewan karnifora
» Bagian udang ada yang berfungsi untuk mendeteksi adanya mangsa yaitu   
   kaki dan matanya.
» Perbedaan udang kipas betina dan jantan
» Khasiat udang kipas
» Kandungan udang kipas

9.          Kesimpulan informasi
Udang kipas bisa membuat badan tumbuh tinggi. Udang kipas masuk dalam kelompok crustacea yang memiliki bentuk seperti kipas. Udang kipas memiliki nama latin tenus oreantalis. Selain itu udang kipas memiliki nama lain seperti udang petok, pasir, sikat. Kalau diaustralia disebut barmier baks. Udang kipas termasuk hewan loptular yaitu beraktifitas pada malam hari, sedangkan siang harinya udang kipas memendamkan diri dalam pasir. Udang kipas bisa berjalan mundur maupun maju. Jalan mundur hanya untuk flamungrase dirinya untuk bertahan hidup dari musuh. Bentuk kepala dan ekor udang kipas memiliki kemiripan sehingga sulit membedakannya. Selain udang kipas dimakan sesudah dimasak, udang kipas juga bisa dimakan dalam keadaan masih mentah atau belum dimasak. Udang kipas termasuk hawan karnifora. Udang kipas biasanya makan udang kecil, ikan kecil, kerang kecil, hewan kecil yang hidup didasar perairan. Bagian udang kipas yang berfungsi untuk mendeteksi adanya mangsa adalah kaki dan matanya. Selain itu berbeda dengan udang lainya mata udang kipas berada disamping sedangkan udang-udang lainya berada diatas. Mata udang kipas juga befungsi sebagai indera untuk mendeteksi makanan serta mangsanya. Perbedaan udang kipas betina dan jantan adalah mempunyai telur sedangkan jantan tidak. Perbedaannya juga dapat dilihat dari warnanya kalau yang betina warnanya merah cerah sedangkan yang jantan berwarna coklat gelap. Udang kipas memiliki 5 kaki dan udang kipas bisa berjalan maupun berenang. Khasiat udang kipas, kalau dilihat dari komposisinya banyak mengandung vitamin, mineral dan protein dari 100 g udang mentah mengandung 20,3 g protein. Udang kipas juga terdapat asam amino yang banyak. Yang kedua mengandung vitamin B, B12, A, C. Yng ketiga mengandung mineral, selenium dan kalsium. Yang paling penting adalah selenium yang berfungsi sebagai antibody sedangkan kalsium berfungsi untuk pembentukan tulang. Lebih baik udang kipas dimakan mentah, tapikalau dimasak jangan terlalu lama nanti proteinnya hilang.

10.Pendapat
Mengkonsums udang kipas bisa membuat badan tumbuh tinggi karena mengandung protein yang tinggi. Selain itu udang kipas sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah Karena kandungan nutrisi yang ada didalamnya masih utuh, jika udang kipas dimasak terlalu lama kandungan protein akan hilang. Udang kipas adalah hewan yang mengandung banyak khasiat maupun kandungannya oleh karena itu perlu dibuatkan penangkaran atau pembudidayaan agar udang kipas tidak punah meskipun dikonsumsi setiap hari dan pembudidayaan ini harus disosialisasikan kepada masyarakat disekitarnya. Menurut saya kita wajib mencari tahu lebih lanjut tentang udang kipas ini karena selain memiliki khasiat juga memiliki kandungan nutrisi dan memberikan manfaat yang sangat banyak di antaranya membuat  tubuh tumbuh lebih tinggi dan anti body yang sangat penting bagi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar