Rabu, 15 Desember 2010

Tugas Basasin_Capres Bicara_erma dian agustina_X-1_13

Nama : erma dian .a
Kelas : x-1
No. Absen : 13

TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

INDIKATOR :

1. Buat rangkuman dari berita wawancara !
2. Apa pendapat anda tentang wawancara tersebut !


















CAPRES BICARA

1. Rangkuman berita

Profile Pak Susulo Bambang Yudhoyono
Pak SBY lahir pada 9 September 1949 didesa Tremas 12 km daei kota pacitan Jawa Timur. SBY adsalah anak tunggal dari Raden Sukoco dan Siti Habibah. SBY sejak muda membantu teman-temannya yang kesulitan dalam belajar. Lulus SD SBY melanjutkan pendidikannya ke SMP dan SMA 1 PACITAN. Selepas SMA, SBY mewujudkan cita-citanya menjadi seorang tentara dengan masuk AKABRI. SBY lulus tahun 1973. SBY adalah seorang militer intelektual, tahun 1991 beliau mendapat gelar master dibidang manajeman dari waster university AS, kemudian SBY melanjutkan studinya keinst itus pertanian Bogor dan tahun 2004 meraih gelar DOKTORdi bidang pertanian, tahun 2005 beliau menerima 2 gelar DOKTOR honoriskausar dari university Thailand ilmu politik dan dari university andalas untuk pertanian. Karir militernya berhenti ketika diangkat menjadi menteri pertambangan dan energy pada era pemerintahan KH. ABDURAHMAN WAHID .Setahun kemudian beliau dilantik sebagai menkopososkan dikabinet gotong royong PADA pemerintahan presiden Megawati .SBY menjabat menkopolkan, namun kemudian SBY mengundurkan diri pada tanggal 11 Maret 2004. Dalam pemilu 2004 SBY menjadi capres dengan Yusuf Kalla sebagai cawapres pada partai DEMOKRAT. SBY adalah presiden Negara RI 6 dan presiden pertama yang dipilih langsung oleh rakyat Indonesia.
Janji/Visi dan Misi SBY tahun 2004
1. Memfasilitasi pendidikan agar lebih baik, dan mewajibkan sekolah 12 tahun
2. Meningkatkan pangan dengan cara member bibit unggul pada para petani dan nelayan
3. Memberantas korupsi
. Cara pemberantasan korupsi :
 Gerakan pemberantasan korupsi harus di lakukan dimulai dari presiden, menteri, gubernur, walikota, bupati mereka harus siap diodit/dilihat secara transparan oleh masyarakat.
 Semua aturan pemberantasan korupsi UU regulasi jalankan dengan control masyarakat.
 Lembaga yang ada itu juga harus berfungsi dari lembaga KPK maupun lembaga lainnya.
Secara global pangan merupakan masalah yang serius,tahun lalu kita mengalami krisis pangan dunia. Kita masih bisa selamat. Setelah kampanye beliau terpilih tahun 2004, tahun 2005 beliau melaksanakan refitalisasi pertanian, kehutanan, perikanan. Tahun lalu Negara kita bisa swasembada beras, gula dan jagung. Tahun ini kita sulplus. Ada yang mengatakan anggaran pertanian kecil hanya 6 triliun tapi subsidi pertanian 30 triliun lebih disamping itu ada instruktur pertanian mencapai 8 triliun. Beliau masih belum merasa puas dengan apa yang sudah dilakukan, belum puas dalam arti mesti ditingkatkan dan dilanjutkan untuk mencapai hasil yang lebih banyak lagi.
Wacana yang hangat diperbincangkan adalah neoliberalisme dan ekonomi kerakyatan. Ada yang mempunyai tudingan bahwa neoriberalisme akan mengantikan ekonomi kerakyatan pada saat beliau menjabat menjadi presiden era selanjutnya. Yang akan disampaikan beliau adalah 6 kreteria dari ekonomi neoliberalisme :
1. Mengutamakan pasar, dan pemerintah tidak boleh ikut-ikutan dalam masalah ini
2. Negara jangan banyak mengurusi urusan bisnis,lakukan privatisasi, swastasasi Negara harus mengurusi masalah Negara sendiri yang lebih membutuhkan
3. Anggaran dan subsidi dikurangi kalau perlu dihilangkan, kalaupun ada itu sangat dibatasi. Kembali diserahkan ke ekonomi pasar
4. Tidak ada aturan-aturan nasional hukumnya adalah hukum ekonomi global.
5. Mendorong agar ekonomi mengutamakan pertumbuhan dan melakukan ekspor agar dinikmati seluruh Negara didunia. Karena Indonesia mempunyai sumber pangan terbaik di dunia.
6. Pasar menjadi tujuan utama dan yang mengatur ekonomi itu pelaku-pelaku pasar.

sehingga bisa kelur dari krisis ini. Beliau belum puas dengan reformasi, pelayanan public. Pelayanan public yang baik membuat rakyat mendapat keadilan.


2. PENDAPAT
saya sangat salut dengan pemikiran pak sby yaitu beliau ingin memberantas korupsi dengan cara akan meningkatkan lembaga KPK.
Dan beliau juga mempunyai cita-cita luhur yaitu beliau ingin memberantas kebodohan di Indonesia yaitu dengan cara mewajibkan sekolah 12 tahun .
Dan pak sby juga pintar dalam mengatasi krisis pangan karena beliau juga dekat dengan para petani dan nelayan. Beliau juga mendengarkan apa yang di keluhkan oleh para petani tersebut, misalnya dalam masalah bibit yaitu para petani sulit mendapatkan bibit unggul . dan tidak berpikir panjang lagi beliau langsung memberi bibit tersebut kepada petani ,dengan tujuan beliau ingin mendapatkan padi atau beras yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar