Kamis, 02 Desember 2010

TUGAS_BASASIN_CRISTIAN.A_ 4 _(LILIN SEMANIS MADU)


1.Pokok-pokok:
-Bubur sumsum kerbau termasuk makanan warga kepulauan Riau.
-Susu hewan kerbau dapat dijadikan sebagai minuman yoghurt.
- kelebihan lilin semanis madu adalah tidak menimbulkan penyakit kanker karena pada saat waktu dibakar,lilin lebah tidak mengeluarkan asap yang hitam.
-Lilin semanis madu terdapat di desa Sahiran,kabupaten Kampar.
-Rempeyek kepiting berasal dari daerah Pekanbaru Riau.
2.RANGKUMAN:
Bubur sumsum kerbau berasal dari kepulauan Riau..Susu kerbau kalau diberi garam terasa tambah gurih.Dan ada juga cara membuat bubur sum-sum kerbau,diantara:satu ekor kerbau membutuhkan dua liter susu, kemudian susu segar disaring,dan tuangkan kedalam bambu tutup dengan daun pisang yang sudah tersedia kemudian diamkan sejenak selamasekitar satu malamsupaya susu menjadi mengental.Lalu siapkan santan kelapa yang sudah dicampurdengan gula aren,masukkan susu kedalam campuran santan sesudah itu adonandimasak sampai matang.
Dan ada juga yang namanya lilin semanis madu yang terdapat di desa Sahiran,kabupaten Kampar. Cara membuat lilin semanis madu,diantaranya:pertama,maduyang sudah diambil dari hutan yang sudah diperas,kemudian masukkan sarang lebah kedalam sebuah wadah,lalu dipanaskan supaya bisa larut dan membutuhkan waktu sekitar satu hari penuh.Dan ada juga kelebihannya lilin semanis madu adalah pada saat waktu dibakar,dan lilin itu tidak menimbulkan sakit kanker karena lilin itu tidak mengeluarkan asap yang hitam.
Cara membuat rempeyek kepiting yaitu diantaranya;satu persatu cangkang kepiting dilepas perlahan-lahan dan dicuci hingga bersih,kepiting diberi garam sedikit,diberi cukak dan ditambahkan garam lagi dicampur dengan bawang putih supaya tidak berbau,dan kemudian campurkan adonan tepung bumbunya dan semua bahan-bahan dengan rata ,di aduk jadi satu lalu selanjutnya di goreng sampai kelihatan matang.Rempeyek ini dari daerah pekan baru riau.
3.KESIMPULAN
Saya setuju, membuat lilin yang dari sarang lebah itu termasuk cukup bagus.Selain bermanfaat, dengan adanya itu kita dapat memanfaatkannya,menjadi sesuatu barang yang bermanfaat dan juga dapat mengurangi pembuangan sarang lebah tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar