Kamis, 02 Desember 2010

tugas basasin_gempa bumi_Rizki Putri Chairani_35_X1


Nama                 : RIZKI PUTRI CHAIRANI
Kelas                  : X-1
No. Absen          : 35



  1. Pokok – pokok berita!
a)    Gempa terjadi didesa Cisalak, Cingkareng, Kec. Cibinong, Cianjur, Jawa Barat.
b)    Para pengungsi mengungsi di persawahan.
c)     Di lokasi gempa kurang bias dilalui kendaraan karena tempatnya sangat terpencil.
d)    Pengungsi jumlahnya kurang lebih 650 orang.
e)    Dari 12 desa yan pling parah adalah desa Cingkareng.
f)     Para warga msih trauma dan shock, untuk kembali kerumah mereka masing-masing.

  1. Rangkuman!
             Gempa bumi terjadi di desa Cisalak,Cingkareng, Kec. Cibinong, Cianjur, Jawa Barat. Lokasi gempa yang cukup terpencil dan dikelilingi oleh tebing-tebing, membuat lokasi gempa tersebut kurang bias dilalui kendaraan bermotor. Di pengungsian terdapat sekitar kurang lebih 650 orang pengumgsi yang terkena longsor. Bantuan disana mengalir cukup lancer dan medannya pun cukup jauh sekali dengan kota Cianjur. Rasa trauma membuat para pengungsi takut kembali ke rumah  mereka masing-masing.
               Di kecamatan Cibinong terdapat 12 desa yang terkena longsoran, tapi yang paling parah adalah desa Cingkareng. Pada saat ini tempat yang digunakan untuk pengungsian adalah area persawahan, jadi tanahnya cukup keras dan sulit untuk ditiduri. Dan siklus gempa di daerah tersebut adalah tebing-tebing yang jatuh atau runtuh dan langsung mengenai rumah warga yang berada di bawahnya. Ada beberapa warga yang kehilangan keluarganya, dan salah satunya adaalah Ibu Zaenab yang kehilangan adik dan adik iparnya. Dan ada pula sepasang suami istri yang kehilangan 3 orang anaknya.

  1. Pendapat!
Menurut saya tindakan yang dilakukan oleh pemerintah sudah tepat , dan pemerintah pun juga cepat tanggap dalam penyaluran bantuan kepada para korban dengan cukup lancer. Dan pemerintah juga akan merelokasi semua warga yang kehilangan rumahnya ke tempat yang lebih aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar