Senin, 29 November 2010

Tugas Basasin_wawancara bencana alam_Ainur Pujianti_03_X-1


TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
NAMA        : AINUR PUJIANTI
KELAS       : X-1
NO ABSEN : 03
Soal
1.Tulislah pokok-pokok wawancaranya!
2.Rangkumlah wawancara itu!
3. Tulis setuju atau tidak setuju dengan isi wawancara dan beri alasanmu!

 JAWAB

1.Tulis pokok-pokok wawancara?
*    Gempa yang terjadi hari rabu di desa Cisalak, Kampung Cingkakareng, Kec.Cibinong, Kota Cianjur.
*    Ada 12 desa di Kec. Cibinong yang terkena bencana longsor.yang paling parah adalah desa Cingkakareng dan payumanan.
*    Sebelum longsor tebing-tebing itu retak dan langsung jatuh, semua tanahnya menutupi pemukiman wargayangng tepat di bawahnya.
*    Tebing yang retak berada didekat di Desa Cisalak.
*    Tebing yang jatuh mengakibatkan longsor dan menewaskan kurang lebih 28 warga yang berasal Di Desa Cisalak.
*    Kurang lebih ada 650 pengungsi.
*    Longsor mengakibatkan rumah warga hilang, hancur,dan tidak bisa ditempati lagi.
*    Longsor juga mengakibatkan warga kehilangan  anggota keluarganya.
*    Tempat pengungsian berada di Desa Cisalak Cingkakareng.
*    Tempat pengungsian itu awalnya adalah sebuah sawah.
*    Banyak warga yang merasa trauma dan tidak berani untuk kembali pulang, akibat longsor yang melanda Desanya.
*    Camat dan lurah setempat ingin memfokuskan pengungsian hanya buat warga yang kehiangan tempat tinggal.

1.   Tulis Rangkuman?
           
            Gempa yang terjadi hari rabu lalu tepatnya di Desa Cisalak,  Kampung Cingkakareng, Kec.Cibinong, Kota Cianjur.
             Kronologinya terjadinya longsor, awal mulanya adalah sebelum longsor tebing-tebing yang berada didekat Desa Cisalak itu retak-retak, dan dengan tiba-tiba tebing itu langsung jatuh ke pemukiman warga.Tebing-tebing yang jatuh itu menutupi pemukiman warga yang berada tepat di bawahnya. Tebing-tebing yang jatuh mengakinatkan longsordan menewaskan 28 wrga yang berasal dari desa Cisalak. Ada 12 desa di Kec. Cibinong yang terkena bencana, yang paling parah adalah desa Cingkakareng dan Payumanan, desa yang lainnya yang terkena bencana selain kedua desa itu tidak terlalu parah. Kurang lebih ada 650 pengungsi, lokasi pengungsian berada di Desa Cisalak. Sebelum dijadikan lokasi pengungsian awalnya adalah sebuah  sawah yang tanahnya kearas. Akibat  bencana tanah longsor banyak  warga yang kehilangan tempat tinggal, ada rumah yang usak berat, ada yang rusak sedang, bahkan ad yang tidak rusak.Akibat longsor itu juga warga  kehilangan keluarganya, kehilangan pekerjaanya, dan akibat bencana tanah longsor  ini  semua aktivitas warga tidak bisa  berjalan dengan normal atau terganggu. Banyak warga yang tidak berani untuk pulang ke rumahnya padahal rumahnya tidak rusak berat  akibat bencana tanah longsor.Waga yang tidak berani untuk pulang kerumah mereka tetap berada di lokasi pengungungsian.Meskipun Camat dan Lurah sempat ingin memfokuskan pengungsian untuk warga yang kehilangan tempat tinggalnya. Penanggulangan pasca kejadian gempa ini sementara waktu ini penanggulangangan evakuasi korban yang berada di kampung Babakan Sari, warga ingin korban yang tertimbun itu diutamakan. Sebelas rumah, 1 masjid, dan diperkirakan yang tertimbun itu 70 orang. Pencarian atau prises evakuasi dibantu oleh TNI,TNI POLRI,SARS, dan warga masyarakat kurang lebih 1500, dan dibantu oleh alat berat.
           Bantuan mengalir dengan deras meskipun lokasi pengungsian atau lokasi bencana cukup jauh dari pusat kota Cianjur, dan meskipun begitu jalan menuju lokasi pengungsian atau jalan menuju lokasi bencana  medannya sangat sulit untuk  dilalui, bantuan juga tetap datang. Bantuan itu datang dari pihak swasta dan juga perusahaan. Bantuan yang kurang saat ini adalah air bersih dan listik.

2.   Tulis setuju atau tidak setuju dengan isi wawancara dan beri alasnmu?
    
           Saya setuju, dengan tim penyalur bantuan,  karena Bantuan-bantuan atau lokasi bencana cukup jauh dari pusat kota Cianjur, dan meskipun begitu jalan menuju lokasi pengungsian atau jalan menuju lokasi bencana  medannya sangat sulit untuk dilalui, bantuan juga tetap datang. Tim yang menyalurkan bantuan tidak mudah menyerah, dan tetap semangat meskipun menghadapi banyak rintangan. Tim SARS yang biasanya membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam, itu tetap semangat membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah tanah longsor. Semoga Tim-tim yang membantu saudara-saudara kita tetap semangat. Semangat trusss ya ..............................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar