Senin, 29 November 2010

Tugas Basasin_KOSMETIK BERBAHAYA_Silvia Desy.P_36_X-1


Nama        : Silvia Desy P.
Kelas         : x-1
No. Absen : 36

KOMPETENSI DASAR 12.1.2

INDIKATOR :
1.      Tulislah pokok-pokok berita !
2.    Buat rangkuman dari berita tersebut !
3.    Apa pendapat anda tentang berita tersebut !

 












KOSMETIK,OBAT DAN JAMU BERBAHAYA

1.    Pokok-pokok berita
» Banyak sekali akhir-akhir ini berbagai makanan,obat-obatan, dan kosmetik yang palsu dan tidak ada surat izin yang resmi.
» Misalnya di Surabaya banyak sekali  berbagai makanan, obat-obatan, dan kosmetik yang palsu, yang tidak ada surat izin yang resmi.
» Untuk mengetahui komposisi, sebenarnya komposisi itu harus di cantumkan terus kemudian kita periksa sesuai dengan komposisinya barang itu.
» Jika membeli atau memilih barang atau produk jangan melihat harganya yang mahal,karena yang harganya belum tentu bagus dan kalau tertipu kandungan di dalamnya berbahaya.
» kosmetiknya aman dari BPOM harus ada kode  registrasinya   yang resmi.
» CINTAI PRODUK DALAM NEGERI
» Banyak juga kosmetik yang mengandung mercuri.
» Obat-obatan yang termasuk obat keras tidak boleh diperjualbelikan secara bebas harus ada izin dari BPOM dan belilah dalam keadaan utuh.
» jamu yang diperjualbelikan tidak boleh ada kandungan Bahan Kimia Obat atau BKO.Dan jamu yang ditarik dari pasaran adalah yang terdapat BKOnya.
» Yang perlu diperhatikan adalah Komposisi,Takarannya

1.   Rangkuman berita
Banyak sekali akhir-akhir ini berbagai makanan,obat-obatan, dan kosmetik yang palsu dan tidak ada surat izin yang resmi. Misalnya di Surabaya banyak sekali  berbagai makanan,obat-obatan,dan kosmetik yang palsu, yang tidak ada surat izin yang resmi.  Di Surabaya barang  seperti bodywash, facial wash, lotion, parfum harganya mahal-mahal, Barang-barang  ini diperiksa atau disidang karena tidak ada regristasi atau nomor regristasi dari BPOM,selain itu kandungan dari bahan dasar pembuatannya atau komposisinya tidak ada. Kalau tidak tercantum bahan dasar pembuatannya atau komposisinya akan di kwatirkan menimbulkan bahaya, selain itu belum ada izin edar sehingga belum tahu keamanannya. Karena kalau ada izin edar resmi,nomor registrasi ini berarti sudah di teliti semua oleh badan BPOM.
Untuk mengetahui komposisi, sebenarnya komposisi itu harus di cantumkan terus kemudian kita periksa sesuai dengan komposisinya barang itu.Kan barang itu ada bahan aktifnya,bahan aktifnya itu berapa persen.
Jika membeli atau memilih barang atau produk jangan melihat harganya yang mahal,karena yang harganya belum tentu bagus dan kalau tertipu kandungan di dalamnya berbahaya,kita bisa-bisa bayar 2 kali lebih mahal untuk ke rumah sakit kalau kulitnya kena iritasi. Oleh karena itu jangan membeli karena mahalnya.
Kalau kosmetiknya aman dari BPOM harus ada kode registrasinya yang resmi.
Dan jangan lupa     
“ CINTAI PRODUK DALAM NEGERI”
Banyak juga kosmetik yang mengandung mercuri, padahal mercuri adalah kandungan yang berbahaya yang dapat menyebabakan kulit rusak.Dan kalau membeli atau memilih produk harus di cek keamanannya.
Obat-obatan yang termasuk obat keras tidak boleh diperjualbelikan secara bebas harus ada izin dari BPOM dan belilah dalam keadaan utuh. Sedangkan jamu yang diperjualbelikan tidak boleh ada kandungan Bahan Kimia Obat atau BKO.Dan jamu yang ditarik dari pasaran adalah yang terdapat BKOnya.
Yang perlu diperhatikan adalah:
1.   Komposisi
2.   Takarannya


3.   Pendapat
Menurut saya bagi yang berjualan berbagai makanan, obat-obatan, dan kosmetik harus memeriksanya dulu sebelum membelinya.Dan beberapa yang harus diperiksa adalah 
1.   Surat izin yang resmi dari BPOM
2.   Kode registrasinya yang resmi atau nomor regristasi dari BPOM
3.   Harus tercantum bahan dasar pembuatannya atau komposisinya
4.   Harus ada izin edar resmi dari BPOM
5.   Harus di cek keamanannya.
Menurut saya aman tidaknya suatu barang atau produk tergantung dari keaktifan dan kewaspadaan konsumennya. Jika konsumen itu aktif dan waspada dalam pemilihan barang atau produk maka barang atau produk yang dibelipun aman.
Dan pada saat membeli atau memilih barang atau produk jangan melihat harganya yang mahal,karena yang harganya belum tentu bagus dan kalau tertipu kandungan di dalamnya berbahaya,kita bisa-bisa bayar 2 kali lebih mahal untuk ke rumah sakit kalau kulitnya kena iritasi.Oleh karena itu jangan membeli karena mahalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar