Senin, 29 November 2010

Tugas Basasin_Hena_Ainur Pujianti_03_X-1

TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
NAMA : AINUR PUJIANTI
KELAS : X-1
NO ABSEN: 03
“HENA”
SOAl
1. Tulis pokok-pokok isi laporan
2. Tulis rangkuman
3Apa pendapatmu terhadap isi laporan

JAWABAN
1.Pokok-pokok isi laporan
 produk-produk khas Timur Tengah (Arab) banyak dijual Di pasar Condet.
 Hena berasal dari tanaman atau tumbuhan seperti semak, tumbuhan ini mempunyai banyak manfaat.
 Hena yang alami umumnya bewarna merah dan tidak bertahan lama.
 Hena yang berwarna hitam kalau buat kulit yang sensitif itu bisa menyebabkan alergi.
 Pengguna hena biasanya adalah pengantin.
 Hena yang dijual di pasaran kebanyakan yang berwarna hitam, karena yang berwarna hitam banyak diminati oleh masyarakat atau orang yang biasanya menggunakan hena.
 Hena yang dijual dipasaran berupa atau berbentuk serbuk ataupun pasta.
 Hena juga bisa digunakan untuk penyembuh penyakit kepala, seperti sakit kepala,pusing, dll.
 Hena juga dapat digunakan sebagai pewarna rambut.
 Pewarna rambut dari hena lebih sehat dari pada pewarna rambut yang terbuat dari bahan kimia.
 Pewarna rambut dari hena bisa dibuat sholat.
 Hena yang menggunakan bahan kimia bisa menyebabkan alergi pada kulit.

2. Rangkuman
Di pasar Condet banyak dijual berbagai produk- produk, salah satunya adalah produk-produk khas Timur Tengah (Arab),produk yang paling banyak dijual ditempat itu yaitu hena atau pacar Cina. Hena atau bisa juga disebut dengan inai berasal dari tumbuhan sejenis semak, yang sangat ramah terhadap lingkungan yang biasanya dipakai untuk kemerah kuku. Tumbuhan ini mempunyai banyak manfaat, mulai dari kulit batang, akar hingga daun. Secara umum hena, bewarna merah karena masih alami dan juga tidak dapat bertahan lama. Tapi hena yang alami sangat jarang diminati oleh pembeli, itulah salah satu penyebab yang membuat penjual yang menjual hena yang alami sangat jarang laku. Sedangkan hena yang bewarna hitam sangat laku sekali dipasaran. Masyarakat banyak yang meminati hena hitam daripada hena merah. Hena yang dijual dipasaran dalam bentuk atau berupa serbuk ataupun pasta. Hena berbeda dengan tato, hena hanya tembus pada lapisan kulit atas saja. Pengguna hena biasanya para pengantin.
Sejak zaman Rosulluloh hena sudah digunakan oleh para wanita-wanita pada saat itu untuk berhias. Selain digunakan untuk berhias ada juga hena yang digunakan untuk pewarna rambut. Berdasarkan penelitian, pewarna rambut yang menggunakan hena lebih alami dan baik untuk kesehatan kita daripada pewarna rambut yang terbuat dari bahan kimia. Hena juga dapat digunakan sebagai symbol kehormatan istri terhadap suaminya.
Kegunaan hena sangat banyak sekali. Ternyata hena selain berguna bagi fisik kita atau keindahan fisik kita, hena juga bergunauntuk kesehatan kita. Hena dapat pula digunakan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit khususnya yaitu penyakit kepala seperti sakit kepala, pusing, dll. Di salah satu hadist dijelaskan bahwa Rasulullah saat itu membungkus kepalanya dengan menggunakan hena. Atas izin dari Allah SWT sembuhlah penyakit kepala yang diderita oleh beliau. Hadist tersebut jelas bahwa hena sangat bermanfaat bagi manusia khususnya wanita. Dengan begitu terjawablah bahwa seorang muslimah diperbolehkan untuk memakai atau menggunakan hena. Rosulullah bersabda:“sebaik-baik manfaat yang diperoleh seorang muslim setelah agama yakni perempuan yang cantik yaitu yang membuatnya senang jika dipandang menurutnya, jika diperintah dan menjaga harta dan dirinya jika ditinggal pergi”.

3. Pendapat
Hena berbeda dengan tato, hena hanya tembus pada lapisan kulit atas saja (kulit ari). Dan manfaat hena itu banyak sekali seperti memperindah keadaan fisik, baik untuk kesehatan kita, bisa menyembuhkan penyakit-penyakit, dll. Dan sudah dijelaskan oleh hadist, yang menyatakan kalau muslimah diperbolehkan menggukan hena. awalnya saya tidak percaya kalau muslimah diperbolehkan untuk memakai atau menggunakan hena. Tapi semakin banyak sumber yang menerangkan bahwa muslimah boleh menggunakan hena, jadi saya bisa percaya sekarang kalau muslimah boleh menggunakan hena.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar