Senin, 29 November 2010

Tugas Basasin_Udang Kipas_Ainur Pujianti_03_X-1

TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
NAMA : AINUR PUJIANTI
KELAS : X-1
NO : 03
KD.10.9.2
“UDANG KIPAS”
INDIKATOR :
10.9.2.1 : mencatat pokok-pokok isi informasi melalui rekaman/teks atau dibacakan
10.9.2.2 :menyimpulkan isi informasi yang di dengar.
10.9.2.3 : pendapat


JAWAB
1. pokok-pokok isi informasi melalui rekaman/teks atau dibacakan
Udang kipa s dapat membuat badan tubuh tinggi.
Udang kipas banyak di temukan di tengah laut pada pantai yang berpasir di kedalaman 5 m-100 m.
udang kipas termasuk dalam kelompok Crustacea, yang memliki bentuk mirip kipas.
Nama latin udang kipas adalah Tenus Orientalis.
Udang kipas juga memiliki nama lain yaitu: udang petok, udang pasir, dan udang sikat. Di Australia udang kipas dipanggil Braniant Bats.
Udang kipas tergolong hewan logturnal.
Udang kipas dapat dimakan mentah.
Udang kipas termasuk hewan karnivora.
Mata udang kipas ada di samping.
Udang kipas bisa beren ang bisa berjalan.
Udang kipas mengandung vitamin B-12,A,C, D, mineral, protein, dan kalsium.
2. Menyimpulkan isi informasi yang di dengar.
Mengkonsumsi udang kipas dapat membuat badan tumbuh tinggi, udang kipas banyak ditemukan di tengah laut pada pantai yang berpasir di kedalaman 5m - 100m. Untuk menangkapnya menggunakan jaring tapi kalau secara manual dengan menggunakan tangan juga bisa. Udang kipas termasuk dalam Crustacea yang memiliki bentuk mirip kipas. Nama latin udang kipas adalah Tenus Orientalis.Udang kipas juga memiliki nama lain yaitu: udang petok, udang pasir, dan udang sikat. Di Australia udang kipas dipanggil Braniant Bats. Udang kipas tegolong hewan logturnal artinya beraktifitas pada malam hari sehingga pada siang hari hewan ini memendamkan dirinya pada pasir yang digali dengan ekornya. Udang kipas berjalan mundur dilakukan sebagai kamuflase untuk bertahan hidup tapi hewan ini juga bisa berjalan maju. Udang kipas dapat dimakan mentah dengan menambahkan saos agar tidak amis. Ketika dimasak kulit atau cangkangny berunah warna menjadi merah hal ini disebabkan karena udang kipas mengandung protein yang tinggi.
Udang kipas termasuk hewan karnivora hewan ini makan udang-udang kecil, ikan-ikan kecil, kerang-kerang kecil hewan kecil lainnya yang di dasar perairan.Bagian-bagian dari udang kipas yaitu:
 Antena berfungsi untuk sensor, untukmmendeteksi adanya mangsa.
 rahang untuk menangkap mangsany kemudian dimasukan ke mulut.
 mata berfungsi untuk melihat atau mendeteksi adnya mangsa, mata udang kipas ada di samping kalau udang-udang lainya matanya ada di atas.
 5 pasang kaki digunakan untuk berjalan, 6 ruas untuk kaki renang.
 ekor kipas untuk naik turunnya dan digunakan untuk melompat.
Udang kipas bisa berenang bisa berjalan. Untuk membedakan antara udang jantan dan betina yaitu: Udang kipas yang jantan tidak ada telur dan kulit atau cangkangnya berwarna gelap. Sedangkan udang kipas yang betina ada telurnya dan kulit atau cangkangnya berwarna cerah.
Cara untuk menguji kandungan kalsium yang ada pada udang kipas yaitu dengan cara: pertama masukan sempel yang sudah di timbang kedalam tanur selama 4-5 jam dalam suhu 6000C, setelah abu didapat tambahkan bahan kimia dan rebus sampai mendidih dan saring dengan kertas warmen, terakhir lakukan filtrasi dengan larutan kimia KMnO 4 0,01N da hitung kadar kalsium dalam sempel.
Udang kipas mengandung vitamin , mineral, protein . Dari 100 gram daging mentah mengandung 20,3 gram protein saja, alangkah banyak asam amino yang tinggi dan protein yang tinggi. Udang kipas juga mengandung vitamin B-12, A, C paling banyak mengandung vitamin D, dan mengandung mineral selenium, kalsium, yang sangat penting adalah selenium yang berfungsi sebagai antibodi agar tidak gampaang sakit. Kalsium untuk pembentukan tulang. Udang kipas lebih baik dimakan mentah asal bersih bisa dimasak dengan cara direbus tapi jangan terlalau lama karena protein mudah hancur.
3.Pendapat
Saya kurang setuju dengan apa yang dikatakan tadi kalau udang kipas bisa dimakan dalam keadaan mentah meskipun belum dimasak atau tanpa dimasak terlebih dahulu, karena kuman yang ada ada di udang kipas itu tidak akan mati meskipun sudah dicuci sampai bersih. Sedangkan kalau dimasak kuman itu akan mati, walaupun khasiat yang ada di udang akan berkurang tetapi kita tidak terserang penyakit. Dan sebab saya tidak terlalau suka makan-makanan yang belum dimasak terlebih dahulu. Menurut saya udang kipas itu perlu dibudidayakan lebih banyak lagi dan disosialisasikan ke masyarakat luas. Karena kandungan gizinya yang banyak dan sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar