Selasa, 30 November 2010

TUGAS BASASIN_Bolehkah Muslim Berhena_NOVIA CANDRA .K_28_X-1

NAMA : NOVIA CANDRA K.
KELAS : X-1
NO.ABSEN : 28



TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

KOMPETENSI DASAR :

INDIKATOR :
1.tulislah pokok-pokok isi laporan
2.Tulislah rangkuman
3.Nyatakan pndapat terhadap isi laporan

BOLEHKAH MUSLIMAH BERHENA



1. Pokok-pokok isi laporan
 Pusat oleh-oleh dari tanah suci berada di pasar condet
 Hena biasanya di pakai orang Islam atau Arab dari zaman Rasulullah.
 Hena atau Inai yang berasal dari Tanah suci biasanya barasal dari tumbuhan semak dan biasanya daun tumbuhan semak
 Semua orang dalam budayanya menganggap hena sebagai symbol kehormatan bagi suami.
 Perbedaan hena warna hitam dan hena warna merah.
 Hena yang biasanya di jual berbentuk bubuk dan pasta.
 Berhias untuk suami memang sangat di anjurkan terdapat dalam hadist di Al-Qur’an.
 Selain hena di gunakan untuk menghias tangan dan kaki juga di gunakan untuk pewarna rambut.
 Perbedaan hena dengan pewarna rambut yang lain, kalau hena benar-benar herbal sedangkan pewarna rambut yang lainnya menggunakan zat-zat kimia.
 Pada zaman Nabi mengalami sakit kepala Nabi membungkus kepalanya dengan hena dan hena akan meredakan sakit kepala atas izin allah.
 Seiring bergulirnya waktu warna hena yang asli hanya merah, coklat atau orange.
 Daun hena mempunyai kandungan zat warna yang bisa di gunakan untuk mewarnai kulit, sedangkan bunganya di gunakan untuk parfum.


2. rangkuman

Pusat oleh-oleh dari tanah suci berada di pasar condet. Di sana di jual berbagai barang-barang khas dari Arab yaitu Hena dan Parfum. Biasanya parfum yang di jual di sana terbuat dari bunga melati, Sedangkan hena bisa untuk menghias kuku dan juga tangan. Hena biasanya di pakai orang Islam atau Arab dari zaman Rasulullah. Hena atau Inai yang berasal dari Tanah suci biasanya barasal dari tumbuhan semak dan biasanya daun tumbuhan semak tersebut di pakai untuk pemerah kuku. Semua bagian dari tumbuhan ini mempunyai manfaat yang banyak. Hena biasanya di gunakan untuk mengukir tangan dan kaki. Kebanyakan pengguna hena biasanya adalah pengantin. Semua orang dalam budayanya menganggap hena sebagai symbol kehormatan bagi suami. Menurut berita yang saya dapat hena warna hitam dan hena warna merah mempunyai perbedaan, kalau hena warna hitam bahannya sintetis karena warna hena hitam itu tidak ada dan sebenarnya semua hena berwarna merah. Karena lebih alami dan daya tahannyapun tidak terlalu lama. Kalau hena warna hitam itu kalau untuk kulit yang sensitive dapat menimbulkan reaksi alergi. Kalau kita ingin membeli atau memakai hena pilihlah yang berwarna merah karena lebih alami. Hena yang biasanya di jual berbentuk bubuk dan pasta. Berhias untuk suami memang sangat di anjurkan terdapat dalam hadist yang berbunyi Rasulullah bersabda : “ Sebaik-baiknya manfaat yang di peroleh seseorang muslim setelah agama yakni perempuan yang cantik, yaitu yang membuat senang jika di pandang, menurutinya jika di perintah dan menjaga harta dan dirinya jika di tinggal pergi”. Selain hena di gunakan untuk menghias tangan dan kaki juga di gunakan untuk pewarna rambut. Alasan para muslimah memakai hena karena bisa di pakai untuk sholat. Perbedaan hena dengan pewarna rambut yang lain, kalau hena benar-benar herbal sedangkan pewarna rambut yang lainnya menggunakan zat-zat kimia. Pada zaman Nabi mengalami sakit kepala Nabi membungkus kepalanya dengan hena dan hena akan meredakan sakit kepala atas izin allah. Menurut Dokter Lili kalau hena yang alami insya’allah 100% aman. Namun seiring bergulirnya waktu warna hena yang asli hanya merah, coklat atau orange. Efek mendinginkan pada hena karena di pengaruhi kasiat herbal pada tanaman ini. Daun hena mempunyai kandungan zat warna yang bisa di gunakan untuk mewarnai kulit, sedangkan bunganya di gunakan untuk parfum. Hena berasal dari bahan alami meresap di kulit hanya sampai lapisan kulit paling atas, kalau tinta tato langsung meresap kedalam kulit bahkan bisa di makan oleh sel akrofah. Ternyata hena di pakai sejak zaman Rasulullah terbukti sangat banyak manfaatnya.

3. Pendapat terhadap isi laporan

Menurut saya hena efek negatifnya tidak hanya untuk kulit yang sensitive tapi tergantung jenis dan kualitas hena tersebut. Jadi kita tidak perlu kawatir. Dan menurut saya hena memang sangat bermanfaat bagi orang yang menggunakannya. Oleh karena itu kita tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya. Berbeda dengan hena kalau tinta tato langsung meresap kedalam kulit bahkan bisa di makan oleh sel akrofah, sedangkan Hena sendiri hanya meresap kedalam lapisan paling atas kulit. Dan ternyata hena di pakai sejak zaman Rasulullah terbukti sangat banyak manfaatnya. Kita sebagai wanita muslim sangat dianjurkan untuk tampil cantik sesuai dengan syariat islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar