Sabtu, 20 November 2010

TUGAS BASASIN SUSI SAFITRI (JANJI WAKIL RAKYAT)

NAMA:SUSI SAFITRI
KELAS:X’1
NO.ABSEN: 39

INDIKATOR
11.9.2.1 mengajukan pertanyaan.

11.9.2.2 menaggapi pembicaraan dalam bentuk kritikan/dukungan.

11.9.2.3 menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan.



                                                          JANJI WAKIL RAKYAT




1.Pengangkatan Kombes menjadi kapolri yang menjadi masalah untuk pak SBY ini juga terjadi ketika pemerintahan RI Soekarno dan pemerintahan Gus dur.
Kritik: sangat mengherankan sekali karena pak SBY mengangkat Ito Sumardi yang seorang Kombes yang mempunyai bintang 2 diangkat menjadi kapolri sehingga menjadi bintang 3. Sunguh berita yang sangat mengagetkan.
Alasan: seharusnya pangangkatan tersebut harus mengikutsertakan public agar dapat menilai secara langsung karena itu semua akan menjadikan sebuath pertanyaan dalam masyarakat. Paling tidak mempertimbangkan opini publik dulu.

2.Pengangkatan Kombes menjadi kapolri oleh pak SBY yang ditunjuk adalah Ito Sumardi seorang yang bukan termasuk dalam kandidat.
Kritik: pengangkatan tersebut mengherankan semua publik. Benar-benar kabar yang mengejutkan. Karena seharusnyakan yang diangkat menjadi kapolri itu yang termasuk dalam calon kandidat.
Alasan: karena yang ditunjuk menjai kapolri bukanlah termasuk dari salah satu kandidat yang mana terdapat 3 kandidat untuk pengangkatan kombes menjadi kapolri.

3 Pemilihan kapolri sangat heboh daripada pemilihan panglima TNI. Kehebohan ini bukan hanya terjadi dimasyarakat tetapi juga dianggota DPR.
Kritik: mana mungkin itu semua bisa terjadi pemilihan kapolri lebih heboh daripada pemilihan panglima TNI. Bahkan anggota DPR juga ikut tercenggang.
Alasan: karena pangkat panglima TNI lebih tinggi daripada pangkat kapolri. Sehingga tidak memungkinkan jika pemilihan kapolri sangat heboh daripada pemilihan panglima TNI sampai-sampai kehebohan ini tidak hanya terjadi dimasyarakat saja melainkan dianggota DPR. Bukankah merupakan hal yang terbalik?.

4.Kepolisian sebaiknya harus bersifat independen dan menerima setiap anggotanya yang ditunjuk manjadi seorang kapolri.
Kritik: itu sangat bagus sekali dan memang harus seperti itu. Mempunyai sifat independen dan tetap menerima siapa saja angotanya yang ditunjuk menjadi kapolri dan tidak ada rasa iri hati antara sesamanya.
Alasan: karena kepolisian merupakan salah satu lembaga yang menjadi panutan bagi masyarakat. Salah satu lembaga penegak hukum .



MENGAJUKAN PERTANYAAN :

1.Mengapa pak SBY (presiden Indonesia) memilih Ito sumardi menjadi kapolri yang bukan salah satu dari kandidat?
2.Siapa saja nama- nama calon kandidat kapolri?
3.Mengapa pimpinan DPR memanggil secara tertutup kapolri baru?
4.Mengapa pemilihan kapolri lebih heboh dibandingkan dengan pemilihan panglima TNI?
5.Sifat yang bagaimana yang harus dimiliki oleh anggorta kepolisian?
6.Bagaimanakah cara pak SBY unutuk meyakinkan rakyat bahwa tindakannya itu sudah tepat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar