Jumat, 15 Oktober 2010

usenet

.
1. Pengertian usenet

Usenet adalah system perangkat lunak yang mendistribusikan artikel kebanyak sites diseluruh dunia. Usenet mirip dengan elektronik mail, hanya saja seluruh artikel yang ada pada usenet dapat dibaca oleh kelompok penggunanya. Artikel usenet dapat dikategorikan kedalam newsgroup. Dimana tiap newsgroup mendiskusikan topik tertentu. Contohnya mendiskusikan tentang operasi UNIX yang dibahas pada newsgroup comp.unix

Titik-titik biru, hijau, dan merah adalah server.Panah antara server menunjukkan bahwa server berbagi artikel dari kelompok. Panah antara komputer dan server menunjukkan bahwa pengguna berlangganan ke kelompok tertentul download ke dan dari server. Sekitar 5 persen dari newsgroup yang mempunyai moderator. Tugasnya adalah mengkaji artikel apakah layak dikirim atau tidak. .
Tom Truscott dan Jim Ellis alumni Duke University Amerika Serikat adalah orang pembuat layanan in pada tahun 1979. Pengguna membaca dan menulis pesan publik (disebut artikel atau posting, dan kolektif disebut berita) ke satu atau lebih kategori, yang dikenal sebagai newsgroup . Salah satu perbedaan penting antara BBS atau forum web dan Usenet adalah tidak adanya server pusat dan administrator berdedikasi.. Usenet didistribusikan antara konglomerasi besar, terus berubah dari server yang menyimpan dan meneruskan pesan satu sama lain. Ini mirip dengan rencana transportasi kota Ada beberapa cara untuk sampai ke titik manapun di kota. Jika salah satu cara diblokir karena alasan tertentu, selalu ada jalan lain yang tersedia untuk sampai ke sana.




2. Cara meilih neswgroup
Menentukan group mana yang sesuai dengan topik tidaklah mudah. Beberapa newsgroup seperti news answer, news group question adalah tempat yang cocok unttuk mendiskusikan topik khusus.
Sebelum memilih suatu newsgroup tampilkan dulu jendela browsing. Kemudian ketik newsgroup pada kotak pencarian lau tekan enter, dilanjutkan dengan memilih option, lalu allnewsgroup. Terakhir pilih group sesuai keinginan.

3. Isi dari artikel
Artikel news dibentuk dalam format standart. Artikelnya adalah sejumlah baris teks ASCCI..Beberapa baris pertama berupa header dengan kunci utama berupa subjek, followup-to, dan newwgroup. Diikuti denagan body atau isi. Antara header dan isi dipisahkan oleh satu baris kosong. Pembaca dapat juga membubuhkan tanda tangandibawah isi artikel.





4. Kelebihan
-Usenet memungkinkan untuk bertukar informasi secara kompleks dan lengkap.
-Mempunyai system yang hampir sama dengan BBS.
-Forum dengan cakupan yang luas dan informasinya baru.
-Masing-masing pengguna dapat membaca pesan dari dan ke server lokal yang dioperasikan oleh mereka penyedia layanan Internet ,
-Pemblokiran tidak begitu berpengaruh.
5. Kekurangan
-Usenet bukan organisasi, demokrasi, hak, jaringan akademis, media iklan maupun Internet.
-Usenet tergantung pada kepopuleranya.
-Usenet banyak menimbulkan kesalah pahaman dalam hal kajian informasi.

2.Tips saat mendownload artikel
Jika koneksi anda lambat dan download Anda terlalu lama, ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk mempercepat men-download yaitu :
1. Jangan mencoba untuk melakukan hal lainnya dengan Usenet sementara file masih di-download. Hal ini akan menyebabkan program dan semua proses akan menjadi lebih lambat ..
2. Jika Anda mencoba untuk mendownload file dari Usenet, load halaman web, periksa email Anda dan download file lain dari browser web pada saat yang sama, semua tugas-tugas akan tampil lambat. Jika Anda men-download file dari Usenet tanpa melakukan kegiatan online lainnya, bandwidth akan didedikasikan untuk mendapatkan proses yang lebih cepat.
3. Jika Anda ingin mempercepat download Anda pindahkan komputer Anda lebih dekat ke router jaringan untuk meningkatkan kecepatan keseluruhan koneksi Internet Anda.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar